Yong Dae menjadi Daya Tarik

salam duaribuan…

Pebulutangkis spesialis ganda asal Korea, Lee Yong Dae kembali akan mengisi acara Gala Dinner di Indonesia Open tahun ini. Kepastian itu datang dari web resmi Djarum Indonesia Open 2012, www.djarumbadminton.com. Lee Yong Dae bersama rekan senegaranya yang menjuarai India Open 2012 lalu, Kim Ha Na akan menjadi bintang di acara Gala Dinner malam ini.

duaribuan meralat bahwa Welcome Dinner Indonesia Open Superseries Premier 2012 akan digelar pada Selasa, 12 Juni 2012 berlokasi di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB. Dipastikan pula ada nama Lee Yong Dae dan Kim Ha Na nantinya di Gala Dinner itu. Tak lupa pula nama yang makin naik daun (ke tingkat dunia) setelah menjuarai All England, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir yang turut memeriahkan Gala Dinner nanti malam.

Malam nanti, Lee Yong Dae, Kim Ha Na dan pasangan Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir bersama beberapa atlet bulutangkis negara lain (biasanya berpasangan, like Tine Baun-Peter Gade di tahun lalu) akan memakai pakaian khas wayang orang. selain itu, mereka akan kembali diperkenalkan dengan budaya tanah air, bocorannya belum ada, tapi sepertinya yang lagi booming tuh angklung versi diatonis. Angklung sendiri telah ditetapkan UNESCO menjadi Warisan Budaya Tak Benda pada November 2010 lalu.

Wayang yang akan menjadi kostum para pebulutangkis tenar di Gala Dinner malam ini sendiri ditetapkan sebagai Warisan Budaya Indonesia oleh UNESCO sudah sejak 2003 lalu, tepatnya 7 November 2003. Selain kemungkinan memakai pakaian wayang dengan memainkan angklung, kegiatan menari, menyanyi sinden dan memainkan alat-alat musik tradisional selain angklung juga mungkin digelar, ini cuma perkiraan, tapi Lee Yong Dae dipastikan menjadi daya tarik utama dalam Gala Dinner malam ini.

Tahun lalu, kisah persahabatan Gade, Taufik dan Lee Chong Wei yang dipersatukan lewat batik sport rancangan Oscar Lawalata, di tahun ini akan tergantikan dengan sosok Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir yang akan menjadi daya tarik lain sebagai wakil tuan rumah. Tak sabar dengan Gala Dinner malam ini?? Tunggu news esok hari…

Indonesia Open H-1 : Istora bergaya

Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta bergaya sehari sebelum turnamen Djarum Indonesia Open 2012 berlangsung. Selain indoor alias fasilitas di dalam arena, tampilan outdoor paling banyak dibenahi pihak penyelenggara.

Indoor arena yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari pada H-1 melakukan ujicoba lapangan oleh para pebulutangkis dunia. Selama dua jam penuh dari pukul 15.00 – 17.00 WIB, seluruh atlet menyesuaikan diri dengan keadaan angin, cahaya lampu, dan suasana stadion.

Juara Thailand Open GPG 2012 lalu, Sony Dwi KUncoro juga belum dapat melakukan ujicoba lapangan Senin kemarin karena baru tiba di Jakarta dari Bangkok. Meski begitu, Lapangan latihan di stadion Asia Afrika juga telah disiapkan untuk tim berlatih pada siang harinya.

Terlihat pula Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir yang berlatih bersama sparring partner yang akan dibawa ke London, Juli-Agustus mendatang, Debby Susanto-Muhammad Rijal yang berlatih dan melakukan ujicoba didampingi pelatih ganda campuran, Richard Mainaky.

Nuansa merah putih khas Istora mulai dari net sampai hiasan sponsor utama Djarum yang ada di dalam ruangan dibawa ke outdoor arena. Memasuki area Istora yang diminialisir tempat parkirnya, terlihat futuristik shuttlecock dengan tulisan Badminton Heroes Arena. Pintu masuknya pun dihiasi giant LED dan peta lokasi yang membuat anda tak tersesat. Ada juga maskot DIO di pintu masuk arena Istora. Tempat itu sangat cocok bagi anda yang ingin berfoto ria.

Tak hanya pintu masuk, pintu keluarnya pun berhias shuttlecock dengan futuristik yang luar biasa. Tak salah gelontoran dana Rp600 juta untuk desain turnamen yang mungkin bisa dikatakan lebih dari tahun lalu.

Di arena Istora, ada beberapa booth seperti booth marchandise, both PB Djarum, ada mini court yang bisa dipergunakan bermain bulutangkis, ada food festival, area meet & greed atlet, booth augmented reality, media center, tempat konferensi pers serta fasilitas tempat istirahat pun bergaya bulutangkis yang menunjukkan bahwa penyelenggara memang jor-joran buat event yang satu ini.

Day 1 : Cara berbeda ke Babak Utama

Djarum Indonesia Open 2012 menginjak hari pertama pada Selasa, 12 Juni 2012. Hari ini digelar babak kualifikasi di semua nomor. 16 pemain/pasangan asal Indonesia berhasil masuk Babak Utama. Berikut daftar pemain yang lolos ke babak utama dari hasil Kualifikasi beserta lawan yang akan dihadapi di Babak utama esok hari.

  • MS : Andre Kurniawan Tedjono (vs Taufik Hidayat); Sony Dwi Kuncoro (vs Peter Hoeg Gade)
  • WS : Ana Rovita (vs Gu Juan); Desi Hera vs Aprilia Yuswandari
  • MD : Wahyu Nayaka-Ade Yusuf (vs Ko Sung Hyun-Yoo Yeon Seong); Arya Maulana-Edi Subaktiar (vs Chai Biao-Guo Zhendong); Ronald Alexander-Selvanus Geh (vs Yonathan Suryatama-Hendra Aprida)
  • WD : Melvira Oklamona-Khaeriah Rosmini (vs Pradnya Gadre-Prajakta Sawant); Febriani Endar-Nugraheny Rista Ayu (vs Wang Xiaoli-Yu Yang); Melati Daeva Oktaviyani-Rosyita Eka Putri (vs Eom Hye Won-Jang Ye Na); Pia Zebadiah Bernadet-Rizky Amelia Pradipta (vs Kamilla Rytter Juhl-Christinna Pedersen)
  • XD : Adi Pratama-Nadya Melati (vs Maneepong Jongjit-Savitree Amitapai); Markis Kido-Pia Zebadiah (vs Chen Hung Ling-Cheng Wen Hsing); Alfian Eko Prasetya-Gloria Emmanuelle Widjaja (vs Fran Kurniawan-Shendy Puspa Irawati); Lukhi Apri Nugroho-Anissa Saufika (vs Hendra Setiawan-Vita Marissa)

Dari lolosnya 16 pemain/pasangan itu ke Babak Utama diwarnai beberapa hal menarik, seperti lolosnya beberapa pemain karena ada pemain yang di babak utama memutuskan tidak tampil. Berikut pemain yang memutuskan withdrawn di Djarum Indonesia Open dan akibat yang ditimbulkan bagi pemain Indonesia.

  1. Marc Zwiebler [GER] tidak ikut DIO karena mempersiapkan Olimpiade. Juara Eropa 2012 itu digantikan tempatnya oleh Daren Liew [MAS] yang akan melawan Hans Kristian Vithingus di babak pertama. Tempat Daren di babak kualifikasi digantikan oleh Sukamta Evert yang awalnya menjadi cadangan.
  2. Pi Hongyan [FRA] memutuskan tidak tampil di DIO 2012, entah lebih memilih menonton pertandingan tenis France Open yang dimenangkan Rafael Nadal. Ketidakhadirannya membuat Adrianti Firdasari langsung lolos ke babak utama, tapi harus dipertemukan dengan Unggulan pertama sekaligus Juara bertahan, Wang Yihan. Masuknya Firda ke babak utama membuat Ana Rovita mengikuti kualifikasi dan berhasil lolos ke babak utama.
  3. Nichaon Jindapon [THA] yang dikalahkan Saina Nehwal di babak pertama Thailand Open 2012 membatalkan kehadirannya di DIO. Ia digantikan oleh Milicent Wiranto yang awalnya menjadi cadangan.
  4. Dua unggulan kualifikasi ganda putra, Patipat Chalardchaleam- Nipitphon Puangpuapech [THA] dan Christian John Skovgaard- Mads Pieler Kolding [DEN] melaju ke babak utama dan akan saling berhadapan di babak pertama, pasalnya Cai Yun-Fu Haifeng dan Maneepong Jongjit-Bodin Issara batal tampil di DIO. Melajunya kedua unggulan kualifikasi membuat dua pasangan Indonesia Wahyu Nayaka-Ade Yusuf dan Putra Harsya-Hantoro berlaga di kualifikasi. Bahkan Wahyu Nayaka-Ade Yusuf masuk ke babak utama.
  5. Ha Jung Eun-Kim Min Jung [KOR] tak tampil karena Ha Jung Eun cedera. Mereka digantikan oleh Ririn Amelia-Deariska Putri. Sementara itu, di kualifikasi ganda putri juga ada Aulia Putri-Nurbeta Kwanrico yang memutustan tidak tampil di kualifikasi, kemungkinan ada masalah dengan Nurbeta Kwanrico.
  6. Ha Jung Eun yang cedera berimbas juga di ganda campuran. Lee Yong Dae-Ha Jung Eun digantikan oleh Thitipong Lapoe-Peeraya Munkitamorn [THA] dan di kualifikasi pasangan Thailand ini digantikan Muhammad Rizky Delynugraha-Sri Wulan Sari.
  7. Nurbeta Kwanrico yang berpasangan dengan Dandi Prabudita di ganda campuran mengundurkan diri digantikan oleh Edi Subaktiar-Melati Daeva Oktaviyani yang akan melawan Sudket Prapakamol-Saralee Thongthoungkam di babak pertama.

Sony Dwi Kuncoro mungkin akan diuji fisiknya, pasalnya bermain penuh di Thailand Open 2012 dan menjuarai turnamen berkelas Grand Prix Gold itu, ia disibukkan kembali dengan turnamen Djarum Indonesia Open, melewati babak Kualifikasi. Ia sukses ke babak utama setelah mengalahkan pemain India, Anand Pawar dengan 21-23, 21-10, 21-9 di babak pertama kualifikasi serta menggusur Brice Leverdez [FRA] di final kualifikasi dengan 21-18, 21-19. Di babak utama, Sony dipertemukan dengan sesama pemain veteran, Peter Gade dari Denmark. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Kejuaran Dunia 2007 dimana Sony menang 22-20, 21-18 di babak perempat final.

Kisah Ana Rovita di tahun 2010 mungkin akan kembali terjadi di 2012. Tahun 2010, Ana menjadi cadangan, ia berhasil melaju ke babak utama dan sampai di Semifinal namun kalah dari Sayaka Sato. Tahun 2011, Ana Rovita kalah dari Adrianti Firdasari di final kualifikasi. Dan tahun ini, Ana juga menjadi cadangan namun lolos ke babak utama. Di babak pertama, ia akan menantang Gu Juan.

Jalan Ana ke Babak utama tak mudah. Melawan Yeni Asmarani dan Lindaweni Fanteri, Ana harus melakoni laga rubber gim. Melawan Yeni, Ana menang 13-21, 21-17, 21-15. Di Final Kualifikasi melawan Lindaweni Fanetri, Ana menang 17-21, 21-19, 22-20. Akankah Ana kembali membuat kejutan di tahun 2012 ini??

PBSI perbolehkan rangkap Jabatan

Dari situs resmi www.pb-pbsi.org, PB PBSI telah menetapkan nama-nama pemain junior yang akan dikirim ke Kejuaraan Asia Junior 2012 di Gimcheon, Korea pada 30 Juni – 7 Juli 2012. Tahun lalu, Indonesia membawa dua gelar lewat ganda putri Suci Rizky Andini-Nuraidah Tiara Rosalia dan ganda campuran Lukhi Apri Nugroho-Ririn Amelia.

Bedanya, tahun ini, PB PBSI mengijinkan pemain rangkap nomor, padahal berdasarkan aturan yang ditetapkan, pemain tidak diperbolehkan rangkap nomor di Pelatnas, jika di luar Pelatnas tak masalah ada rangkap nomor. Ada 2 atlet Pelatnas yang rangkap nomor, yakni Alvian Eko Prasetya dan Shela Devi Aulia. Alvian Eko Prasetya, pemain Pelatnas yang dipasangkan dengan Gloria Emmanuelle Widjaja meraih emas Kejuaraan Dunia Junior 2011 kini dimainkan di 2 nomor berbeda, ganda putra bersama Kevin Sanjaya Sukamulyo dan di ganda campuran dengan Shela Devi Aulia.

Sementara Shela Devi Aulia juga rangkap di ganda putri (dengan Anggia Shitta Awanda) dan ganda campuran (dengan Alvian Eko Prasetya). Pemain lain (rata-rata dari Djarum) yang rangkap nomor adalah Edi Subaktiar, Melati Daeva, Hafiz Faisal, Maretha Dea Geovani, Putra Eka Rhoma dan Ni Ketut Mahadewi. Mungkinkah aturan ini sudah tak berlaku lagi? padahal memang aturan ini diperlukan agar setiap pemain fokus dalam satu nomor saja, seperti Lilyana Natsir (meski sempat main ganda putri).

salam duaribuan…

Iklan