Chou Tien Chen datang untuk Victor

Picture1

Dibandingkan para pebulutangkis dunia yang memulai tour Eropa di Jerman Terbuka, Bintang Superliga asal Taiwan, Chou Tien Chen (foto atas) justru lebih dulu berangkat untuk mengikuti turnamen Austrian International Challenge 2013 yang digelar di Kota Wina. Selain untuk mengejar poin agar lolos ke Kejuaraan Dunia di Guangzhou, Chou tampil di Wina sebagai salah satu bintang yang disponsori oleh Victor.

Di Austrian International Challenge sendiri, hasil yang diraih Chou tidak terlalu mengesankan. Tampil sebagai unggulan pertama di nomor tunggal putra, Chou justru tersingkir di babak Perempat Final oleh Kazumasa Sakai dari Jepang, dua gim langsung, 11-21, 10-21. Hasil ini membuat Chou gagal membalas kekalahannya di Osaka International Challenge 2011 saat ia ditaklukkan Sakai dalam dua gim menegangkan 18-21, 29-30.

Faktor stamina diduga menjadi faktor utama kekalahan Chou atas Sakai. Dalam turnamen yang menjadi bagian dari BEC Circuit ini, turnamen digelar selama 4 hari, dimana satu pemain bisa bermain dua kali sehari. Sebelum bertanding melawan Sakai di sesi sore, pagi harinya Chou harus menguras keringat selama 51 menit untuk mengalahkan Pakkawat Villailak asal Thailand di babak 16 besar dengan rubber game 21-12, 19-21, 21-12.

Picture3

Usai mengikuti turnamen di Austria ini, Chou akan bertarung di tiga turnamen lain di Eropa, yakni Jerman, Inggris dan Swiss. Di Jerman, Chou yang menjadi unggulan 9 akan berjumpa pemain dari babak kualifikasi (Kemungkinan Kim Brunn – pemain Denmark berdarah China). Sementara di All England, Chou menghadapi tantangan berat karena berjumpa unggulan ketiga asal China, Du Pengyu di babak pertama. Sementara Draw untuk Swiss Open baru dirilis Selasa pekan ini.

Menjadi pemain yang disponsori oleh Brand sekelas Victor memang membuat Chou harus ikut terlibat dalam beberapa kegiatan yang apabila diminta oleh sponsor, termasuk yang dilakukan oleh Victor di Austria. Dalam Austrian International Challenge 2013 ini, Victor secara khusus membuat sebuah both di sudut Gelanggang arena sebagai tempat menjual produk mereka, dan Chou yang turut hadir sebagai salah satu Bintang Victor tak lupa mempromosikan produk yang mensponsorinya itu.

Dengan diberlakukannya sistem kontrak individu bagi pemain di Indonesia, hal serupa yang terjadi pada Chou, sepertinya bakal terjadi juga kepada para pemain Indonesia. Sebut saja Victor yang rencananya bakal membuat produk raket berlabel Liliyana Natsir, seperti yang sudah dilakukannya kepada pemain berparas tampan, Lee Yong Dae.

Picture2

“Kami telah empat tahun di sini tetapi baru sekarang punya kesempatan. Kalau kami mau promosi di Indonesia, harus memilih pemain topnya. Kami selama menjadi sponsor selalu menganggap pemain seperti keluarga,” ujar Jeff Chen, General Manager Victor dikutip dari Bola. Kemungkinan besar, Liliyana Natsir lah yang akan direkrut menjadi bintang untuk mempromosikan Victor di Indonesia.

Seperti Chou, Liliyana mungkin harus tampil di turnamen-turnamen yang disponsori oleh Victor agar turnamen itu bisa mendapat perhatian (produk Victor laku deh), misal di Victor Indonesia International Challenge, Victor Korea Open atau turnamen lain. Yang pasti, pemain sekelas Liliyana tidak mungkin turun di turnamen kecil yang ada di luar negeri (kayak di Austria ini).

Selain Liliyana, beberapa pemain Pelatnas juga disponsori oleh apparel yang identik dengan warna biru itu. Mereka adalah Tontowi Ahmad, Meiliana Jauhari, Wisnu Yuli Prasetyo, Alfian Eko Prasetya, Riyanto Subagja, Rendy Sugiarto, Berry Angriawan, Agrippina Prima Rahmanto Putera, Anggia Shitta Awanda, Ririn Amelia, Sri Wulan Sari, Edi Subaktiar, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Rafiddias Akhdan Nugroho, Putra Eka Rhoma, Hafiz Faisal, Ihsan Maulana Mustofa, Thomi Azizan Mahbub, M Bayu Pangisthu, Irfan Fadhilah, Weni Anggraini dan Yeni Asmarani.

Selain pemain, Victor juga mensponsori pelatih yang ada di Pelatnas Cipayung. Yang sudah pasti disponsori oleh Victor adalah pelatih tunggal putri, Liang Chiu Sia. Sementara pelatih lain yang masih dalam proses negosiasi dengan Victor adalah Yanti Kusmiati, Dimas, Endra Muyajaya, Namrih Suroto dan Imam Tohari.