Flandy Limpele : Indonesia selalu dihati

A-JBLQZCMAA0vdn

Lama tak terdengar kabarnya di turnamen dalam maupun luar negeri, peraih medali perunggu Olimpiade Athena, Flandy Limpele ternyata saat ini sedang menjalani profesi sebagai seorang pelatih di klub bernama ‘Hitachi’ Jepang (foto atas).

Saya yang secara kebetulan menemukan twitter baru Flandy @FLectra yang belum genap berusia 2 bulan itu bertanya-tanya mengenai kesibukan dan alasan kepindahannya ke Jepang menjadi pelatih. Berikut ini beberapa tweet yang saya mentionkan dengan twitter baru Om Flandy (@FLectra).

………………………..

duaribuan : Twitter baru ya om @FLectra?

Flandy : baru banget.. Hehe

duaribuan : Om sekarang pindah di Jepang sama keluarga?

Flandy : Iya cari sesuap nasi di negeri orang setelah pensiun bela negeri sendiri… Hahaha… Semoga berkah yaa.. Amin

duaribuan : bakalan selamanya di Jepang? udah kontrak seumur hidup ama klub Hitachi ya?

Flandy : waduh kok seumur hidup… jangan dong! Haha

duaribuan : Janji dong kalo duitnya dah cukup, bakal balik ke Jakarta?

Flandy : kalo duitnya udah cukup..? Hahahah

duaribuan : Oh iya lupa, tadi bilangnya sesuap nasi. Disini beras banyak, ngapain ke Jepun, haha…

Flandy : beras emang banyak di INA tapi udah banyak aja masih suka import.. Udah gitu beras jepun tuh lebih puleen, bawaannya laper terus, hheee

duaribuan : Hem, kayaknya prihatin banget ama negeri sendiri, masih cinta Indonesia gag to om?

Flandy : INA selalu di hati…

duaribuan : disana pemain-pemainnya pada galau juga gak om? kayak disini

Flandy : Jangan galau dong, kan sudah ada pengurus baru..

duaribuan : anak2 didik om cwok semua? nglatih nomor apa? ganda putra? gak mixed?

Flandy : ya timnya cowok semua, nglatih semua kategori kecuali😄. Karena gak ada ceweknya

………………………..

A74fGxMCUAAS8u2

Saat ini Flandy memang sibuk dengan kejuaraan yang diikuti oleh klub Hitachi (foto atas), yakni All Nippon League (pake sistem Piala Thomas), dimana klubnya turut serta. All Nippon League digelar di Ibaraki Stadium di kota Ibaraki, kota tempat klub Hitachi berada.

Dari tweet yang dikeluarkan oleh Om Flandy, terlihat ia sangat mengagumi Stadion di Jepang yang menurutnya ditata rapi dan nyaman terawat.

“Sudah keliling liat sport arena dari kota ke kota di Jepang, semua bagus-bagus, nyaman terawat. Beda banget sama di INA yang masih kurang maksimal!!!” Begitu tweet yang sempat dikeluarkan oleh suami Diana Sinta Sari ini.

A-OKgzBCcAEKJ4s

Di Kejuaraan All Nippon League, hasil didikan si tangan kidal ini ternyata cukup membuahkan. Tim Hitachi ini ternyata memenangkan beberapa pertandingan dengan skor 3-0, diantaranya saat melawan klub Tricky Pandozer.

Ada tweet lucu juga dari Flandy mengenai anak didiknya. Jika hampir semua orang tahu tarian Gangnam Style, ternyata para anak didik Flandy gak ngerti masalah tarian yang dipopulerkan oleh PSY itu.

“Gangnam style mendunia, 800jt’an orang nonton videonya, tapi anak2 tim badminton gue gak ada yg tahu lagu gangnam style!! JP ohh JP, kamseupayyy” begitu tweet pria berusia 38 tahun itu.

Saya interest mengenai ketidaktahuan para anak didik Flandy, karena mungkin ketidaktahuan mereka adalah pertanda bahwa anak-anak Jepang memang fokus latihan terus menerus, bahkan media elektronik tidak mereka hiraukan.

A74rRN3CQAEkzeJ

Dari tweet yang saya baca dari twitter Flandy, para pemain Jepang sekarang memang top karena dilatih oleh para pelatih dari Indonesia, termasuk Flandy sendiri. Dan menurut pendapatnya, trend positif bulutangkis Jepang bukan murni hasil dari Park Joo Bong, sang kepala pelatih Timnas Jepang, justru pelatih-pelatih di klub lah yang sangat berperan dalam perkembangan bulutangkis Jepang yang pesat ini.

Tweet yang menurut saya paling menyentuh adalah tweet yang dikeluarkannya 23 November lalu. “Yes, am a coach now.. Yet am not a magician who could creates a world top player instant…!!!” (Ya, sekarang saya seorang pelatih.. Tapi saya bukan pesulap yang membuat pemain top dengan instan)

Meskipun ia pergi melatih di Jepang, tetapi ia tetap cinta dengan Indonesia.. “Indonesia selalu di hati