Tengok Heroiknya MKY

2587_60255493854_3515594_n

Maria Kristin Yulianti (MKY) memang selalu lekat di hati pecinta bulutangkis Indonesia tatkala mengibarkan supremasi tunggal putri Indonesia di Olimpiade Beijing tahun 2008 dengan meraih medali perunggu, mengalahkan lawan-lawan berat, diantaranya Juliane Schenk, Tine Baun, Saina Nehwal dan membuat Lu Lan menangis di depan publiknya sendiri. Kali ini kita akan melihat heroiknya perjuangan MKY saat partai Perempat Final melawan Saina Nehwal.

Memasuki arena, siapa sangka Maria Kristin berhasil membawa kabar berita bagi tunggal putri China saat itu, dimana ia berhasil mengalahkan Tine Rassmusen, peraih dua trofi All England yang dikenal sebagai pendobrak putri-putri China di babak 16 besar dalam rubber game 18-21, 21-19, 21-14 untuk meraih tiket Perempat Final untuk berjumpa dengan Saina Nehwal, tunggal putri India berusia 18 tahun yang juga sukses mengalahkan unggulan keempat, Wang Chen di 16 besar sebelumnya.

Di partai Perempat Final melawan Saina, semua hadirin yang menyaksikan tidak akan menyangka Maria Kristin bisa menang di partai itu, anda bisa melihat saat Maria harus tertinggal 3-11 di interval gim ketiga, harusnya secara logika, unggul 8 poin lebih mudah untuk juara. Tapi takdir berkata lain, faktor kegugupan yang dialami seorang pemain junior yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Perempat Final Olimpiade menyergap seorang Saina.

Poin demi poin diraih Maria, hingga kedudukan menipis 9-11 dan sama di kedudukan 12-12. Dari kedudukan seimbang itu, Maria meraih 7 poin beruntun menjadi 19-12 dan menutup kemenangan dengan 21-15. Komentator pun terkejut dengan apa yang terjadi di lapangan saat itu, tapi mereka juga memang memuji skill yang dimiliki Maria, bahkan menyamakannya dengan kemampuan yang dimiliki oleh Susi Susanti, peraih medali emas Olimpiade Barcelona yang dijuluki “The Great Susy Susanti” oleh Gillian Clark.

David Mercer, pasangan duet Gill di lapangan kemarin menyebut tipe permainan Maria dengan sebutan “Lovely Lazy Indonesian Style” saat Maria membuat teriffick shot cepat ke sisi kiri Saina Nehwal. Semua keterkejutan itu bisa anda lihat di video pertandingan antara Maria Kristin Yulianti melawan Saina Nehwal berikut ini.

.