Koukal Jadi yang Pertama

Tim Bulutangkis Republik Ceko menjadi yang pertama memilih pebulutangkis sebagai flag bearers dalam parade negara di Kejuaraan tertinggi Olimpiade 2012. Petr Koukal menjadi pembawa bendera Ceko di Pembukaan Olimpiade 2012 pada 27 Juli mendatang.

Koukal sendiri nyaris gagal tampil di Olimpiade London 2012, pasalnya berdasarkan Ranking per 3 Mei, ia hanya duduk di peringkat 70 sebagai Cadangan Kedua di nomor tunggal putra. Tapi ternyata dua pemain yang seharusnya lolos ke London, yakni Eric Pang dan James Eunson memutuskan tidak tampil di Olimpiade, keuntungan diperoleh Koukal, Ia akan berangkat ke London. Kebahagiaannya bertambah ketika Negaranya memilih ia menjadi pembawa bendera di Olimpiade mendatang.

“Hari ini saya secara resmi ditunjuk sebagai pembawa bendera dari Tim Ceko pada upacara pembukaan di Lodnon! Sulit untuk menjelaskan perasaan saya sekarang … ini sangat berarti bagi saya setelah semua momen-momen sulit dalam dua tahun terakhir. Terima kasih atas dukungan Anda,” ujar Koukal di account facebooknya.

Meski ia hanya sebagai pemain yang berangkat melalui jalur wildcard dan tidak diperhitungkan, tetapi tampil di ajang terbesar Olimpiade adalah sebuah dambaan bagi setiap atlet, apalagi mempersembahkan medali. Negara yang maju olahraganya diukur dengan seberapa banyak atlet mereka yang terkualifikasi ke Olimpiade. Di Bulutangkis, Ceko mengirim 2 atlet, yakni Petr Koukal di nomor tunggal putra dan Kristina Gavnholt di nomor tunggal putri.

Koukal menyewa pemain Indonesia, Budi Santoso untuk menjadi pelatih sekaligus sparring partner pribadinya. Itulah salah satu bentuk keseriusannya untuk Bulutangkis. Mengapa ia mendatangkan dari Indonesia, Petr mengungkapkan bahwa Indonesia adalah “capital of badminton”.

Dibalik sosok tinggi dan gahar dari seorang Petr, ada kisah inspiratif dimana ia menganggap bulutangkis adalah membantunya dalam pemulihan dari penyakit berat. Yah, kata-katanya di status facebooknya tentang dua tahun terberatnya memang benar, ia pernah menderita kanker, kanker prostat tahun 2010 lalu, namun dengan penanganan dan terapi, ia sukses sembuh.

Btw, ini kata guru Biologi gue (duaribuan.wordpress.com) kalo cowok setidaknya harus kencing jongkok, Rosulullah SAW pernah kencing jongkok loh, jadi jangan anggap cowok yang kencing jongkok itu kecewek-cewekan, sama aja anggep Rosul gitu. Ternyata, kencing jongkok ini menekan prostat jadi menghindarkan dari Kanker. Trus kencing jongkok ini juga menghindari wasir atau kencing terus menerus.

Kembali ke Koukal. Nyaris fokus dengan kanker di tahun 2010 dan memulai 2011 dengan latihan-latihan pasca kesembuhannya itu, baru akhir 2011 ia mengikuti turnamen-turnamen internasional, pencapaian terkualifikasi ke Olimpiade tentu sebuah kebahagiaan. Untuk diketahui saja, ia pernah bertengger di peringkat 38 dunia.

Lewat account twitternya lagi, “bye bye cancer”, Petr mengumumkan pada akhir 2010 bahwa ia bebas kanker. Untuk mengobati kankernya, ia butuh 3 bulan pengobatan dan kemoterapi, namun kebahagian ia dapat ketika ia tahun kanker telah pergi untuk selamanya.  duaribuan.wordpress.com

Ia menuturkan betapa berat hidupnya saat menjalani masa-masa kemoterapi itu. “Butuh tiga siklus kemoterapi. Setiap siklus membutuhkan waktu lima hari. Dua minggu istirahat antara setiap siklus. Dua siklus kemoterapi yang pertama baik, tentu saja aku tidak merasa 100% baik tapi itu tidak sesulit yang saya pikirkan. Saya juga mengikuti Perancis Terbuka saat itu,” ujar Pria kelahiran 14 Desember 1985.

“Kemoterapi terakhir begitu keras. Aku tidak pernah bisa membayangkan bahwa saya akan sangat menderita. Itu adalah hal paling sulit dalam hidup saya. Tidak hanya lima hari itu saja tetapi juga lima hari selanjutnya aku hanya merasa begitu buruk, sakit dan lelah. Aku tahu itu perlu untuk dilakukan dan sekarang saya sangat senang karena sudah berakhir. Itu adalah pengalaman yang sangat sulit, tetapi saya percaya bahwa itu hanya akan membuat saya lebih kuat dan lebih tangguh,” tambah Koukal.

Karena penyakit yang sempat ia derita itu, Koukal yang menjadi duta Solibad ini menyiapkan yayasan yang berkaitan dengan kanker ini. “Saya menyiapkan sebuah yayasan yang akan mengingatkan para pemuda bahwa masalah ini bisa terjadi pada semua orang. Dan bahwa sangat penting untuk pergi ke dokter segera setelah Anda menemukan beberapa gejala … Saya yakin ini bisa menyelamatkan nyawa anda.” duaribuan.wordpress.com

Olimpiade London sangat berarti bagi Petr Koukal karena ia menunjukkan kepada dunia bahwa seorang penderita kanker bisa membawa bendera Olimpiade sebagai atlet. “Olimpiade London adalah sebuah motivasi besar bagi saya untuk kembali ke kehidupan olahraga,” ujarnya dengan penuh percaya diri.

Ternyata masih banyak cerita inspiratif dari para pebulutangkis. Petr adalah orang yang sangat kuat mental bertandingnya, saya yakin itu. Ini tercermin bagaimana mentalnya menghadapi cobaan yang sangat berat ini.Ia Mengalahkan Kanker.

Tiket Bulutangkis Olimpiade 2012

Wembley Arena yang menjadi venue untuk bulutangkis Olimpiade London sudah beberapa bulan lalu mengumumkan harga tiket untuk pertandingan Olimpiade. Harga terendah adalah 90 Poundsterling sedangkan harga termahalnya 230 Poundsterling.

Bulutangkis Olimpiade 2012 dimulai pada 28 Juli – 5 Agustus. Diluar 3, 4 dan 5 Agustus, harga tiket 90 poundsterling, kalo 1 GBP itu IDR 15.000 maka 90 poundsterling 1,35 juta. Standar lah buat balikin modal tuh perbaiki Wembley.

Sedangkan harga khusus diperdagangkan pada 3, 4, 5 Agustus karena saat itu ada pembagian medali. Saat sesi utama pada malam hari (kalo di Jakarta waktu sahur ntar), itu di Wembley ticketnya nyampe 130 Poundsterling (1,95 juta). 4 Agustus sesi malamnya juga 130 Poundsterling.

Tapi untuk hari terakhir pada 5 Agustus ada Gold & Bronze Medal Match di men’s event (single & double). Saat itu harga tiketnya mencapai 230 Poundsterling (3,45 juta). Sumbernya dari http://www.olympicticket.info

