Indonesia jumpa Juara Bertahan di Perempat Final

Kamis, 11 Oktober kemarin digelar Pengundian untuk Babak Grup dan knockout dari BWF World Junior Championship pada event Beregu Campuran. Indonesia ditempatkan di Grup Y2 bersama Belanda, Irlandia dan Kanada. Meskipun diatas kertas, Tim Indonesia dipastikan melaju sebagai Juara Grup, namun karena ini event junior, semua kemungkinan masih bisa terjadi.

Jika Indonesia berhasil menjadi juara grup, di Perempat Final nantinya akan berjumpa Juara Grup Y1 yang akan diperebutkan oleh Juara Bertahan Malaysia, Perancis, Vietnam dan Ukraina. Seperti kita tahu, peraih medali emas di nomor Beregu Campuran ini akan mendapatkan Piala Suhandinata (gambar).

Berikut hasil undian lengkap BWF World Junior Championship 2012 nomor beregu campuran :

Selain untuk menentukan Juara, nanti akan ditentukan urutan dari 30 negara peserta melalui Playoff. Tahun lalu, Indonesia berada di urutan 7 dari 22 kontestan. Namun perlu dicatat bahwa tahun kemarin China tidak ikut serta dalam turnamen tersebut, jadi jika tahun ini China ikut serta, kita lihat bagaimana peringkat Indonesia di Suhandinata Cup 2012.

Dari daftar unggulan, Indonesia berada di unggulan kelima sedangkan unggulan teratas ternyata bukan dari China, melainkan Jepang yang bulan Juli lalu sukses menjadi Juara Asia Junior, mengalahkan China dengan 3-0 di Final.

Indonesia sendiri tidak memasang target Juara di nomor beregu ini, karena memang materi tim Indonesia tidak cukup bagus, terutama tim Putri yang cenderung lemah. “Peluang Indonesia lebih besar di nomor perorangan, kalau di beregu agak berat karena tim unggulan punya materi pemain yang cukup bagus terutama di sektor putri,” ujar Christian Hadinata sebagai Koordinator Pelatnas Cipayung.

Event beregu sendiri akan dilaksanakan mulai 25-28 Oktober 2012 di Chiba Port Arena dimana Babak Semifinal dan Final akan dilaksanakan pada 28 Oktober. Untuk tambahan saja, waktu di Chiba adalah GMT+9, dua jam lebih cepat dari Jakarta.

Iklan