Vera masuk, Firda ketahuan ‘manja’

Setelah Pelatih asing penghuni Pelatnas, Wong Tat Meng meninggalkan Cipayung, PBSI pun merekrut mantan Juara Dunia 1980, Verawati Fajrin sebagai Pelatih Tunggal Putri di Pelatnas Cipayung. Hal itu dipastikan ketika Mbak Vera terlihat datang ketika PBSI mengadakan acara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, 19 Juli lalu.

Namun masuknya Vera mendapat sambutan yang kurang baik dari para punggawa tunggal Putri Pelatnas Cipayung. Ini terlihat ketika Pebulutangkis yang akan mewakili Indonesia ke Olimpiade 2012, Adrianti Firdasari mengeluarkan tweet di hari yang sama saat Vera pertama kali melatih.

“Baru hari pertama aja udah banyak ngomong jadi males ūüė¶ , gimana nanti huffft…”,¬†begitulah tweet yang dikeluarkan pada 9 Juli lalu. Tweet ini pun di Retweet oleh pebulutangkis putri lain, Bellaetrix Manuputty. Dari tweet itu, berarti dapat kita simpulkan bahwa zamannya Wong Tat Meng, pelatih tunggal putri sebelumnya, pemain putri kita terlalu dimanjakan.

Bahkan terlihat di beberapa pertandingan, Wong selalu membawakan tas Firdasari ketika terjadi pergantian gim (tempat juga berganti). Perilaku seperti ini yang tidak mendidik sebenarnya karena membuat atlet serasa dimanja, justru saya sangat mendukung dengan omelan-omelan yang pertama kali diberikan Mbak Vera, ini bisa menjadi pemicu untuk perubahan di tunggal putri sehingga mental mereka bisa terbentuk.

Istri Nova Widianto, Tante Eny Widyowati menanggapi tweet Firda itu, tapi Firda malah membalasnya dengan kata-kata seperti ini.¬†@firdasari86¬†:¬†Males bgt deh ka bkn BT agghhhh RT¬†@e_widyowati:¬†@firdasari86¬†aku tau yg km maksud..hihihihihi”.

Makin terlihat lah mental buruk Firdasari, jika hanya mendapat omelan saja cara menanggapinya sudah seperti itu, mendapatkan medali itu rasanya sulit, atau bahkan mustahil sekali. Jadi lebih baik kita jangan berharap Firda meraih sekeping medali, fokuskan saja berdoa untuk medali emas bagi Tontowi-Liliyana (Fokus berdoa akan satu hal, hasilnya lebih baik).

Ketika dahulu Maria Kristin mampu meraih medali, itu karena memang ia sudah menunjukkan perfoma yang baik di beberapa turnamen sebelum Olimpiade, seperti sudah seringnya Maria mengalahkan unggulan dan sempat mencapai Final turnamen Superseries Indonesia Terbuka 2008. Berbeda dengan Firdasari yang setahun belakangan nyaris semuanya tersingkir di babak pertama, ditambah dengan cedera yang sempat menimpanya, saya rasa lolos dari Penyisihan Grup di Olimpiade nanti sudah pencapaian yang luar biasa.

Pengalaman dilatih oleh Verawati Fajrin bukan hal pertama bagi Firda, karena dulu Mbak Vera pernah melatih di Pelatnas awal tahun 2000 (Firda masuk pada 2002). Dan kemungkinan mental Maria Kristin Yulianti juga merupakan hasil didikan Mbak Vera. Mbak Vera sendiri sempat terlibat konflik sehingga memutuskan keluar dari Pelatnas tahun 2003.

Masuknya Vera melatih tunggal putri Pelatnas ini rasanya menjadi jawaban dari pihak Djoko Santoso saat melakukan debat dalam acara Today’s Dialogue Metro TV mengenai Mundurnya Prestasi Bulutangkis Indonesia. Saat itu Mbak Vera sedikit menyinggung masalah Pelatih asing yang direkrut padahal Indonesia punya banyak sekali Pelatih yang berkualitas.

Saat itu Pak Dkoko pun menantang, jika anda bisa menanggung medali emas Olimpiade, anda saya jadikan pelatih. Akhirnya Mbak Vera pun direkrut menjadi pelatih, tetapi ia mengisyaratkan agar ia tak mau diintervensi dalam melatih, alhasil Wong Tat Meng lah yang ‘disisihkan’ oleh PBSI. Khusus untuk Li Mao, ada kabar beberapa atlet mengatakan bahwa ia meninggalkan Pelatnas, tetapi pihak PBSI sendiri menyangkal dengan menyebutkan bahwa Li Mao pulang ke China karena mengunjungi ayahnya yang sakit dan meninggal.

SMSL jadi Foto profil Chan Peng Soon

Chan Peng Soon

Save Malaysia Stop Lynas (SMSL) menjadi foto profil dari pebulutangkis Malaysia peraih gelar Malaysia Grand Prix Gold 2012, Chan Peng Soon. Chan akan mewakili negeri jiran untuk berlaga di nomor ganda campuran pada Olimpiade London 2012.

Di account facebooknya yang beralamat di http://www.facebook.com/chan.chan.33, Peng Soon memasang logo SMSL sebagai foto profilnya. Ini mungkin bentuk dukungan terhadap kampanye yang sejak awal tahun ini marak di Malaysia yakni SMSL.

Apa itu? SMSL adalah kampanye menolak perusahaan Lynas yang akan menambang mineram bumi di pantai timur Malaysia karena masyarakat Malaysia menganggap Lynas tidak profesional dalam menambang mineral bumi. Terbukti beberapa tahun lalu IAEA menyatakan Lynas tidak memiliki program manajemen limbah jangka panjang yang komprehensif serta Lynas juga tidak memiliki sebuah rencana untuk membongkar penyulingan bila tidak lagi beroperasi. Inilah yang membuat khawatir masyarakat yang bisa terancam kesehatan dan keberlangsungan hidupnya.

Untuk diketahui saja, penambangan mineral langka ini pernah meenyebabkan terjadinya kasus penyakit leukemia di tahun 1992 di daerah Perak. Mungkin menjadikan foto Profil dalam account facebooknya akan membuat para fans Ayah kelahiran 27 April 1988 itu mendukung gerakan masyarakat Malaysia itu. Sebenarnya Indonesia juga bisa terkena dampak langsung dari radiasi radioaktif apabila terjadi kebocoran penambangan mineral bumi yang tidak profesional, jadi kita sebaiknya mendukung gerakan ini meskipun terkadang kalo mendukung Malaysia itu dalam hati nyesek karena mereka sering nyolong punya kita. Yang perlu diingat, Eksplorasi bumi memang perlu dilakukan, tetapi harus dengan aman dan ramah lingkungan. Kalo tidak, teman-teman kita yang tertimpa musibah Lumpur Lapindo sudah merasakannya..

Ahsan Mimisan?

Pebulutangkis ganda putra pasangan dari Bona Septano, Muhammad Ahsan kamis lalu diberitakan sempat mengalami mimisan setelah dilaksanakannya ziarah dan pelepasan atlet bulutangkis ke Olimpiade 2012 di TMP Kalibata. Berita itu diketahui dari tweet yang dikeluarkan oleh @mrsbirama disertai foto itu.

“Ahsan sebelon mimisan, hayo kak¬†@greyspolii¬†, loe apain sik sampe doi mimisan?¬†#kaburperlahan¬†http://instagr.am/p/NQ0lxyMvYV/, tweet itu memuat Greysia Polii yang berada sebelahan dengan Ahsan dalam foto sebelum Ahsan mimisan.

Kemungkinan Ahsan mengalami mimisan karena selain kegiatan latihan keras yang dijalaninya, suhu panas saat dilakukannya upacara pelepasan Tim Bulutangkis ke Olimpiade di TMP Kalibata mungkin juga mempengaruhinya. Ini menandakan bahwa daya tahan tubuhnya menurun.

Ahsan juga sempat mengalami mimisan saat ia berada di Birmingham, kemungkinan karena perubahan suhu. Ahsan beberapa kali mengalami mimisan di pagi hari, kondisi seperti itu yang membuatnya membatalkan dirinya untuk tampil di Swiss Open Grand Prix Gold 2012, bulan Maret lalu. Ini menjadi peringatan bagi para pemain Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade agar dapat menyesuaikan dengan suhu di London yang pastinya berbeda dengan Jakarta, meskipun saat ini disana sedang musim panas.

Fran Kurniawan side job nya di Semanggi

Pemain ganda campuran, Fran Kurniawan Teng sekarang sedang menggeluti kesibukan baru diluar bermain bulutangkis, yakni menjual pempek Palembang, makanan tradisional daerahnya. Pada 20 Juli lalu, ia membuka sebuah boot di Plaza Semanggi untuk menjual Pempek Awan Palembang.

Bahkan untuk mempromosikannya, ia mengiming-imingi Jawara All England Tontowi Ahmad lewat tweet yang dikeluarkannya,¬†“@fran_kurniawan : @owixs_187¬†di mampirin ya bro..di jamin olimpik bawa pulang emas aminn hahhaha..”.¬†bahkan Fran membuat tweet yang menyatakan jika Owi membawa pulang emas, nanti akan ada pesta Pempek Awan kepunyaan Fran.

“@fran_kurniawan :¬†@owixs_187¬†aminnn..emas olimpic pesta¬†@pempek_awan¬†,bagi penggemar¬†@owixs_187¬†freee di traktir¬†@owixs_187¬†hehhe”

Booth di Plaza Semanggi itu terletak di Lantai 9 dan dibuka mulai 20 Juli lalu sampai 17 Agustus mendatang, pada pukul 17.00 – 24.00 WIB. Ini merupakan bagian dari program¬†“Kampung Jajanan Semanggi” yang dilaksanakan oleh Pihak Plaza Semanggi. Disana, Fran mengaku menjadi pelayannya sendiri loh.. Seperti tweet yang dikeluarkannya saat akan pergi ke Semanggi.

“@fran_kurniawan : Otw sky dinning semanggi 9th floor..jd pelayan PEMPEK AWAN dulu‚ėļ..ayo siapa yg mau coba,silakan mampirrrr..di tunggu kedatangannya”.¬†Promosi di account twitternya itu terlihat sukses. Istri Nova Widianto, Eny Widyowati bahkan sudah memesan.¬†“@fran_kurniawan :¬†@e_widyowati¬†ok bsk pagi uda siap..tq pesenannya”.

Ayo bagi teman-teman yang kebetulan berada di sekitar Semanggi atau yang pengen ketemu koh Fran, datengin tuh booth. Makan Pempek sambil dilayani pebulutangkis cakep… hahahaha…

Pia sakit di hari pertama Puasa

Mantan pemain Pelatnas, Pia Zebadiah ternyata sakit saat menjalani hari pertama puasa kemarin. Adik dari Markis Kido ini mengeluarkan tweet lewat account twitternya, @bernadetttt¬†:¬†Lemessnya..puasa pertama udh skt aja (ňėŐ©Ő©Ő©~ňėŐ©Ő©Ő©)”

Kadang memang hari-hari pertama puasa membuat kita sakit karena yang biasanya terbiasa makan banyak harus kelaparan, dan malah jatuh sakit. Dari tweet yang keluar, Pia mengaku sakit radang flu berat. Namun disaat ia sakit, apalagi bulan puasa, mbak Pia ini dimention orang dengan sinis loh..

@bernadetttt¬†:¬†Ajarin dong biar pinter n cantik ky km ( É∆™ňėňėÔĽ¨) ~‚ô• @Jessica_Putri23: Keputusan yg #BODOH dan #TOLOL yg dilakukan si @bernadetttt keluar dr pelatnas @infobulutangkis @bulutangkisRI @BulutangkisNews”.

Tweet yang dikeluarkan oleh account @Jessica_Putri23 itu makin parah ketika juga memention beberapa account grup bulutangkis. Tak hanya satu itu saja, tercatat ada 4 tweet yang menyinggung Pia yang keluar Pelatnas. Well, tweet Jessica Putri yang mengungkapkan jika saja mbak Pia gak keluar Pelatnas, ia bisa tampil di London itu menurutku sangat salah.

Pia mungkin tidak ingin keluar Pelatnas, dulu mungkin London juga menjadi mimpinya, apalagi saat dicerai oleh Richard ia berperingkat 9 Dunia dan sebenarnya potensial untuk tampil di London. Keputusan Richard itu lah yang disayangkan, setahun jelang Olimpiade pasangan yang seharusnya tampil mendampingi Tontowi-Liliyana harus dicerai.

Saat itu Fran dipasangkan dengan Shendy yang hingga kini prestasinya juga tidak terlalu bagus di kancah Superseries, Pia dulu klontang klantung di Pelatnas tanpa pasangan, jadi kalo Pia keluar mungkin itu bentuk ia mempertahankan harga dirinya.

Libur, Atlet Pelatnas isi dengan berbagai kesibukan

Harapan emas Indonesia, Tontowi Ahmad mengisi hari pertama Ramadhan dengan melakukan tarawih di rumah pacar. Hal ini terlihat ketika ia membalas tweet @adhisastro11. @owixs_187¬†:¬†@adhisastro11¬†lgi di rmh ce gw nih mau trawih,lo dimn??”.

Hari pertama Ramadhan memang Pelatnas meliburkan para atletnya. Jika Owi yang berusia 25 tahun beberapa hari lalu itu memilih menghabiskan Puasa pertama bersama Michelle (padahal puasa loh, jaga jarak jaga pandangan), berbeda dengan Agripinna Prima Rahmanto Putra.

Di Hari pertama ini, Agri ternyata berbuka dengan Mie Gleser, Hal ini diketahui ketika ia menjawab mention salah seorang followersnya, @gragri_¬†Mie gleser ^^, tau?¬†@AzharRtg:¬†@gragri_¬†menu brbukanya apa ni bg?”.¬†Mie Gleser tahu gak? Itu tuh Mie yang dari sagu, tebal tuh mie nya jadi kalo makan bikin kenyang. Ketika dimakan legit-legit gitu… Sementara Berbuka pada Minggu dini hari, menu nya adalah sayur opor.

Agri sendiri kemungkinan tidak akan berpuasa penuh 30 hari karena tuntutan latihan yang dibebankan kepada tiap atlet, meskipun turnamen yang akan ia ikuti masih sebulan lagi, yakni Vietnam GP Open 2012 dimana tahun lalu Angga-Ryan dan Anneke-Nitya berhasil juara, akankah Gra Gri menang??.

Sementara sparring partner Owi-Butet, Muhammad Rijal lewat account twitternya @rijal86cr9 mengaku sedang packing, kemungkinan ia packing karena Senin dini hari nanti akan berangkat ke London, meski sebagai sparring partner Owi-Butet saja. Sebenarnya nih, M. Rijal dan Vita Marissa dulu menjuarai Jepang Terbuka 2008, lah Rijal itu disiapin jadi pengganti Flandy Limpele. Tapi karena Vita memilih keluar Pelatnas pada 2009, impian Richard Mainaky pun pupus. Rijal pun ganti pasangan dengan Debby Susanto dan diharapkan ikut mendampingi Owi-Butet, tapi di penutupan poin mereka tak sampai di 10 besar. Aduh, harusnya Rijal tahun ini ikut berlaga, bukan hanya sparring partner.

Iklan