Lagi, Li kalah dari Si Kidal

url

Setelah pekan kemarin dikejutkan dengan kekalahannya atas Sayaka Takahashi di babak Perempat Final German Open GP Gold, kali ini di kejuaraan All England 2013, Li Xuerui (foto atas) yang berstatus Juara Bertahan sekaligus Unggulan Pertama tersingkir oleh pemain asal Korea Selatan, Bae Youn Ju di babak 32 besar. Istimewanya, kedua pemain yang mengalahkan Li adalah pemain bertangan kidal.

Bae Youn Ju berhasil mengalahkan andalan China itu lewat duel dua gim langsung, 21-18, 21-18. Berdasarkan statistik pertandingan, Li sebenarnya punya kans menang ketika unggul cukup jauh 13-9 hingga 18-16 di akhir gim pertama. Tapi di poin kritis itu, Bae justru berhasil meraih 5 poin beruntun untuk menutup kemenangan 21-18. Di gim kedua, Bae selalu unggul dalam perolehan poin (11-5 di interval) hingga berhasil menutup kemenangan 21-18.

Tahun lalu, Bae juga pernah mengalahkan Li di babak Perempat Final Korea Open, juga dua gim langsung, 21-18, 21-16. Dengan hasil ini, makin terbaca bahwa Li memang tidak bermain baik ketika bertemu pemain bertangan kidal. Meskipun kita bisa membaca kelemahannya itu, tapi bukan berarti Li selalu kalah lawan pemain kidal.

Dari video pertandingan antara Li Xuerui dengan Sayaka Takahashi di Perempat Final Jerman Terbuka lalu, gerak langkah Li memang tidak selincah seperti biasanya. Ini juga bisa mengindikasikan bahwa Li memang tidak dalam performa yang baik, yakni terkena cedera. Cedera itu kemungkinan didapatkannya ketika Li tampil di turnamen Korea Open awal tahun ini. Saat itu, melawan pemain Thailand, Porntip Buranaprasertsuk, Li mengalami cedera hingga akhirnya memutuskan untuk mundur saat kedudukan 7-7.

Kisah Juara bertahan lain

Di nomor tunggal putra, Juara Bertahan All England 2012 yang juga Juara Olimpiade London, Lin Dan tidak mengikuti kejuaraan ini. Saat ini, suami Xie Xingfang baru kembali mengikuti pelatihan dan dijadwalkan kembali ke arena di turnamen Kejuaraan Asia di Taiwan, bulan depan.

Di nomor ganda putra, Lee Yong dae yang kali ini menggandeng pasangan barunya, Ko Sung Hyun akan menghadapi pasangan yang tidak kalah beratnya, Ingo Kindervater dan Johannes Schoettler (Jerman). Sementara Di nomor ganda putri, juara bertahan asal China, Tian Qing dan Zhao Yunlei dipecah untuk dipasangkan dengan pasangan baru mereka. Tian Qing menggandeng Bao Yixin dan akan berjumpa dengan unggulan kedua, Christinna Pedersen dan Kamilla Rytter Juhl, sementara Zhao Yunlei dipasangkan dengan Cheng Shu dan kemarin lolos ke babak utama, haari ini akan melawan pasangan Jermn, Johanna Golizweski-Birgit Michels. Sampai berita ini diturunkan, ketiga pertandingan tersebut belum berlangsung.

url2

Andalan Indonesia yang juga juara bertahan di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (foto atas) mengawali babak pertama dengan kemenangan singkat 26 menit atas wakil Jerman, Michael Fuchs dan Birgit Michels dengan 21-10, 21-15. Meskipun menang, di gim kedua pasangan Indonesia sempat kehilangan fokus hingga ketinggalan 1-6 di gim kedua meskipun pasca interval, mereka berhasil membalikkan skor dan akhirnya menang. “Karena menang mudah di gim pertama, kami jadi lengah. Tapi kami tampil lebih siap, jadi kami bangkit dan bisa menyusul,” kata Liliyana yang ditemui usai pertandingan.

Di babak 16 besar besok, pasangan Semifinalis Olimpiade London itu akan berjumpa dengan pasangan Korea, Kim Ki Jung dan Jung Kyung Eun yang mengalahkan ganda Jepang, Kenichi Hayakawa-Misaki Matsutomo lewat rubber game 21-13, 19-21, 21-15. Karena Kedua pasangan belum pernah berjumpa sebelumnya, jadi Owi dan Butet patut waspada.