Korea ingin turunkan Status Premier

Setelah keterkejutan pemberhentian sementara empat pebulutangkis Korea dari turnamen internasional selama 6 bulan dan setahun untuk team event, kini kejutan lain dari Bulutangkis Korea datang ketika pihak mereka tidak menominasikan diri sebagai bagian dari Premier Event, seperti yang didapatkan di 2011-2013.

14 negara anggota BWF mencalonkan diri sebagai tuan rumah dari BWF Superseries untuk edisi 2014-2017, dimana 14 negara anggota itu adalah Korea, Malaysia, Inggris, India, Indonesia, Singapura, Jepang, China (China Master-China Open), Denmark, Perancis, Hongkong dan tiga pendatang baru, yakni Australia, Taiwan dan Thailand.

Dari 14 negara itu, 7 negara mencalonkan diri menggelar edisi Premier Event, dimana para pemain 10 besar harus tampil ditambah hadiah dan antusiasme penonton harus tinggi. 7 Negara itu adalah Australia, China (China Open), Denmark, Inggris, Indonesia, Malaysia and Singapura. Anehnya Korea, pemegang rekor tertinggi hadiah turnamen Superseries, dengan USD 1 juta malah mundur dari pencalonan Premier event.

Ini mungkin bentuk rasa malu pihak Korea atas kasus ganda putri yang juga melihatkan Ha Jung Eun-Kim Min Jung dan Jung Kyung Eun-Kim Ha Na. Jika mereka mencalonkan diri lagi di event premier, mungkin dunia kembali akan menghujat atlet mereka karena kita tahu event premier ini tentu diliput oleh para situs berita dunia.

Tapi mungkin juga kas sponsor dari turnamen ini, VICTOR yang memberikan hadiah USD 1 juta itu menipis seiring berjalannya tahun, sedangkan produk mereka tidak terlalu berpengaruh terhadap pendapatan mereka dibandingkan dua saingan utamanya, YONEX dan Li Ning.

Berdasarkan situs BWF juga, total hadiah premier pada tahun 2017 minimal mencapai USD 600.000 untuk kategori Premier dan USD 325.ooo untuk kategori Superseries. Ini tentu salah satu visi Bulutangkis di masa depan. Dimana Bulutangkis tentu akan menyejajarkan diri sebagai salah satu olahraga yang menghibur dan bisa dijadikan profesi, sama seperti yang terjadi di olahraga ternama lain, seperti Golf, Tenis dan Sepak Bola.

Pengumuman untuk BWF Superseries edisi 2014-2017 akan dilaksanakan pada pertemuan BWF di bulan November mendatang.

Iklan