Oppa, Ayo Balas Dendam!

Ajang Perempat Final Ganda Putra di turnmen YONEX French Open 2012 mempertemukan wakil Korea, Ko Sung Hyun yang berpasangan dengan Lee Yong Dae (gambar) dan pasangan ganda putra Malaysia Koo Kean Keat-Tan Boon Heong. Ini merupakan ulangan partai babak pertama Denmark Terbuka pekan lalu, dimana saat itu pasangan Korea kalah.

Ko Sung Hyun-Lee Yong Dae berhasil menginjakkan kaki di babak Perempat Final, mengalahkan ganda Thailand, Patiphat Chalardchaleam-Nipitphon Puangpuapech lewat adu rubber game 18-21, 21-11, 21-16. Sementara Koo Kean Keat-Tan Boon Heong menang dari ganda England, Chris Adcok-Andrew Ellis dengan 21-16, 21-17.

Ini akan menjadi pertemuan kedua mereka setelah pasangan baru Korea ini dipadukan karena Chung Jae Sung mengakhiri karirnya usai Olimpiade lalu.

Di Denmark Open lalu, Ko-Lee sempat memberikan perlawanan buat Koo-Tan. Hal ini terbukti dengan kemenangan Ko-Lee di gim pertama dengan 21-8, angka yang cukup jauh. Sayangnya, mereka harus gagal di dua gim selanjutnya dengan skor yang tidak terlalu jauh, 16-21 dan 19-21. Tentu diharapkan Oppa bisa membalas kekalahannya atas ganda Malaysia itu di Perempat Final Perancis Terbuka malam ini.

Pasa Olimpiade, Korea melakukan bongkar pasang ganda putra mereka, dimana ganda nomor 1 dunia, Chung Jae Sung-Lee Yong Dae dan nomor 4, Ko Sung Hyun-Yoo Yeon Seong, dipecah untuk dipasangkan dengan pasangan baru. Lee Yong Dae dipasangkan dengan Ko Sung Hyun, sementara Yoo Yeon Seong dipasangkan dengan Juara Asian Games 2010, Shin Baek Cheol.

Pekan lalu, Shin Baek Cheol-Yoo Yeon Seong sukses mengalahkan Koo Kean Keat-Tan Boon Heong untuk meraih titel Juara Denmark Open. Sayang duet ini tidak tampil di Paris. Sebelum titel Denmark Open itu, ganda putra Korea juga sukses meraih gelar Jepang Terbuka lewat duet Kim Ki Jung-Kim Sa Rang.

Ki Jung-Sa Rang yang menjadi unggulan keempat di Paris berhasil menginjakkan kaki di Perempat Final usai mengalahkan Bona Septano-Afiat Yuris Wirawan dengan skor telak 21-8, 21-18. Di Perempat Final, lawan yang mereka hadapi adalah ganda putra baru asal China, Chai Biao-Zhang Nan yang mengalahkan unggulan keenam, Hirokatsu Hashimoto-Noriyasu Hirata dari Jepang dengan 21-19, 21-13.

Shixian sering dikalahkan

Akhir-kahir ini, pebulutangkis China Wang Shixian sering kali kalah oleh para pemain non unggulan, dan kali ini gantian pebulutangkis Jepang, Eriko Hirose yang mengalahkan pemain berperingkat 5 Dunia itu.

Babak 16 besar kemarin, Eriko berhasil memetik kemenangan pertama atas Wang Shixian dari lima kali pertemuan mereka. Eriko memenangkan pertandingan lewat adu 72 menit yang berakhir dengan skor 13-21, 21-18, 22-20.

Di gim pertama, Shixian memulai dengan mulus, kombinasi taktik dan teknik yang bagus diperlihatkan oleh pebulutangkis unggulan kedua itu. Bahkan ia meraih 10-0 di awal gim itu sebelum menutup kemenangan 21-13. Di gim kedua, adu mulut terjadi saat dua pemain meminta wasit untuk mengkoreksi jatuhnya shuttlecok di garis lapangan, inilah yang BWF permasalahkan sehingga mengajukan proposal untuk menginvestasikan teknolig garis lapangan. Keuntungan didapat oleh Eriko, ia menang 21-18.

Di gim penentuan, pertarungan ketat terjadi. Eriko sempat unggul jauh 18-14, namun ia sering membuat kesalahan sehingga Shixian mudah menyamakan kedudukan di poin 19-19. Dari poin itu, Eriko berhasil menutup pertandingan dengan skor 22-20 untuk meraih tiket Perempat Final.

Di Perempat Final, lawan yang akan dihadapi oleh Finalis Jepang Terbuka itu adalah Tsz Ka Chan dari Hongkong yang mengalahkan Nichaon Jindapon dengan 15-21, 21-18, 21-16. Rekor pertemuan menunjukkan Eriko lebih unggul. Jika Eriko menang, lawan yang dihadapi di Semifinal adalah pemenang antara Tine Baun dengan kompatriotnya Minatsu Mitani.

Iklan