Bulutangkis 30 Menit = Berjalan 5 Km

DSC06582

Bulutangkis adalah olahraga raket tercepat. Kecepatannya bisa mencapai angka 400 km/jam. Selain fakta yang lumrah diketahui, salah satu fakta menarik yang baru saja duaribuan dengar adalah ketika anda bermain Bulutangkis 30 menit, ternyata sama dengan ketika anda berjalan sejauh 5 Km. Mau tahu fakta lain? Yuk ikuti..

Menurut pelatih bulutangkis, Ian Wright yang juga sempat menjadi komentator mendampingi Gillian Clark, bermain bulutangkis selama 30 menit sama dengan berjalan sejauh 5 Km, dan dalam 30 menit itu pula, banyak sekali kalori yang terbakar oleh tubuh, tergantung berat badan seseorang.

Tapi yang pasti, bermain bulutangkis bisa membakar 1000 kalori dalam tubuh per jam nya. Sama seperti olahraga kardio yang lain, Bulutangkis meningkatkan denyut jantung Anda, menurunkan hipertensi dan membantu untuk memperkuat kondisi jantung Anda.

Bulutangkis adalah olahraga yang membuat tulang menjadi sehat. “Bulutangkis adalah bone-loading sport,” kata Jane Taylor, seorang pelatih pribadi di Inggris. “Dampak memukul raket dan melompat-lompat membantu meningkatkan kepadatan tulang dengan cara yang alami.”

Mau Pintar, Main Bulutangkis

SAM_0619

Berdasarkan penelitian, Bulutangkis adalah olahraga yang bagus untuk otak. Kedua jenis olahraga tersebut dikatakan baik untuk otak karena membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Selain itu, dibutuhkan juga ketepatan yang sangat tinggi serta koordinasi mata dan tangan sehingga sangat bagus untuk menjaga kebugaran otak.

Gerakan yang cenderung konstan dan berlangsung sangat cepat juga memberikan efek aerobik. Sebagaimana yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian, jenis olahraga yang bersifat aerobik umumnya sangat berhubungan dengan pemeliharaan fungsi kognitif atau kecerdasan.

Jadi, tak salah jika para pebulutangkis biasanya termasuk orang-0rang cerdas, yang selalu bisa cepat tanggap dalam semua kondisi, sebut saja idola saya Gillian Clark.

Love begins from Badminton

Bulutangkis untuk semua, ini adalah salah satu fakta berbeda dan paling menarik dari olahraga lainnya. Pasalnya, tidak semua olahraga bisa memainkan secara bersamaan nomor putra dan putri.

Di Bulutangkis, ada nomor ganda campuran, dimana nomor ini seorang pemain putra dan putri bisa bermain secara bersamaan dalam satu lapangan. Anda pasti belum pernah melihat fakta ini kan, saya sendiri juga sangat terkejut dan baru menyadari bahwa benar, tidak banyak olahraga yang mempertemukan pria dan wanita dalam satu lapangan.

580568_10151241281314646_1145744848_n

Sebut saja duet fenomenal ganda campuran asal Korea, Kim Dong Moon dan Ra Kyung Min yang berujung di pelaminan. Ada lagi duet ganda campuran yang saling berpacaran, yakni ganda Inggris Nathan Robertson-Jenny Wallwork.

Beberapa hari yang lalu, Robertson mengucapkan selamat ulang tahun kepada Wallwork lewat account twitternya @Nath_Robertson, dimana ia menyebut Wallwork sebagai girlfriendnya.

Happy birthday to my fabolous girlfriend @Jennywallwork 26yrs young… Didn’t quite get your birthday lie in through #birthdaygirl,” begitu tweet Robertson pada 17 Januari lalu.

Robertson dan Wallwork memang sudah berpacaran lama, dan terungkap dengan jelas setelah duetnya bersama Gail Emms selesai. Selain Wallwork-Robertson, juga ada pasangan kekasih Chris Adcock-Gabrielle White (foto atas) yang kembali di pasangkan di turnamen internasional, setelah duet Adcock-Bankier selesai. Bulutangkis untuk semua, Bulutangkis tumbuhkan cinta..