Junior tak tampil Maksimal

Pebulutangkis Junior Indonesia yang tampil di babak Perempat Final Mixed Team Kejuaraan Asia Junior 2012 dikalahkan oleh Tim Jepang dengan skor 0-3. Pagi hari sebelumnya, Tim Junior Indonesia berhasil memastikan diri sebagai Juara Grup B setelah menang atas Taipei 4-1.

Minggu pagi, Tim Junior Indonesia menantang Taiwan untuk memperebutkan Juara Grup B setelah di hari Sabtu sama-sama Menang 5-0 atas Singapura dan Menang WO atas Mongolia. Menghadapi Taiwan, Indonesia menurunkan susunan tim berbeda, terutama menyimpan Shesar Hiren Rhustavito dan Hanna Ramadhini untuk Perempat Final.

Alih-alih menyimpan Shesar, Taiwan malah mampu mencuri poin lewat nomor tunggal putra, saat Wang Tzu Wei yang juga merangkap bermain rangkap di ganda campuran berhasil mengalahkan Arief Gifar Ramadhan di partai kedua. Berikut hasil lengkap Indonesia vs Taipei : 4-1

  • XD : Alfian Eko Prasetya-Shella Devi Aulia [INA] bt Wang Chi Lin-Chen Szu Yu [TPE] : 16-21, 21-11, 21-15
  • BS : Arief Gifar Ramadhan [INA] defeated by Wang Tzu Wei [TPE] : 19-21, 17-21
  • BD : Arya Maulana Aldiartama-Edi Subaktiar [INA] bt Wang Chi Lin-Wu Hsiao Lin : 22-20, 21-12
  • GS : Setyana Mapasa [INA] bt Lin Ying Chun [TPE] : 21-16, 21-10
  • GD : Melati Daeva Oktavianti-Rosyita Eka Putri Sari [INA] bt Chen Szu Yu-Chen Ting Yi [TPE] : 21-10, 21-19

Ditanya mengenai kekalahannya atas Tunggal Taipei itu, Arif Gifar mengatakan bahwa ia merasa tegang karena baru pertama kali bermain di pertandingan beregu. “Saya kurang bisa mengontrol bola, selain itu saya juga merasa tegang karena baru pertama kali main beregu”, ujar pria yang berulang tahun tiap 9 Februari ini di situs PB PBSI.

Kegugupan bermain untuk pertama kali di event beregu juga sempat terlintas dari Arya Maulana Aldiartama yang dipasangkan dengan Edi Subaktiar menyumbang poin melawan Taipei.  “Awalnya kami merasa blank, tegang juga karena ini pengalaman pertama main di pertandingan beregu” kata Arya dikutip dari situs PB PBSI.

Kemenangan Setyana Mapasa memastikan Indonesia tampil sebagai juara Grup B dan menghindari Tim China yang menjadi Juara Grup D. Namun bertemu Tim Jepang yang menjadi Runner Up Grup D di Perempat Final Mixed Team Kejuaraan Asia Junior 2012, ternyata juga tidak menguntungkan, karena Indonesia takluk 0-3. Berikut hasil pertandingan Jepang vs Indonesia yang digelar Minggu Sore di Gimcheon.

  • BD : Takuto Inoue/Yuki Kaneko [JPN] bt Arya Maulana Aldiartama-Edi Subaktiar [INA] : 21-9, 21-10
  • GS : Nozomi Okuhara [JPN] bt Hanna Ramadhini [INA] : 21-9, 21-15
  • BS : Kento Mamota [JPN] bt Shesa Hiren Rhustavito [INA] : 21-19, 21-15

Awalnya, pasangan Arya-Edi yang turun di partai pertama diharapkan mampu menyumbang poin karena Indonesia tidak bisa berharap di nomor tunggal, dimana Okuhara dan Mamota lebih unggul, terutama dari segi jam terbang. Arya-Edi malah kalah telak atas Inoue-Kaneko. “Kami sulit mengeluarkan semua kemampuan kami dan tidak tahu kenapa. Lawan juga pertahanannya rapat sekali, mereka juga bagus di bola-bola depan”, kata Arya di situs PB PBSI.

Asia Youth U- 19 Championships 2012 ; Hanna Ramadini

Hana pun demikian, sempat memimpin 11-7 di gim kedua, ia mengaku panik dan tidak tahu harus bagaimana melawan putri Jepang yang ulet ini, hingga ia terkejar dan kalah atas Okuhara yang juga mengalahkannya di Kejuaraan Dunia Junior tahun lalu.

Ketegangan mungkin menjadi alasan utama para pemain Indonesia kalah dari Jepang, hal ini dituturkan oleh Yacob Rusdianto. Yacob menyebut bahwa ketegangan bisa membuat permainan mereka tidak keluar saat di lapangan.

Kecuali China, Semua Jawara Grup tersingkir

Dari babak Perempat Final Mixed Team Kejuaraan Asia Junior 2012, Semua Jawara Grup kecuali Tim China tersingkir di Perempat Final Mixed Team Kejuaraan Asia Junior 2012. Juara Grup A sekaligus kuda hitam, Hongkong kalah 2-3 atas Korea, Juara Grup B Indonesia kalah dari Jepang 0-3, Juara Grup C Thailand kalah 1-3 atas Malaysia sedangkan China yang menjadi Juara Grup D menang 3-0 atas Taipei.

Ada sedikit kecurigaan gue mengenai Tim Korea. Mereka memiliki kans besar menjadi Juara Grup C kala itu, namun mereka kalah 2-3 dalam perebutan Juara Grup melawan Thailand. Namun ketika mereka menjadi Runner Up Grup C, mereka ditempatkan di poll atas dan terhindar dari China sampai di Final, sedangkan Juara Grup D ditempatkan di poll bawah yang diperkirakan bertemu China di Semifinal. Strategi mereka cukup berhasil, Korea pun melaju ke Semifinal Kejuaraan Asia Junior ini mengalahkan Hongkong 3-2 di Perempat Final sekaligus terhindar dari China sampai Final nanti. Hal ini terlihat seperti kecurangan Tim Korea di Piala Thomas Jakarta 2008.

Malaysia sendiri mendapatkan tiket ke Perempat Final setelah menang 4-1 atas India di penyisihan Grup A dengan skor 3-2. Menjadi Runner Up Grup A, Malaysia bertemu Juara Grup C, Thailand. Melawan Thailand, Malaysia menang 3-1 sekaligus ke Semifinal bertemu China. Meski lawan berat, Malaysia sudah memastikan satu perunggu di Kejuaraan ini (setidaknya kekhawatiran Zulfadli Zulkifli terobati).

Di Babak Semifinal, Korea akan bertemu Jepang sedangkan Malaysia bertemu China. Pertandingan berlangsung pukul 14.00 waktu Gimcheon atau pukul 12.00 WIB. Prediksinya, Jepang mungkin akan bertemu kembali dengan China di Final.

Pembalasan di Individual event

Kegagalan bertanding di partai beregu, Tim Indonesia bertekad meraih medali emas di nomor perorangan. Hal ini juga didukung oleh draw yang menempatkan beberapa pemain Indonesia menjadi unggulan dalam turnamen yang memperebutkan gelar Juara Asia Junior.

Di nomor tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito menjadi andalan Indonesia, Shesar menjadi unggulan kedua disusul Arif Gifar Ramadhan [8] dan Panji Akbar Sudrajat [11]. Di nomor tunggal putri, seperti biasa tidak ada wakil Indonesia yang menjadi unggulan, kecuali Elizabeth Purwaningtyas di Kejuaraa Dunia Junior tahun lalu.

Di nomor ganda putra, Hafiz Faisal-Putra Eka Rhomas menjadi unggulan kedua disusul Arya Maulana-Edi Subaktiar di unggulan keempat. Hal serupa terjadi di ganda putri, Anggia Shita Awanda-Shella Devi Aulia menjadi unggulan kedua, disusul Melati Daeva Oktaviyani-Roshyta Eka Putri menjadi unggulan keenam.

Di ganda campuran, Indonesia menempatkan semua wakilnya sebagai unggulan. Edi Subaktiar-Melati Daeva Oktaviyani menjadi pemuncak unggulan, disusul Alfian Eko Prasetya-Shella Devi Aulia dan Hafiz Faisal-Maretha Dea Geovani di unggulan 5 dan 6, serta Putra Eka Rhoma-Ni Ketut Mahadewi di unggulan kedelapan. Peluang meraih gelar di nomor ini sangat terbuka lebar, jadi jangan disia-siakan ya..

Hanna berpeluang bertemu Okuhara lagi

Asia Youth U- 19 Championships 2012 ; Hanna Ramadini

Hanna Ramadhini yang menjadi jagoan Indonesia di nomor tunggal putri berpeluang bertemu Nozomi Okuhara kembali di 16 Besar nomor Individual Tunggal Putri. Namun sebelumnya, Hanna akan melakoni laga babak pertama melawan Pillai Riya.

Hanna takluk atas Okuhara di Mixed Team event kemarin, ia bertekad membalas kekalahannya itu nomor perorangan. “Kekalahan ini akan saya jadikan pelajaran, kalau bertemu dia lagi di pertandingan perorangan, saya tidak ingin kalah lagi dan akan lebih gigih di lapangan,” ujar Hanna saat kalah dari Okuhara di Perempat Final Mixed Team Kejuaraan Asia Junior 2012.

Selain Hanna, Shesar Hiren yang menjadi unggulan kedua juga bisa bertemu Kento Mamota di Semifinal nanti. Sementara ganda putra Jepang yang mengalahkan Arya-Edi lalu, Takuto Inoue/Yuki Kaneko ditempatkan di poll berbeda dari Arya-Edi. Arya-Edi yang menjadi unggulan 4 sedangkan Inoue-Kaneko tidak diunggulkan. Berikut draw para pemain Indonesia yang berlaga di event Individual turnamen Kejuaraan Asia Junior 2012.

Tunggal Putra (R1 mendapat bye)

  1. R2 : Shesar Hiren Rhustavito [2] vs Muhd Asraf bin Ishak
  2. R2 : Arief Gifar Ramadhan [8] vs Chugunov Sergey
  3. R2 : Panji Akbar Sudrajat [11] vs Munkhbat Batdavaa
  4. R2 : Fikri Ikhsandi Hadmadi vs Lan Wei Hsiang
Tunggal Putri
  1. R1 : Hanna Ramadhini vs Pillai Riya
  2. R1 : Rina Andriani vs Chua Yi Ling Elaine
  3. R1 : Setyana Mapasa vs Lee Ying Ying
  4. R1 : Ruselly Hartawan vs S. Kisona
Ganda Putra (R1 mendapat bye)
  1. R2 : Putra Eka Rhoma-Hafiz Faisal [2] vs Law Cheuk Him
  2. R2 : Arya Maulana Aldiartama-Edi Subaktiar [4] vs Nyyazgulyyev Annachary-Sopyyev Penaberdi
  3. R2 : Alfian Eko Prasetya-Kevin Sanjaya Sukamulyo vs Ong Calvin Jia Hong-Tan Wee Gieen [3]
Ganda Putri (R1 mendapat bye)
  1. R2 : Shela Devi Aulia-Anggia Shitta Awanda [2] vs Raja azlan Shah Raja Nunina-Peck Yen Wei
  2. R2 : Melati Daeva Oktaviani-Rosyita Eka Putri [6] vs Dinh Thi Phuong Hong-Thai Vuong Nhi
  3. R2 : Ni Ketut Mahadewi-Maretha Dea Geovani vs Chow Mei Kuan-Lee Meng Yean [3]
Ganda Campuran mendapatkan bye di R1 dan menunggu pemenang pertandingan lain untuk berjumpa di R2
  1. Edi Subaktiar-Melati Daeva Oktaviani
  2. Alfian Eko Prasetya-Shela Devi Aulia
  3. Hafiz Faisal-Maretha Dea Geovani
  4. Putra Eka Rhoma-Ni Ketut Mahadewi
Iklan