DKI Jakarta tersingkir di Semifinal

Bulutangkis PON 2012 memasuki babak partai semifinal pada Kamis sore di event beregu. putra maupun putri. Kali ini di nomor beregu putri, Tim Jawa Tengah berhasil lolos ke partai Puncak setelah mengalahkan Juara Bertahan, Tim DKI Jakarta dengan skor 3-0. Di Final, Jateng akan berjumpa tim yang pernah mengalahkan mereka di perebutan Juara Grup lalu, yakni Jawa Barat.

DKI Jakarta yang menurunkan Bellaetrix Manuputty di partai pertama gagal mengatasi penampilan Maria Febe Kusumastuti. Lewat pertarungan tiga gim, Febe menang 21-16, 16-21, 21-16. Di partai kedua, Jateng yang diperkuat Melati Daeva Oktaviyani-Debby Susanto mengalahkan duet Nitya Krishinda Maheswari-Dian Fitriani dengan skor tipis 23-21, 21-19.

Ana Rovita memastikan Jateng lolos ke Final setelah mengalahkan Ganis Nurramadhani dengan 21-9, 21-9. “Saya senang bisa menjadi penentu kemenangan tim Jateng,” ujar Ana dengan senyum bahagia. Dua partai selanjutnya tidak dimainkan karena mulai babak Semifinal sudah menggunakan sistem knockout.

Di PON lalu, DKI Jakarta meraih medali emas setelah mengalahkan Jawa Barat 2-0 di partai Final, namun kali ini sang Juara bertahan harus tersingkir di Semifinal.

Ini tentu mengecewakan suporter DKI Jakarta yang rela memberi dukungan setelah melewati perjalanan panjang menuju Pekanbaru. “Kami datang ke sini naik bus dan menempuh perjalanan darat selama dua hari dua malam. Tujuannya untuk memberikan semangat kepada atlet yang tengah bertanding,” ujar salah seorang pendukung Tim DKI, dikutip dari situs detik.com

Suporter tim DKI itu rela datang ke Riau karena KONI DKI menjanjikan uang saku bagi para suporter yang hadir di Pekanbaru. “Ada uang saku yang dijanjikan oleh KONI daerah,” tambah pria bernama Soni Nasarudin itu.

Di Semifinal lain, Tim Jawa Barat, dipimpin oleh Jawara Indonesia International Challenge, Hera Desi berhasil mengalahkan Tim Jawa Timur yang dimotori oleh Aprilia Yuswandari. Tak ada kesulitan, semua wakil Jabar menang dua gim langsung. Hera Desi mengalahkan seniornya, Aprilia Yuswandari dengan dua gim langsung 21-16, 21-16.

Suci Rizki Andini-Tiara Rosalia Nuraidah mengalahkan Dellis Yuliana-Jenna Gozali dengan 21-13 21-16. Pertandingan ditutup oleh Lindaweni Fanetri yang mengalahkan Tike Arieda Ningrum dengan 21-13, 21-9.

Kemenangan ini tidak diduga oleh Herman Subarjah, Sekretaris Umum PBSI Jawa Barat. “Target kami di beregu putri memang menjadi juara, namun diluar dugaan hari ini kami bisa menang mudah” katanya mengomentari kemenangan Hera Desi dkk.

Partai Final nanti akan berlangsung istimewa, pasalnya Tim Jawa Barat sudah bertemu Jawa Tengah di babak penyisihan Grup P. Di babak Penyisihan Grup lalu, Tim Jawa Barat mengalahkan Jawa Tengah dengan skor 4-1. Satu-satunya Kemenangan Jateng disumbang Rosaria Pungkasari yang mengalahkan Febby Angguni dengan 12-21, 21-18, 21-13. Berikut hasil Penyisihan Grup saat Jawa Barat mengalahkan Jawa Tengah.

  • Hera Desi Ana R vs Maria Febe Kusumastuti 21-18, 21-13
  • Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah vs Debby Susanto/Melati Daeva O 21-19, 21-19
  • Linda Wenifanetri vs Anna Rovita 21-12, 21-16
  • Devi Tika Permata Sari/Komala Dewi vs Annisa Saufika/Gloria E Widjaja 21-13, 19-21, 21-16
  • Feby Angguni vs Rosaria Y Pungkasari 21-12, 18-21, 13-21

Namun kekalahan Jawa Tengah saat itu tentu bisa jadi merupakan strategi karena mengalahkan Jawa Barat dengan atlet-atlet muda berbakat tidak mudah. Sehingga lebih baik melawan DKI Jakarta yang materi pemainnya lebih berimbang dengan Jateng.

Besok di babak Final, Jawa Barat lebih difavoritkan untuk meraih medali emas, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa Jawa Tengah yang akan meraih medali emas. Siapa yang menang? Lihat di TVRI.. TVRI memulai siaran di Antar Gelanggang pukul 15.00 WIB, Finalnya pukul 14.00 WIB..

Iklan