Hadangan buat Ganda Campuran Indonesia

Gelaran hari pertama YONEX Denmark Open 2012 diisi oleh babak Kualifikasi semua nomor ditambah pertandingan untuk penyisihan babak pertama nomor ganda campuran. Indonesia yang memiliki 4 wakil di nomor ini lolos ke babak kedua, namun justru di babak 16 besar ini, keempat Ganda Campuran Indonesia mendapatkan hadangan karena bertemu dengan para pasangan kelas dunia.

Keempat ganda campuran Indonesia yang lolos ke babak 16 besar adalah unggulan keempat, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir, Muhammad Rijal-Debby Susanto, Fran Kurniawan-Shendy Puspa Irawati dan kakak beradik Markis Kido-Pia Zebadiah Bernadet. Di babak 16 besar, semua lawan mereka adalah para pemain kelas dunia, seperti Kamilla Rytter Juhl yang kali ini berpasangan dengan Mads Pieler Kolding, yang akan berjumpa andalan Indonesia, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir pada hari Kamis.

Pieler Kolding-Kamila sendiri pekan lalu sukses menjadi jawara Dutch Open 2012, dan kemarin harus memeras keringat melawan Perempat Finalis Olimpiade, Michael Fuchs-Birgit Michels dengan 21-18, 17-21, 21-17.

Sementara duet Fran Kurniawan-Shendy Puspa Irawati akan berjumpa Songphon Anugritayawon-Kunchala Voravitchitchaikul yang kemarin mengirim pulang unggulan kedelapan asal Britania Raya, Chris Adcock-Imogen Bankier dengan 21-17, 21-11.

Markis Kido-Pia Zebadiah Bernadet harus berjumpa unggulan keenam asal Thailand yang juga Juara Indonesia Terbuka, Sudket Prapakamol-Saralee Thongthoungkam pada laga Perdelapan Final besok. Kido-Pia punya bekal yang bagus, yakni pernah mengalahkan Chen Hung Ling-Cheng Wen Hsing, unggulan kelima di Indonesia Open lalu. Jika Kido-Pia dan Owi-Butet menang di 16 besar ini, Mereka akan saling bentrok di Perempat Final pada Jumat mendatang.

Juara Taiwan Terbuka, Muhammad Rijal dan Debby Susanto harus bekerja keras jika mau menembus Perempat Final seperti yang terjadi tahun lalu, karena lawan yang akan dihadapinya adalah Juara bertahan sekaligus pasangan peraih medali perunggu Olimpiade lalu, Joachim Fischer Nielsen-Christinna Pedersen.

Meskipun peluang terberat ada pada Muhammad Rijal-Debby Susanto, tapi Joachim Fischer Nielsen kemarin menjalani sebanyak 3 partai yang melelahkan, yakni dua kali partai kualifikasi ganda putra dan partai perdana ganda campuran yang tentunya menguras tenaga.

Hari ini, Fischer kembali tampil di nomor ganda putra bersama Jonas Rassmusen (gambar) di babak pertama, jadi pasti energi Fischer bakal terkuras. Tinggal bagaimana Rijal-Debby memanfaatkan kelelahan Fischer Nielsen itu.

Tak hanya Fischer yang menjalani tiga kali partai, nama tenar seperti Markis Kido, Zhang Nan serta semua pasangan yang lolos kualifikasi di nomor ganda campuran (Oliver Roth-Johanna Goliszewski, Tao Jiaming-Tang Jinhua, Kim Ki Jung-Kim So Young, dan Patipat Chalardchalearn-Savitree Amitapai) menjalani tiga partai dalam sehari. Khusus Zhang Nan, Fischer dan Kido, hari Rabu ini menjalani partai ganda putra untuk babak pertama. Tentu butuh stamina yang sangat kuat…

Alot, Yonathan-Hendra akhirnya ke babak Utama

Yonathan Suryatama Dasuki yang berpasangan dengan Hendra Aprida Gunawan (gambar) sukses melaju ke babak utama di nomor ganda putra YONEX Denmark Open 2012 di Odense setelah melakoni pertarungan yang sangat ketat melawan pebulutangkis tuan rumah, Anders Kristiansen-Anders Skaarup Rassmussen dalam pertarungan 58 menit di Final Kualifikasi yang berlangsung Selasa siang waktu Denmark. Dalam petarungan itu, Yonathan-Hendra menang 21-16, 20-22, 21-19.

Bayangkan, dalam pertarungan melawan Kristiansen-Rassmussen, statistik tidak mencatat adanya poin dari smash winner, artinya permainan sering terjadi reli-reli panjang. Di gim pertama, Yonathan-Hendra unggul 21-16, namun di gim kedua pasangan Denmark berhasil merebut dengan 22-20.

Di gim ketiga, pertarungan berjalan sangat alot karena kejar mengejar angka terjadi terus menerus hingga poin 19-19, bahkan Hendra sempat terjatuh saat hendak mengembalikkan bola kembalian dari Kristiansen-Rassmusen. Dari posisi 19-19 itu, Hendra-Yonathan sukses meraih dua poin beruntun untuk melaju ke babak utama.

Wajah kelelahan luar biasa memang tampak di wajah Hendra usai pertandingan. Memang dalam pertarungan Selasa pagi sebelumnya, mereka berhasil melaju ke Final Kualifikasi usai menundukkan pasangan Denmark lainnya, Frederik Colberg-Mikkel Elbjorn dengan skor yang lumayan ketat 21-17, 22-20 di Babak Pra-Final Kualifikasi.

Hari ini di babak utama, mereka berjumpa Olympian asal Jerman, Ingo Kindervater-Johannes Schoettler, yang sempat membuat kerepotan Cai Yun-Fu Haifeng di Olimpiade lalu, dimana saat itu Cai-Fu harus deuce 22-20, 21-16 dari Kindervater-Schoettler.

Iklan