Jepang mendominasi

Kejuaraan US Open GP Gold 2012 yang digelar di Loss Angeles didominasi oleh para pebulutangkis Jepang di Babak Final. Tercatat, Jepang memiliki 6 wakil disusul Rusia 2 wakil. Sedangkan tuan rumah memiliki ganda gado-gado, Tony Gunawan yang berpasangan dengan pemain Indonesia, Vita Marissa.

Vita Marissa sendiri turun di dua nomor, yakni ganda campuran dan ganda putri, tetapi ia hanya lolos ke Final Ganda Campuran setelah di nomor tunggal putri, Vita Marissa-Mona Santoo kalah dari unggulan kedua asal Rusia, Nina Vislova-Valeri Sorokina dengan dua gim langsung 15-21, 19-21.

Di Nomor ganda campuran, Tony Gunawan dan Vita Marissa mengalahkan Howard Bach-Eva Lee dengan skor telak 21-13, 21-7. Di babak Final, Tony-Vita akan bertemu pasangan Jepang, Kenichi Hayakawa-Misaki Matsumoto yang mengalahkan unggulan kedua asal Kanada, Toby Ng-Grace Gao dengan 21-18, 15-21, 21-19.

Selain Hayakawa-Matsumoto itu, Jepang memiliki 5 wakil lain, dan salah satunya terjadi All Japanese Final di nomor ganda putra. Andalan tuan rumah, Tony Gunawan-Howard Bach gagal ke Final setelah kalah dari unggulan pertama Hiryoku Endo-Kenichi Hayakawa dengan 19-21, 14-21. Endo-Hayakawa akan bertemu rekannya, Yoshiteru Hirobe-Kenta Kazuno di Final.

Wakil Jepang lain adalah Takuma Ueda di tunggal putra, Kaori Immabeppu di tunggal putri dan Misaki Matsumoto-Ayaka Takashihi di nomor ganda putri. All Japanese Final sebenarnya nyaris terjadi di nomor tunggal putra, sayang Richi Takeshita dikalahkan Vladimir Ivanov dengan 16-21, 11-21. Tetapi harapan meraih gelar masih ada lewat Takuma Ueda yang di babak Semifinal mengalahkan Tan Chun Seang dari Malaysia dengan 21-16, 21-12.

Menonton Bae Seung Hee di TVRI

Dari Surabaya, Indonesia dan Korea menjadi dua negara yang mendominasi Final VICTOR Indonesia International Challenge 2012. Korea mengirim 3 wakil di tiga nomor berbeda sedangkan tuan rumah memiliki 7 wakil. 3 Wakil Korea itu adalah Bae Seung Hee di nomor tunggal putri, Lee Jae Jin-Yoo Hyun Young di ganda campuran dan Lee Se Rang-Yoo Hyun Young di ganda putri. Yang paling kita tunggu adalah penampilan Bae Seung Hee yang bangkit dari cedera yang menimpanya tahun lalu.

Khusus Tunggal Putri memang permainannya didominasi oleh reli-reli panjang yang menguras tenaga, apalagi ini nomor tunggal yang memiliki ciri khas footwork untuk mengcover seluruh lapangan. Kemungkinan cedera sangat terbuka di nomor tunggal, apalagi tunggal putri. Sebut saja pemain-pemain terkemuka seperti Bae Seung Hee ini, Maria Kristin maupun Wong Mew Chow yang harus rehat untuk mengobati cederanya.

Bae Seung Hee tampil sebagai non unggulan di turnamen ini, di babak Semifinal kemarin Bae mengalahkan unggulan pertama sekaligus andalan Indonesia, Bellaetrix Manuputty dengan 21-19, 21-14. Di Perempat Final, ia mengalahkan Ratu Sirnas, Febby Angguni dengan skor telak 21-14, 21-9. Penampilannya kali ini pasti sungguh dinantikan. Lawannya di Final adalah unggulan kedua andalan Pelatnas yang tersisa, Desi Hera yang di semifinal lain mengalahkan Mazziyah Nadhir dengan 14-21, 27-25, 21-19.

Final VICTOR Indonesia International Challenge 2012 akan disiarkan langsung oleh TVRI pada pukul 15.00 WIB, ini menurut kabar yang beredar di dunia maya. Tetapi menurut informasi yang menyiarkan itu adalah TVRI Nasional, bukan TVRI stasiun daerah, sedangkan sekitar pukul 15.00 WIB biasanya adalah waktu untuk TVRI stasiun daerah, kalo TVRI Jatim mungkin nyiarkan, tetapi bagaimana stasiun daerah lainnya??. Semoga jam segitu TVRI Nasional yang menyiarkan lah, butuh siaran bulutangkis. Kita pantengin aja TVRI dulu ya… kangen Bae…

Ini baru mental Juara

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Yonathan Suryatama Dasuki-Hendra Aprida Gunawan menampilkan permainan cemerlang di babak Semifinal VICTOR Indonesia International Challenge 2012. Melawan pasangan Korea yang merupakan peraih medali perunggu Olimpiade Beijing, Lee Jae Jin (saat itu dengan Hwang Ji Man) yang berpasangan dengan Heo Hoon Hoi, Yonathan-Hendra mampu menahan nyaris 7 gim poin untuk menang.

Di Gim pertama, Yonathan-Hendra selalu tertinggal namun bisa menyamakan kedudukan hingga menang 22-20. Di gim kedua, mereka sudah terlihat kalah, karena poin menunjukkan ketertinggalan 13-20 namun pelan tapi pasti, pasangan yang dipasangkan baru sebulan ini mampu menyamakan kedudukan 20-20 hingga memenangkan pertandingan dengan 23-21, mereka ke Final sekaligus mematahkan asa Korea untuk meraih gelar di nomor ini. Hendra-Yonathan di Perempat Final kemarin mengalahkan unggulan pertama, Gideon Markus Fernaldi-Agripinna Prima Rahmanto Putra.

Di Final, Hendra-Yonathan akan menantang unggulan kedua, Ricky Karanda Suwardi-Muhammad Ulinnuha yang di semifinal lain mengalahkan Andre Adistia-Christoper Rusdianto dengan 21-10, 21-16. Final sesama Indonesia ini sekaligus memastikan gelar di nomor Ganda Putra.

Final sesama Indonesia juga terjadi di nomor tunggal putra dimana unggulan pertama Alamsyah Yunus yang berulang tahun 7 Juli hari ini akan melawan atlet Pelatnas, Wisnu Yuli Prasetyo di Final pada hari ini. Alamsyah kemarin mengalahkan Muhammad Arif Abdul Latief dari Malaysia dengan 25-23, 21-14 dengan durasi 35 menit.

Iklan