Cedera, Yihan tak ke Shenzen

5106493_980x1200_0

Sepekan jelang digelarnya ajang BWF Superseries Final 2012, Beberapa pemain memutuskan untuk mundur dari turnamen yang menjadi puncak dari 12 seri BWF Superseries. Salah satunya adalah andalan tunggal putri asal China, Wang Yihan yang mundur karena mengalami cedera pada lutut kaki kanannya.

Di beberapa turnamen terakhir yang ia ikuti, seperti di China Open dan Hongkong Open, Wang Yihan harus mengenakan pengaman lutut yang super tebal untuk melindungi kakinya yang cedera. Cedera itu tentu mengganggu penampilannya di lapangan. Sebut saja hasil yang ia dapat di beberapa turnamen, dimana pemain peringkat 1 dunia itu harus mundur saat menghadapi Saina Nehwal di Semifinal Denmark Open, kalah dari Juliane Schenk di Perempat Final China Open dan mundur di gim kedua saat menghadapi Li Xuerui di Final Hongkong Open.

Dengan alasan itulah, Yihan memutuskan untuk mundur pada 3 Desember lalu. Posisi Yihan digantikan oleh pemain berperingkat 4 di Superseries Standing, yakni Wang Shixian yang akan didaulat menjadi unggulan ketiga dalam turnamen berhadiah USD 500.000.

Pemain lain yang mengalami cedera adalah spesialis ganda putri, Zhong Qianxin yang menderita cedera, sehingga pasangan Bao Yixin ini batal tampil di Shenzen. Posisi pasangan peringkat kedua di Superseries Standing ini digantikan oleh seniornya, Wang Xiaoli-Yu Yang yang akan mendampingi Juara Olimpiade, Tian Qing-Zhao Yunlei ke Shenzen.

Lee putuskan ke Shenzen

Di Hongkong Open beberapa pekan lalu, Lee sempat berbicara bahwa ia akan melewatkan beberapa turnamen karena ia mau fokus bersama sang istri, Wong Mew Choo. Namun dalam list yang dikeluarkan oleh BWF, Lee memutuskan untuk tampil di Superseries Final pada 30 November lalu.

Dalam list itu, Lee yang berstatus unggulan pertama akan bertarung dengan Chen Long (2), Kenichi Tago (3), Hu Yun (4), Daren Liew, Boonsak Ponsana, Du Pengyu serta Hans Kristian Vithingus yang tampil menggantikan posisi Sho Sasaki yang menolak tampil di Shenzen pada 29 November lalu.

Lewat account twitternya, Vithingus mengaku mendapatkan e-mail dari BWF yang mengundangnya ke Shenzen untuk mengikuti BWF Superseries Final 12-16 Desember mendatang. “Undangan untuk Superseries Final telah diterima di e-mail saya beberapa waktu lalu,” begitu tweet yang dikeluarkan oleh Vithingus lewat account twitternya, @hkvittingus pada 30 November lalu. Sementara di account Facebooknya, Vithingus juga mengungkapkan kegembirannya lolos ke Shenzen untuk kali pertama. “Saya jelas sangat bersemangat untuk bermain di event ini untuk pertama kali dalam karir saya meskipun perjalanan ke China sangat panjang.”

Reiko+Shiota+Yonex+Open+Japan+2012+Day+4+nQXBnD0k0M-l

Selain Sasaki, 3 ganda Jepang, yakni Hirokatsu Hashimoto-Noriyasu Hirata, Miyuki Maeda-Satoko Suetsuna dan Shintaro Ikeda-Reiko Shiota juga tak tampil di Shenzen. Reiko Shiota (foto atas) memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis dan fokus dengan pernikahannya dengan pesepakbola Jepang awal tahun depan serta tugas menjadi duta untuk meloloskan Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Posisi ganda campuran Jepang ini digantikan oleh pasangan Indonesia, Muhammad Rijal-Debby Susanto yang akan mendampingi senior mereka, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir ke Shenzen pekan depan.

Mundurnya Hashimoto-Hirata membuat China akan mengirimkan 10 wakil (jumlah maksimum) ke Shenzen, setelah pasangan Cai Yun-Fu Haifeng yang berada di peringkat 9 menggantikan pasangan Jepang yang menduduki peringkat 4 Superseries Standing itu.

Selain itu, Pihak Jepang memutuskan untuk mengirim rising star mereka, Misaki Matsumoto-Ayaka Takahashi dari Jepang yang menggantikan posisi Miyuki Maeda-Satoko Suetsuna. Berikut adalah list para pemain yang memastikan diri tampil di Shenzen, 12-16 Desember 2012.

Tunggal Putra

  1. Lee Chong Wei (MAS)
  2. Chen Long (CHN)
  3. Kenichi Tago (JPN)
  4. Hu Yun (HKG)
  5. Daren Liew (MAS-2)
  6. Boonsak Ponsana (THA)
  7. Du Pengyu (CHN-2)
  8. Hans Kristian Vithingus (DEN)

Tunggal Putri

  1. Li Xuerui (CHN)
  2. Juliane Schenk (GER)
  3. Wang Shixian (CHN-2)
  4. Saina Nehwal (IND)
  5. Tine Baun (DEN)
  6. Sung Ji Hyun (KOR)
  7. Eriko Hirose (JPN)
  8. Ratchanok Intanon (THA)

Ganda Putra

  1. Koo Kean Keat-Tan Boon Heong (MAS)
  2. Hiroyuki Endo-Kenichi Hayakawa (JPN)
  3. Hong Wei-Shen Ye (CHN)
  4. Kim Ki Jung-Ki Sa Rang (KOR)
  5. Mathias Boe-Carsten Mogensen (DEN)
  6. Bodin Issara-Maneepong Jongjit (THA)
  7. Hoon Tien How-Tan Wee Kiong (MAS-2)
  8. Cai Yun-Fu Haifeng (CHN-2)

Ganda Putri

  1. Shizuka Matsuo-Mami Naito (JPN)
  2. Eom Hye Won-Jang Ye Na (KOR)
  3. Tian Qing-Zhao Yunlei (CHN)
  4. Wang Xiaoli-Yu Yang (CHN-2)
  5. Duanganong Aroonkesorn-Kunchala Voravitchitchaikul (THA)
  6. Christinna Pedersen-Kamilla Rytter Juhl (DEN)
  7. Misaki Matsumoto-Ayaka Takahashi (JPN-2)
  8. Poon Lok Yan-Tse Ying Tsuet (HKG)

Ganda Campuran

  1. Xu Chen-Ma Jin (CHN)
  2. Chan Peng Soon-Goh Liu Ying (MAS)
  3. Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir (INA)
  4. Zhang Nan-Zhao Yunlei (CHN-2)
  5. Sudket Prapakamol-Saralee Thongthoungkam (THA)
  6. Joachim Fischer Nielsen-Christinna Pedersen (DEN)
  7. Yoo Yeon Seong-Jang Ye Na (KOR)
  8. Muhammad Rijal-Debby Susanto (INA-2)

Drawing untuk turnamen ini akan digelar sehari sebelum turnamen, yakni 11 Desember mendatang. Tahun lalu, beberapa pekan sebelum digelar BWF Superseries Final, BWF merilis para nominasi untuk BWF Best Player of the Year, dan pemenangnya diumumkan di acara pembukaan BWF Superseries Final 2011 di Liuzhou. Namun, pada tahun ini BWF belum juga mengumumkan mengenai BWF Best Player of the Year.

file.aspx

Tahun lalu, Lee Chong Wei dan Wang Xiaoli-Yu Yang (foto atas) yang terpilih menjadi Best Male and Female Player of the Year 2011 lalu. Liliyana Natsir yang menjadi nominator harus puas menjadi pengumpul polling suara terbanyak, karena dari sisi prestasipun, ia kalah mentereng tinimbang Ganda Putri China yang menyapu bersih 5 gelar Premier selama 2011.

Iklan