Ko-Lee gagalkan langkah Cai-Fu

Duet ganda putra baru berbendera Korea, Ko Sung Hyun-Lee Yong Dae dan Yoo Yeong Seong-Shin Baek Ceol masih terus melaju dalam turnamen China Open Superseries Premier hingga Perempat Final hari ini. Langkah Lee Yong Dae dan Ko Sung Hyun pun masih terus berlanjut hingga esok hari, pasalnya mereka berhasil mengalahkan lawannya di babak Perempat Final tadi sore.

Hebatnya, lawan yang ditaklukkan oleh Lee dan Ko adalah Juara Olimpiade London dan empat kali peraih titel Juara Dunia, Cai Yun-Fu Haifeng. Berhadapan dengan Cai-Fu, Lee Yong dae yang pekan lalu diperbincangkan karena munculnya foto-foto mesranya dengan seorang wanita yang ternyata pacarnya, berhasil menang 21-17, 21-16 saat berduet dengan Ko Sung Hyun.

Menurut Fu Haifeng, hasil pertandingan sore tadi normal, pasalnya mereka tidak berlatih keras, sehingga tidak ada kepercayadirian dalam pertandingan itu. Apalagi ia biasanya spesialis bagian belakang (si penyodok), sehingga membutuhkan fisik yang kuat, yang tentu didapatkan dari latihan yang keras.

Sedangkan menurut Cai Yun, rehat pasca Olimpiade yang terlalu lama kemungkinan menjadi alasan utama. “Jika dibandingkan pasangan Korea, kami tidak berlatih selama satu hingga dua bulan setelah Olimpiade, sedangkan sebelum kami tiba di Shanghai, kami hanya berlatih tiga atau empat kali saja,” ujar Ayah satu anak itu.

Disinggung mengenai perjumpaan pertama usai duet baru ini dipasangkan, Cai Yun berkata bahwa duet Ko Sung Hyun-Lee Yong Dae ini kemungkinan akan lebih baik dibandingkan duet lama mereka. “Ko lebih tinggi, lebih cepat, dan lebih kuat dalam menerima bola. Tapi Jae Sung lebih baik dalam hal pertahanan,” begitu ujar Cai Yun.

Usai kekalahan ini, rencananya Cai-Fu akan tampil di Hongkong Open Superseries pekan depan, guna mengamankan tiket ke Shenzen untuk mengikuti BWF Superseries Final. Dari data Superseries Standing, hanya pasangan Hong Wei-Shen Ye yang bisa lolos ke Shenzen, namun akhir-akhir ini duet ini tidak pernah tampil di kejuaraan internasional, sehingga diharapkan Cai Yun-Fu Haifeng yang berada di peringkat 18 bisa naik. Apalagi ini di depan publiknya sendiri.

Untuk Indonesia, miris terlihat. Kemungkinan hanya ada dua nomor yang mengirimkan wakil di Shenzen, yakni Tunggal putra oleh Simon Santoso (itupun jika Gondongnya udah sembuh) dan ganda campuran Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal-Debby Susanto. Dengan catatan, Rijal-Debby punya catatan positif di Hongkong pekan depan.

Iklan