Mengintip Tato Jorgensen

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001083880

Salah satu pebulutangkis yang banyak menghiasi tubuhnya dengan tato adalah tunggal putra asal Denmark, Jan O Jorgensen. Tahun lalu, pemain berperingkat 11 dunia itu berkesempatan memperlihatkan tato yang menghiasi tubuhnya kepada Badminton World.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, tato mungkin menjadi hal yang ‘nyeleneh’ dan dianggap menyalahi norma sosial. Tapi bagi Jorgensen, tato adalah sebuah self control, dimana jika ia emosi, tato yang ada di tubuhnya maka mengendalikan emosinya.

Jorgensen pertama kali menato tubuhnya tiga tahun lalu (2010). Saat itu ia menginginkan gambar Jim Morisson, namun karena membutuhkan beberapa kali menato, akhirnya ia memutuskan untuk lebih dulu menato gambar sederhana di lengan kanannya, yakni sebuah gambar stick figures laki-laki dan perempuan.

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001103720

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001113920

Tato bergambar pictogram (stick) laki-laki dan perempuan menurut Jorgensen melambangkan kebersamaannya dengan saudara perempuan yang ia cintai, Lone. “Dalam kehidupan, tiap orang membutuhkan setidaknya satu orang sebagai tempat untuk menangis atau memberi pelukan,” ungkap Jorgensen. Dan bagi Jorgensen, orang itu adalah saudara perempuannya.

Selain saudara, Jorgensen juga mengabadikan kedua orang tuanya lewat tato bertuliskan “Mom” dan “Dad” yang masing-masing berada di punggung kiri dan kanan Jorgensen. Tato itu mengungkapkan kecintaan pria sangar itu terhadap kedua orang tuanya.

Lewat tato Mom and Dad ini, ia berharap akan terus bekerja keras untuk membanggakan kedua orang tuanya, karena kedua orang tuanya lah yang memperkenalkan Jorgensen dengan bulutangkis hingga kini ia menjadi pebulutangkis No. 1 Denmark.

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001167000

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001173040

Saat ini, tato terbesar yang dimiliki oleh Jorgensen berada di lengan kanan bagian atas. Disana terpampanglah wajah Jim Morisson, idola sekaligus inspirasinya.

Di saat sedang menyendiri, musik menemani pria yang lahir 31 Desember ini. Alasan Jorgensen menato vokalis Band The Doors ini karena ia memiliki literatur yang menginspirasi hari hari Jorgensen. “Saya suka ia (Jim Morisson – red) karena ia selalu berusaha menemukan sisi baru dalam dirinya,” ungkap Jorgensen.

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001124240

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001101240

Menyelesaikan tato terbesarnya itu butuh waktu yang cukup lama, bahkan ia perlu merasakan rasa sakit untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. “Setelah beberapa waktu, itu tidak menyakitkan lagi. Ini semacam hanya mati rasa sementara,” katanya.

Di Indonesia Open lalu, Jorgensen sempat diwawancara Kompas tentang tato Jim Morissonnya. Tato Morisson itu selalu mengingatkan ia mengenai sang ayah. “Dia mengingatkan saya tentang ayah saya. Bagaimana ia mencintai musik dan menggunakan musik itu untuk mengekspresikan jiwanya,” tutur Jorgensen saat itu.

Selain tato Jim Morisson, ada juga tato Imagine yang terletak lengan kanan bagian dalam yang berhubungan dengan musik. Jika ada orang meninggal yang ingin ia temui, dialah John Lenon.

imagine

“Saya percaya bahwa dunia membutuhkan lebih banyak orang seperti Lennon,” ungkapnya. Imagine adalah salah satu judul lagu populer Lenon yang berkisah mengenai perdamaian dunia. Lagu itulah yang mempopulerkan ia sebagai penyanyi solo saat itu.

“Lagu ini indah dan punya lirik yang mengagumkan. Dan memang benar, Mengapa semuanya tidak bisa damai, haruskah selalu ada perpecahan bangsa dan agama?” komentar Jorgensen mengenai lagu itu.

Selain keempat tato diatas, ia juga selalu menambahkan tato setiap kali ada liburan. Tercatat, dalam setahun ini sudah banyak sekali penambahan tato pada tubuh Jorgensen. Berikut adalah beberapa gambar tato disertai kutipan singkat dari Jorgensen mengenai cerita dibalik tato itu.

Badminton World Magazine - 2012 Episode 3.mp4_001150920

Time Will Tell – Tidak ada yang tahu kehidupan kita di masa depan, jadi Saya lebih suka membiarkanya, karena waktu yang akan memutuskan hasilnya

triangles

Dua segitiga berlawanan – Dalam sebuah kehidupan, selalu ada dua sisi berbeda (Yin dan Yang, Pria dan Wanita, Positif dan Negatif)

paper-plane

Pesawat Kertas – Bulutangkis lah yang membuat saya berkeliling ke seluruh dunia

X

X Itu mengingatkan saya untuk mempercayai insting dan intuisi saya sendiri

dove

Garis Merpati  Merpati melambangkan kebebasan, kebebasan adalah hal terpenting dalam hidup saya

naked-if-i-want-to

Naked if I Want to – Jika saya ingin menarik celana saya turun dan bermain telanjang selama pertandingan, saya akan melakukannya

panther

Panther – Saya pikir, saya perlu membuat sesuatu yang menunjukkan sisi liar dalam diri saya