Tersisa April, Tommy dan Fran-Shendy

april h3 grm3a

Penurunan prestasi para pemain Indonesia terjadi di ajang German Open GP Gold 2013. Jika di tahun 2012 lalu, Indonesia memiliki 5 wakil di babak 8 besar, tahun ini jumlah wakil Indonesia berkurang menjadi 3 wakil saja. Ketiga wakil Indonesia itu adalah Aprilia Yuswandari (foto atas), Tommy Sugiarto dan pasangan ganda campuran Fran Kurniawan-Shendy Puspa Irawati.

Jika tahun lalu Lindaweni Fanetri sukses menjadi wakil tunggal putri di Perempat Final, Tahun ini posisi Linda digantikan oleh April yang kemarin sukses mengalahkan pemain Jepang, Eriko Hirose dalam pertarungan tiga gim 10-21, 21-15, 21-9. Di babak 8 besar hari ini, April akan ditantang oleh unggulan keempat asal Korea, Sung Ji Hyun. Melawan Sung, April mengaku harus lebih sabar.

“Seperti pemain Korea umumnya, dia cukup kuat. Kalau mau menang, saya harus bisa bermain sabar dan tidak terburu-buru,” ujar April dikutip dari situs PB PBSI. Sung sendiri sukses melaju ke babak 8 besar usai menundukan pemain Skotlandia, Kirsty Gilmour dalam dua gim langsung, 21-15, 21-11.

Sementara itu, Lindaweni Fanetri yang juga tampil dalam turnamen ini gagal melampaui prestasinya tahun lalu setelah dikalahkan oleh unggulan teratas asal China, Li Xuerui dua gim langsung, 19-21, 11-21 kemarin. Sebenarnya Linda sempat memimpin perolehan skor di awal gim pertama, namun menginjak paruh kedua gim pertama, Juara Olimpiade itu mengubah pola permainannya, sehingga mempersulit Linda. “Saat tempo permainan sedang lambat, tiba-tiba dia bisa memberi bola-bola yang cepat. Permainan lawan yang seperti ini cukup menyulitkan untuk saya” ujar Linda dikutip dari situs PB PBSI.

Tommy waspadai Ouseph

Jika tahun lalu ada dua tunggal putra Indonesia yang menginjakkan kaki di babak 8 besar, kali ini Indonesia hanya punya satu wakil saja, yakni Tommy Sugiarto yang kemarin sukses menundukkan wakil India, Ajay Jayaram dalam dua gim langsung, 21-16, 21-13. Hari ini, Tommy akan berjumpa pemain Inggris, Rajiv Ouseph.

tomy luar grm

Pertemuan kali ini menjadi pertemuan pertama keduanya. Karena itulah, Tommy mewaspadai Ouseph. “Saya akan mewaspadai stroke Rajiv yang halus, ditambah lagi, akurasi bolanya juga bagus. Rajiv performanya sedang bagus di turnamen ini, tapi saya tidak mau memikirkan itu, fokus saja untuk ke semifinal dulu,” ungkap Tommy dikutip dari situs PB PBSI.

Tahun lalu, Tommy sukses melaju ke babak Semifinal sebelum akhirnya ditundukkan oleh Lin Dan yang akhirnya menjadi Jawara. Tahun ini, ia punya kans lebih besar untuk sampai ke babak Final, meskipun jalan yang akan dilaluinya bisa dibilang cukup berat. Jika lolos melawan Ouseph, di Semifinal ia sudah ditunggu pemenang antara Anand Pawar atau Boonsak Ponsana.

Selain April dan Tommy, di 8 besar ada pasangan Fran Kurniawan dan Shendy Puspa Irawati. Fran dan Shendy meraih tiket 8 besar usai menundukkan pasangan Korea, Lee Sang Joon-Kim So Young dua gim langsung, 21-13, 21-14. Hari ini, Fran-Shendy akan berjumpa pemain lain asal Korea, Shin Baek Cheol-Jang Ye Na.

Begadang untuk Bulutangkis

Begadang bukan cuma rumus buat para pecinta bola, karena selama 3 pekan kedepan, pecinta Bulutangkis harus rela begadang malam bila ingin menyaksikan aksi para pebulutangkis Indonesia yang tampil di tour Eropa. Sebut saja Babak 8 besar German Open GP Gold 2013 yang baru dimulai sekitar pukul 23.00 WIB. Anda bisa menyaksikannya di badmintoneurope.tv.

Momen istimewa ketika duaribuan begadang (sebenarnya bukan begadang, soalnya jam 8 malam) adalah ketika penantian 33 tahun terjawab di All England 2013. Saat itu, Indonesia sukses membawa pulang gelar juara lewat pasangan Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir. Tahun ini, Owi dan Butet akan mencoba mempertahankan gelarnya, tetapi rasanya bakal sulit.