China gagal sapu bersih

wpid-860707_151387198354169_203744931_o.jpg

China tidak akan menyapu bersih gelar di turnamen German Open GP Gold 2013 karena dua ganda campuran hasil kombinasi baru mereka, Zhang Nan-Tang Jinhua dan Qiu Zihan-Zhao Yunlei kalah di babak Perempat Final kemarin.


Pasangan Zhang Nan dan Tang Jinhua dikalahkan oleh duet romantis Chris Adcock dan Gabrielle White (foto atas), sedangkan Qiu Zihan-Zhao Yunlei dikalahkan oleh pasangan Denmark, Anders Kristiansen dan Joulie Houmann.

Adcock dan White harus menjalani partai menegangkan selama kurang lebih 1 jam 7 menit untuk mengalahkan Zhang-Tang dengan skor yang sangat ketat, 21-15, 23-25, 21-15. “Ini adalah kemenangan besar untuk kami dan kami sangat bangga akan hal itu. Ini juga membuktikan bahwa kami berjalan ke arah yang benar,” ujar Pasangan Inggris usai kemenangan mereka.

Lawan yang mereka hadapi di babak Semifinal adalah pasangan Denmark, Anders Kristiansen-Joulie Houmann yang juga butuh kerja keras untuk mengalahkan pasangan China, Qiu Zihan-Zhao Yunlei dengan skor 21-16, 20-22, 21-15 selama kurang lebih satu jam.

NewsImage

Pertandingan itu berlangsung menarik karena di gim kedua, tatkala Qiu-Zhao unggul jauh 20-13 atas Kristiansen dan Houmann (foto atas), pertandingan sepertinya akan berlanjut ke gim ketiga. Namun, kenyatannya pasangan Denmark bisa meraih 7 poin beruntun untuk menyamakan kedudukan 20-20. Sayangnya di akhir gim itu, pasangan China lebih beruntung. Mereka menang 22-20 untuk memaksakan berlangsungnya gim penentuan.

Pasangan Denmark langsung membalas Qiu-Zhao di gim penentuan dengan skor meyakinkan 21-15 untuk memastikan diri tampil di Semifinal hari ini. Bagi Houmann, kunci kemenangan ia dan Kristiansen adalah tetap mempertahankan pola permainan mereka. “Kami sangat senang karena kami memenangkan pertandingan melawan pasangan China. Kami tahu itu akan sulit, sehingga kami saling mengingatkan untuk tetap bermain dengan pola permainan kami,” ujar Houmann usai bertanding.

Di partai Semifinal lain mempertemukan unggulan kedua, Robert Mateusiak-Nadiezda Zieba dengan pasangan Korea, Shin Baek Cheol-Jang Ye Na. Dengan hasil ini, sepanjang penyelenggaraan German Open GP Gold 2013, Tim China belum pernah menyapu bersih gelar.

Zwiebler kalah terhormat

Juara Eropa, Marc Zwiebler berhasil menunjukkan permainan luar biasa saat tampil melawan unggulan teratas asal China, Chen Long. Meskipun pada akhirnya kalah, Zwiebler memaksakan pertandingan tiga gim selama kurang lebih 81 menit atas unggulan pertama itu. Chen menang 21-10, 19-21, 21-12.

wpid-BESrzmxCAAAzZPd.jpg

“Itu adalah perjuangan keras selama kurang lebih 80 menit, tetapi pada akhirnya dia lebih baik hari ini (kemarin – red)!,” ungkap Zwiebler dikutip dari fanpage resminya di Facebook. Perjuangannya tidak bisa diremehkan karena ia harus jatuh bangun (foto atas) untuk bisa mengembalikan bola dari Chen. “Saya sudah mencoba menampilkan yang terbaik sehingga saya tidak akan menyalahkan diri saya sendiri,” tambahnya.

Di babak empat besar, Chen akan bertarung melawan rekan senegaranya, Qiao Bin yang menundukkan Wong Wing Ki dua gim langsung, 21-12, 21-11. Pemenang pertandingan ini akan berjumpa dengan pemenang partai Semifinal di poll bawah yang mempertemukan unggulan kedua, Boonsak Ponsana dengan Tommy Sugiarto.

Ma Jin-Tang Jinhua menjadi wakil Tunggal

wpid-858549_10151328609979646_233675062_o.jpg

Di nomor ganda putri, China masih memiliki harapan untuk meraih gelar lewat pasangan Ma Jin dan Tang Jinhua. Ma dan Tang meraih tiket Semifinal usai mengalahkan rekan satu negaranya, Cheng Shu-Zhao Yunlei dalam pertarungan dua gim langsung, 22-20, 21-12.

Di babak Empat besar hari ini, Ma dan Tang akan menghadapi pasangan Korea, Eom Hye Won-Jang Ye Na yang juga memenangi perang saudara atas Choi Hye In-Kim So Young lewat rubber game 11-21, 21-9, 21-13. Di Semifinal lain, berjumpa unggulan teratas, Misaki Matsutomo-Ayaka Takahashi yang akan melawan pasangan Korea lainnya, Jung Kyung Eun-Kim Ha Na.