Tiga Minggu Full buat Owi

Ditengah-tengah gelaran Macau Terbuka, pemain ganda campuran asal Klub PB Djarum, Tontowi Ahmad bertutur lewat account twitternya bahwa ia akan mengikuti Kejurnas PBSI yang tahun ini digelar di Solo, pekan depan. Jika benar, maka 3 pekan ini Owi akan main full di 3 tempat yang saling berjauhan, Macau, Solo dan Shenzen.

Kita bahas dulu perkembangan ganda campuran di Macau. Dari 3 wakil Indonesia di babak 16 besar, semuanya lolos ke babak Perempat Final. Kemenangan dimulai dari pasangan Muhammad Rijal-Debby Susanto dan Riky Widianto-Puspita Richi Dilli yang bertanding di Kamis sore. Rijal dan Debby sukses membekuk Lin Chia Yu-Wang Pei Rong dengan pertarungan tiga gim 22-24, 21-16, 21-7.

“Mainnnya belum lepas pada gim pertama. Mereka terutama Wang, gerakannya sering mengagetkan,” kata Debby dikutip dari situs PB PBSI. Akhirnya pasangan Indonesia sukes mengalahkan pasangan Taipei di dua gim selanjutnya. Menurut Debby, kuncinya karena mereka banyak menyerang. “Gim pertama Kami lebih banyak diserang, pada gim kedua dan ketiga kami lebih banyak menyerang.

Sementara pasangan Duo R, Riky dan Richi menang atas pasangan ganda Rusia, Sergey Lunev/Evgenia Dimova dalam pertandingan dua gim 21-18, 21-18. Meski menang, mereka mengaku tidak puas dengan penampilannya.

“Walapun kami menang straight game, tapi mainnya lebih enak kemarin. Hari ini kami banyak melakukan kesalahan sendiri, untung lawannya lebih mudah dari kemarin” kata Richi (foto atas) dikutip dari situs PB PBSI.

Kemenangan ganda campuran Indonesia diakhiri oleh pasangan peringkat dua dunia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang mengalahkan pasangan Malaysia, Tan Aik Quan-Lai Pei Jing dengan dua gim langsung 21-17, 21-14. Di babak 8 besar besok, Owi-Butet akan berjumpa pasangan India, Tarun Kona-Ashwini Ponappa untuk memperebutkan tiket Semifinal. Sementara Rijal-Debby akan menemui pasangan Singapura, Zhao Jiang Terry Yeo-Dellis Yuliana dan duo RR akan berjumpa unggulan kedua, Sudket Prapakamol-Saralee Thongthoungkam dari Thailand.

Kembali ke masalah 3 pekan, pasca mengikuti turnamen Macau Open GP Gold ini, Owi akan berangkat ke Solo untuk mengikuti Kejurnas PBSI 2012. Hal ini dipastikan lewat account twitternya @owichelle ketika ia mengirimkan tweet ke salah seorang temannya. “@owichelle:@vickyway1 iyo vik,mnggu sesuk ak neng solo vik kejurnas”

Pertama kali melihat tweet itu, saya teringat bahwa pekan depan Kejurnas nya itu kan kelas Remaja, kelasnya Edi-Melati, Arya atau Hanna Ramadhini dkk. Masak Owi ikut? setelah nyari kabar sana sini.. Ternyata di Kejurnas PBSI 2012 yang rencananya bakal diadakan di GOR Sritex, 4-8 Desember mendatang itu juga ada kelas Dewasa, tapi Beregu Campuran (sistem Piala Sudirman) dan kalau tidak salah Owi bakal memperkuat PB Djarum. Untuk Perorangan Dewasa diadakan tiap Kejurnas tahun ganjil, sedangkan Beregu Putra/Putri itu diadakan di Superliga.

Setelah dari Solo, Owi sudah langsung berangkat ke Shenzen untuk mengikuti gelaran BWF Superseries Final yang rencananya digelar 12-16 Desember mendatang. Tahun lalu di Liuzhou, keduanya hanya sampai babak Penyisihan Grup (foto atas) sementara Liliyana Natsir cuma menjadi Nominasi dari BWF Best Female Player of The Year.

Pekan ini, telah dirilis Superseries Standing dari hasil 12 rangkaian Superseries yang diikuti oleh seluruh pebulutangkis top. Berikut total wakil yang dikirim oleh tiap negara yang dinyatakan lolos berdasarkan Superseries Standing yang diupdate 29 November ini :

  • China : 9 (2 MS, 2 WS, 1 MD, 2 WD, 2 XD)
  • Jepang : 7 (2 MS, 1 WS, 2 MD, 2 WD)
  • Malaysia : 5 (2 MS, 2 MD, 1 XD)
  • Thailand : 5 (1 MS, 1 WS, 1 MD, 1 WD, 1 XD)
  • Denmark : 4 (1 WS, 1 MD, 1 WD, 1 XD)
  • Korea : 4 (1 WS, 1 MD, 1 WD, 1 XD)
  • Hongkong : 2 (1 MS, 1 WD)
  • Indonesia : 2 😄
  • Jerman : 1 WS
  • India : 1 WS

Kuota diatas adalah kuota maksimal berdasarkan ranking per 29 Desember, tapi untuk nama-namanya masih belum pasti karena seperti China memiliki banyak wakil di 8 besar, sehingga mereka berhak memilih wakil yang dikirim ke Shenzen. Selain itu, kemungkinan masih akan ada perubahan, mengingat akan ada wakil yang mundur, seperti Lee Chong Wei yang pekan lalu mengindikasikan untuk absen di Shenzen.

Indonesia sangat terpuruk dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu masih ada Simon, Taufik dan ganda Ahsan-Bona, kali ini Indonesia cuma mengirimkan 2 wakil, yaitu Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal-Debby Susanto. Semoga saja Stamina Owi di tiga turnamen beruntun ini tidak terkuras dan semuanya bisa membuahkan gelar. Perkiraan sih Owi-Butet bisa ke Final, kalo Rijal-Debby kayaknya bakal dibuli di Penyisihan Grup.. Semoga kalau satu Grup, ntar Owi-Butet bisa bantu Rijal-Debby.. Skenario dikit gpp buat meloloskan sahabat..

Iklan