Jateng pertahankan Emas Beregu Putra

Dari Gelanggang Remaja Pekanbaru, Tontowi Ahmad cs berhasil menyumbang medali emas nomor Bulutangkis Beregu Putra bagi Kontingen Jawa Tengah di PON ke 18. Bertanding siang hari, Jawa Tengah mengalahkan Jawa Barat yang harus puas dengan medali perak dengan skor agregat 3-1.

Kemenangan Jateng diawali oleh Dionysius Hayom Rumbaka yang menang mudah atas wakil Jabar, Alrie Guna Dharma dengan skor 21-6, 21-7. Jawa Tengah menggandakan keunggulan setelah Pasangan Afiat Yuris Wirawan-Rendy Sugiarto mengalahkan Muhammad Ulinuha-Ricky Karanda Suwardi dengan skor ketat 21-18, 19-21, 21-19.

Jabar sempat menghidupkan peluang saat Andre Marteen menaklukkan pemain pelatnas Shesar Hiren Rhustavito 21-10, 21-17. Di gim pertama, Shesar terlihat tidak fokus dan banyak membuat kesalahan yang tidak perlu sebagai pemain Pelatnas. Tapi, hal ini masuk akal karena kemarin Vito sempat bermasalah dengan lutut kirinya.

Masalah lutut Vito didapatkannya saat ia bermain melawan Andre, tapi bukan di Final, melainkan di perebutan Juara Grup B. Saat itu Vito menang 10-21, 21-13, 21-18. Keluhan sakit itu masih berlanjut di babak Semifinal kemarin, meskipun akhirnya ia memetik kemenangan 17-21, 21-14 dan 21-16 atas Fauzi Adnan.

“Lutut saya masih sakit karena jatuh kemarin. Tapi saya masih berusaha untuk main. Mudah-mudahan bisa ditahan sampai final,” ujarnya setelah pertandingan.

Sementara ketenangan Andre (gambar) tentu patut diapresiasi saat di gim kedua ia bangkit dari ketertinggalan 0-8, bisa balik unggul 11-9 di interval gim kedua dan menutup kemenangan 21-17. Keuletan Andre bahkan bisa membuat Shesar frustasi dan kelimpungan menghadapi Andre, hingga akhirnya partai keempat pun harus dimainkan.

Saat partai keempat itu berjalan, terlihat di kamera TVRI, Andre melihat ke arah court dari depan ruang ganti pemain saat Andhika Anhar/Berry Anggriawan bertanding. Tentu Andre dan Pendukung Jabar mengharap kemenangan Jabar, tapi kenyataan berpihak lain. Jateng langsung mengunci kemenangan lewat pasangan Mohammad Ahsan/Tontowi Ahmad yang mengalahkan Berry-Andhika dengan skor 22-20, 14-21, 21-18.

Jateng pun mempertahankan medali emas yang diraih empat tahun lalu. Di Kaltim, Jateng yang diperkuat Andre Kurniawan Tedjono, Andreas Adityawarman, Rian Sukmawan dan Yonathan Suryatama Dasuki menang 3-0 atas DKI Jakarta yang masih diperkuat Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Rendra Wijaya dan Joko Riyadi.

Beregu Putra Bulutangkis PON ke 18

  • Emas : Jawa Tengah
  • Perak : Jawa Barat
  • Perunggu : DKI Jakarta dan Jawa Timur
Iklan