Chen Long tumbangkan Tommy

cheng long tomy final gmr2a

Satu-satunya wakil Indonesia yang sampai di babak Final turnamen German Open GP Gold 2013, Tommy Sugiarto harus puas menjadi Runner Up usai ditumbangkan oleh unggulan teratas asal China, Chen Long. Chen berhasil mengalahkan Tommy dua gim langsung, 21-17, 21-11.

Di paruh awal gim pertama, Tommy dan Chen memang saling kejar mengejar angka. Tommy sendiri juga sempat memimpin interval dengan skor 11-9 namun seperti para pemain China lain, usai mendapatkan wejangan pelatih, mereka langsung tancap gas usai interval. Tertinggal 9-11, Chen membalikkan keadaan menjadi 14-11 hingga menutup kemenangan 21-17.

“Awalnya dia sempat mengikuti permainan saya yang lambat, tapi kemudian dia mengubah permainannya jadi cepat dan serangannya lebih tajam. Sementara saya tertinggal jauh dan banyak spekulasi saja untuk mengumpulkan angka,” ujar Tommy yang dikutip dari Badminton Indonesia. Di gim kedua, Tommy kalah telak 11-21. Ia tidak bisa berbuat banyak karena tekanan yang ia berikan selalu diantisipasi dengan baik oleh Chen. “Kali ini Chen Long lebih konsentrasi dibanding menghadapi lawan-lawan sebelumnya. Dia selalu bisa mengantisipasi supaya tidak tertekan,” tambah Tommy.

Chen Long yang ditemui usai bertanding mengaku bahwa Tommy bermain cukup bagus, sehingga Chen pun harus mengubah pola permainannya agar bisa menang. “Tommy bermain bagus, dia sering juga menyulitkan saya. Tapi pada gim kedua saya menerapkan permainan yang berbeda,” kata Chen yang ditemui usai bertanding.

tomy final grm6a

Menurut pelatih Joko Supriyanto, permainan Tommy masih kurang, apalagi ketika berduel di depan net. “Permainan depan Tommy masih kurang  Dia juga masih kurang sabar, kalau tidak dapat poin, mainnya masih salah. Misalnya bola di belakang yang sulit di-smash tapi dipaksakan untuk di-smash, saat lawan mengembalikan di depan net, Tommy yang tidak siap,” ungkap Joko.

Meski kalah, mencapai Final di Jerman menjadi modal penting bagi Tommy menghadapi turnamen All England. Tommy yang akan melawan pemain China, Huan Gao di babak pertama (selasa mendatang). “Berhasil masuk final di German Open ini membuat saya makin percaya diri. Walaupun level grand prix gold, tapi turnamen ini banyak dihadiri pemain bagus seperti Chen Long yang levelnya sudah superseries keatas,” kata Tommy dikutip dari Badminton Indonesia.

Selain Tommy, Indonesia juga mengirimkan 3 tunggal putra lain di All England, yakni Sony Dwi Kuncoro, Taufik Hidayat dan Dionysius Hayom Rumbaka. Sony akan berjumpa pemain Rusia, Vladimir Ivanov, Taufik akan melawan Sho Sasaki, sementara Hayom akan melawan pemain dari babak kualifikasi.