Lee Hyo Jung blakblakan Skandal Olimpiade

shin-lee-7365-asiangames2010

Usai meraih medali emas di Asian Games Guangzhou, Lee Hyo Jung (foto atas) memutuskan untuk gantung raket dari dunia bulutangkis. Beberapa bulan setelahnya, ia memutuskan untuk menikah dengan pebasket Korea dan Juni lalu dikaruniai seorang anak, bernama Seok Yoon Je.

Beberapa waktu lalu, salah seorang reporter bulutangkis, Don Hearn mendapatkan kesempatan istimewa untuk mewawancarai mantan pebulutangkis peraih titel All England 2008 itu disela-sela pekerjaan baru Lee sebagai pelatih di klub Korea.

Dalam wawancara yang cukup panjang itu, Don menanyakan mengenai skandal Olimpiade, dimana salah satu anak didiknya, si cantik Kim Ha Na juga didiskualifikasi dalam turnamen itu. Hyo Jung memberikan pemaparan yang turut mengundang rasa iba kita.

“Ketika aku pertama kali melihatnya (format turnamen – red), aku bertanya-tanya mengapa mereka merubahnya dan tidakkah mereka berpikir itu menimbulkan masalah,” tegas Lee. “Sistem gugur akan jauh lebih baik menurutku. Sepertinya mereka merubah sistem itu agak tiba-tiba,” tambahnya.

Usai Olimpiade, Lee Hyo Jung sempat menemui anak didiknya Kim Ha Na yang berlatih di sini (Samsung Gymnasium – red) selama beberapa bulan sebelum awal Desember lalu kembali ke Tim Nasional untuk mempersiapkan diri melakoni debut usai Diskualifikasi.

lee-hyo-jung-iu5g1420

“Ha Na tidak ada di sini sekarang. Dia sedang berlatih bersama tim nasional sejak awal Desember, tapi saya sempat melatih dia di sini selama beberapa bulan setelah Olimpiade. Kejadian itu sangat sulit baginya dan anak-anak lainnya,” ujar Lee.

Menurut Lee, Jung dan Kim sangat bersemangat ketika didorong untuk bisa terkualifikasi ke Olimpiade. Mereka memastikan tiket terakhir di India Open 2012 lalu, dimana mereka harus menang untuk bisa ke London, dan ternyata mereka berhasil menang.

“Dia dan Jung sangat bersemangat untuk bisa tampil di Olimpiade. Ada satu turnamen (India Open SS 2012 – red) di mana mereka harus menang untuk tampil di Olimpiade dan mereka melakukannya,” kata Lee terharu.

“Mereka berdua bekerja sangat keras untuk bisa tampil di London, namun kemudian terjadi sesuatu yang terjadi (Olimpiade – red) kemudian. Hal ini tentu sangat menyedihkan bagi mereka,” tambah Lee.

podium-mixed-doubles-14-div-kr-olympicgames2008

Ketika tahu pihak Bulutangkis Korea menskors mereka dalam jangka waktu cukup panjang (meskipun hukumannya akhirnya dipotong), Lee mengaku berharap mereka tetap bisa tampil di turnamen internasional secepatnya.

“Saya berharap mereka dapat bermain di turnamen sesegera mungkin. Mereka masih Muda dan mereka harus tetap bersaing,” kata Lee yang meraih medali emas bersama Lee Yong Dae (foto atas).

Butuh pria yang lebih tinggi

Alasan ia mencari sosok pebasket untuk menjadi suaminya sebenarnya sangat simpel, ia mencari pria yang lebih tinggi dari Lee yang memiliki tinggi 181 cm.

“Saya bercerita kepada pelatihku bahwa saya membutuhkan pria yang lebih tinggi dari saya karena itu adalah kondisi yang diperlukan, saya tidak bisa melihat diri saya dengan seorang pria pendek dan suami saya sekarang tingginya 194 cm,” ujar Lee Hyo Jung.

Keduanya sebenarnya dijodohkan oleh sang pelatih Lee yang juga teman dari suaminya. Ketika pertama kali bertemu, Lee Hyo Jung langsung merasa cocok dengan sang suami.

Ketika kami pertama kali bertemu, semuanya cocok. Dia lebih tinggi dari saya, dan ketika kami makan malam dan minum kopi, kami bisa ngobrol enak satu sama lain. Jadi kami tahu bahwa itu adalah awal yang baik,” ungkapnya.

jpg2.jp

Seok Yoon Je : Basket atau Bulutangkis?

Ketika Don menanyakan, “Anakmu Yoon Je akan menjadi pemain basket atau bulutangkis”, Lee menjawab dengan bercanda.

“Kami terus bercanda tentang hal ini, tentu saja (jika ia mau), tapi sesungguhnya kami telah memutuskan bahwa jika Yoon Je ingin jadi atlet, olahraganya bisbol. Dia tampaknya memiliki paha yang benar-benar kuat sehingga tidak cocok bermain bulutangkis atau basket, jadi dia akan bermain bisbol (tertawa terbahak-bahak),” jawabnya.

Menjelang akhir wawancara, Lee Hyo Jung yang bisa dibilang pemain legenda Korea ini hanya mengharapkan untuk bisa tetap diingat oleh orang-orang di seluruh dunia. “Saya berpikir orang-orang di luar negeri, termasuk di Eropa, tetap akan mengingat nama saya di masa depan,” tutupnya.

Lee Hyo Jung adalah salah seorang pemain idola duaribuan, dimana ia telah meraih titel All England, emas Olimpiade dan emas Asian Games, pantaslah ia diingat oleh orang-orang di seluruh dunia.

Iklan