Undian Baru Jepang Terbuka

Setelah Pasukan inti China memutuskan untuk batal tampil di turnamen Jepang Terbuka pekan depan karena masalah sengketa pulau, pihak Bulutangkis negeri Sakura mengeluarkan Drawing pengganti pada Sabtu hari ini, dimana drawing itu juga berdampak pada pemain Indonesia, diantaranya adalah Taufik menjadi unggulan ketujuh dan Sony akan dipertemukan dengan Boonsak Ponsana.

Dari data terbaru yang diupdate Hari ini, Pebulutangkis utama China yang memutuskan untuk batal tampil berjumlah 10 tunggal dan 4 ganda putra. Mereka adalah Chen Long, Du Pengyu, Wang Zhengming, Chen Yuekun dan Huan Gao di nomor tunggal putra. Di nomor tunggal putri, ada Wang Shixian, Jiang Yanjiao, Chen Xiao Jia, Li Han dan Wang Lin yang kemarin menulis di microbloggingnya mengenai sengketa pulau.

Unggulan teratas sekaligus Jawara Olimpiade, Cai Yun-Fu Haifeng batal tampil bersama tiga ganda putra lainnya, yakni Hong Wei-Shen Ye, Liu Xiaolong-Qiu Zihan dan duo kece Zhang Nan-Chai Biao.

Namun dalam draw terbaru itu, China masih membawa wakil di ganda putri dan ganda campuran. Di ganda putri, ada Cheng Shu-Luo Yu dan unggulan kedua Bao Yixin-Zhong Qianxin. Sementara di ganda campuran, ada Qiu Zihan-Tang Jinhua, Shen Ye-Luo Yu dan unggulan tujuh Tao Jiaming-Bao Yixin. Kabar yang beredar, kelima pasangan China itu akan dinyatakan walkover oleh BWF nantinya, kepastiannya kita tunggu di Jepang Terbuka mendatang.

Taufik unggulan tujuh, Sony jumpa Boonsak

Drawing baru juga membuat pemain Indonesia harus berjumpa dengan lawan yang berbeda dari lawan sebelumnya. Indonesia mengirimkan 6 wakil di Jepang, yang terdiri atas 3 tunggal putra (Simon, Taufik, Sony), 2 ganda putra (Yonathan-Hendra, Kido-Alvent) dan 1 ganda campuran (Rijal-Liliyana).

Berikut ini lawan-lawan baru yang akan dihadapi para pemain Indonesia di arena Tokyo Gymnasium.

  • Simon Santoso naik menjadi unggulan ketiga (sebelumnya unggulan 4 lawannya Rajiv Ouseph), kini berjumpa Jen Hao Hsu dari Taipei.
  • Taufik Hidayat dari nonunggulan naik menjadi unggulan ketujuh (sebelumnya lawannya adalah pemain dari kualifikasi), kini berjumpa Kahsyap Parupalli dari India.
  • Sony Dwi Kuncoro, yang sebelumnya berjumpa Jan O Jorgensen, kini berganti dengan Boonsak Ponsana.
  • Yonathan Suryatama Dasuki-Hendra Aprida Gunawan harus berjumpa Akira Koga-Taichi Saito, namun jika menang, ia harus langsung berjumpa unggulan teratas sekaligus London Silver medalist, Mathias Boe-Carsten Mogensen.
  • Markis Kido-Alvent Yulianto akan berjumpa Takuto Inoue-Yuki Kaneko, sebelumnya Kido-Alvent harus berjumpa Chris Adcock-Andrew Ellis.
  • Muhammad Rijal-Liliyana Natsir tidak mengalami perubahan lawan karena memang tidak ada perubahan (kecuali memang nantinya ada Walkover), lawannya tetap pemain junior Jepang, Ryota Taohata-Ayaka Takahashi.

Pemain China nyatakan mundur dari turnamen ini sebagai bentuk boikot atas sengketa kepulauan Diayou/Senkaku di Laut China Selatan, dimana Jepang secara sepihak menyatakan membeli kepulauan itu, sedang China mengklaim bahwa kepulauan itu sejak dahulu kala merupakan bagi dari wilayah China.

Iklan