Ahsan-Bona cerai, Hendra Setiawan jadi Orang Ketiga

Kabar mengejutkan datang dari Pelatnas Cipayung. Wakil Ganda Putra Indonesia di Olimpiade London 2012, Muhammad Ahsan-Bona Septano dipastikan tidak berpasangan lagi pasca kegagalan mereka meraih medali di Olimpiade. Dan Hendra Setiawan lah yang diperkirakan akan menggantikan Bona Septano menjadi pasangan Ahsan.

Menurut Herry IP, Pasangan Emas SEA Games ini memilih untuk berpisah dan melanjutkan karir bulutangkis mereka masing-masing dengan pasangan baru. “Ini adalah keputusan dari masing-masing pemain, baik Ahsan maupun Bona menyadari bahwa mereka tidak dapat berkembang lagi jika masih berpasangan. Lebih baik keduanya mencari pasangan baru untuk meraih prestasi yang lebih baik,” ujar Herry dikutip dari situs PB PBSI.

Di Olimpiade lalu, Ahsan-Bona membuat sejarah baru tidak membawa medali dari nomo ganda putra, dimana sejak dipertandingkan di Olimpiade, ganda putra Indonesia selalu menyumbang medali bagi Kontingen Merah Putih. Namun, penampilan mereka di Olimpiade memang sudah penampilan mereka yang maksimal, Bona mengungkapkannya lewat account twitternya @bona_septano.

“@bona_septano : Saya minta maaf buat masyarakat indonesia blm bs ngasih medali..tp saya udh berjuang maksimal & habis2an..makasih buat semua dukungannya..”

Herry sendiri belum mengetahui pasangan dari Bona maupun Ahsan pasca bercerai, menurutnya soal pasangan pengganti baru akan dibahas pasca Libur Lebaran. “Soal Ahsan-Bona berpisah itu sudah pasti, mengenai hal yang lain seperti pasangan baru, turnamen yang akan diikuti dan sebagainya, akan kami bicarakan lagi setelah libur Lebaran selesai” kata Herry dikutip dari situs PBSI.

Tapi di kalangan BL, sudah santer beredar kabar bahwa pengganti dari Bona adalah Hendra Setiawan yang mengumumkan telah bercerai dengan Markis Kido, kakak Bona Septano. Kabar ini bahkan sudah dimuat oleh media Malaysia, thestar.com. Inilah mengapa saya menyebut Hendra sebagai orang ketiga dibalik pecahnya duet Pasangan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2011 itu.

Kejadian ini mirip dengan pecahnya duet Fran-Pia jelang SEA Games lalu. Saat itu, Pia diduga tidak terlalu bisa mengimbangi permainan Fran, sehingga sang pelatih, Richard Mainaky membubarkan pasangan yang sempat menjadi pahlawan Indonesia di Piala Sudirman 2011. Pasca Bubarnya duet ini, Fran dipasangkan dengan Shendy Puspa yang kini stagnan penampilannya, sedangkan Pia yang sempat lama menganggur akhirnya memutuskan keluar dari Pelatnas. Langkah nyata Pia buktikan dengan menjuarai dua gelar di Vietnam Open GP 2012 lalu.

Lalu akankah Bona akan bernasib sama dengan Pia, akan dianggurkan di Pelatnas jika benar bahwa Ahsan akan dipasangkan Hendra Setiawan? Tentu PBSI jangan sampai mengulang kesalahan yang terjadi pada Pia kepada sang kakak, Bona Septano. Jika Ahsan dapat pasangan, harusnya Bona juga mendapatkan, sehingga tidak ada kesan ‘dianggurkan’.

Duet Hendra-Ahsan sebelumnya sudah pernah dilakukan di turnamen beregu Piala Sudirman 2009 dan Piala Aiata 2012. Di Piala Sudirman 2009, Hendra-Ahsan memaksa rubber Cai-Fu dengan 10-21, 21-19, 12-21 (saat itu MKY memaksa rubber Yihan) di babak Penyisihan Grup B. Sementara di Semifinal, Hendra-Ahsan kalah dari Jung-Lee dengan 9-21, 19-21.

Di Piala Axiata, Hendra-Ahsan diturunkan dua kali, yakni di babak Penyisihan Grup dan babak Semifinal. Di Penyisihan Grup, Hendra-Ahsan mengalahkan pasangan Malaysia Teo Ee Yi/Nelson Heg Wei Keat, 21-7, 21-15. Saat itu, Hendra mengaku sudah terbiasa berpasangan dengan Ahsan meski bukan pasangan aslinya. “Walau bukan pasangan tetap, namun di latihan saya dan Ahsan sudah biasa berpasangan,” tutur Hendra.

Sementara di Semifinal, Hendra-Ahsan mengalahkan ganda muda Malaysia, Lim Kim Wah/Goh V Shem dengan 21-17, 21-17 di leg pertama. Sementara di leg kedua, Hendra-Ahsan harus dibuat gemetar dengan kemenangan dramatis 24-22, 22-20 atas Lim-Goh.

Iklan