Penantian Publik Bulutangkis untuk 15 April

salam duaribuan…

Pada 15 April 2012 mendatang, Publik Bulutangkis akan disuguhi 3 gelaran besar yang menentukan bagi bulutangkis Indonesia. 3 Gelaran itu berkaitan dengan Tim Piala Thomas dan Uber. Mau tahu apa saja penantian publik bulutangkis itu? Juga berita-berita bulutangkis dunia akan disuguhkan kepada anda.

Inilah 3 gelaran besar yang bakal dilaksanakan 15 April 2012.

Axiata Cup Finals

Gelaran ASEAN Men’s Team Championship 2012 bertitel Axiata Cup akan menggelar partai puncak di Jakarta, 14 dan 15 April 2012 mendatang. Untuk 14 April adalah leg pertama, sedangkan 15 April adalah leg kedua sekaligus partai penentuan.

Selain memperebutkan titel Axiata Cup, alias tim terbaik di ASEAN, Juara nanti akan mendapatkan total hadiah USD400,000 dan trofi Piala Axiata, sedangkan Runner Up akan mendapatkan total hadiah USD200,000.

PBSI sendiri juga menjadikan gelaran Final yang akan dilangsungkan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta ini menjadi Seleksi Tim Piala Thomas Indonesia yang akan dikirim menuju Thomas-Uber Cup Finals di Wuhan, China, 20-27 Mei mendatang.

Tim Piala Thomas Indonesia ditempatkan sebagai unggulan 5 dalam gelaran dua tahunan itu, jadi Indonesia bisa saja satu grup dengan China di Putaran Final. Keuntungan satu Grup dengan China adalah di knockout stage, kemungkinan Tim Thomas Indonesia bertemu China sangat kecil.

Rencananya, Jika PBSI sudah menentukan pemain yang masuk tim Thomas berdasar Hasil Piala Axiata ini, Tim utama hasil seleksi itu akan melakukan Simulasi menjelang Thomas-Uber Cup Finals 2012.

Simulasi Tim Uber

Jika Tim Thomas mengadakan simulasi lewat Piala Axiata 2012, Tim Putri kini tak punya ajang unjuk gigi. Di beberapa turnamen, termasuk level Grand Prix Gold, Tunggal Putri andalan Pelatnas seperti Adrianti Firdasari dan Maria Febe Kusumastuti langsung kandas di babak awal. Kandasnya mereka dikarenakan drawing yang tidak menguntungkan serta kondisi tunggal Putri Indonesia kini yang tidak bisa menyejajarkan diri dengan Tunggal negara lain. Bahkan di Kejuaraan Asia mendatang, PBSI tidak mengirim atlet Tunggal Putri ke Qingdao.

Jelang perebutan supremasi bergengsi Piala Uber 2012, PBSI berencana mengadakan simulasi pada 15 April 2012. Uniknya, gelaran Simulasi itu bakal digelar di Tennis Indoor Senayan sebelum laga leg kedua Axiata Cup Finals 2012, yakni Pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan situs PBSI, Pihak Axiata Cup sudah memberikan izin menggelar simulasi sebelum Axiata Cup Finals itu. Berharap dengan hal itu, maka masyarakat luas akan lebih antusias memberi dukungan terhadap Tim Thomas dan Uber Indonesia.

Di Simulasi mendatang, kemungkinan format yang dipakai mirip Piala Axiata, yakni dua tunggal dan satu ganda karena waktu singkat yang diberikan oleh pihak penyelenggara.

Tim Uber Indonesia sendiri ditempatkan di unggulan 7 di Piala Uber 2012 nanti di Wuhan. Dari hasil Kualifikasi Zona Asia yang digelar di Macau kemarin, Tim Uber Indonesia hanya finish di posisi 5 dan bisa lolos karena memenangkan Playoff Interkontinental (5th Asia vs 4th Europe) berdasarkan poin Indonesia yang lebih banyak dibanding poin Rusia.

Draw Thomas-Uber Cup 2012

Drawing gelaran Putaran Final Thomas dan Uber 2012 akan dilaksanakan pada 15 April 2012 di Wuhan, Hubei, China pukul 09.00 waktu sana. Penentuan Grup Piala Thomas-Uber berdasarkan seeding yang dirilis menurut Ranking BWF per 1 Maret 2012.

Berikut adalah daftar seeding Piala Thomas-Uber di Wuhan, China.

Thomas Cup seeding

  • Unggulan 1 : China
  • Unggulan 2 : Korea
  • Unggulan 3/4 : Denmark, Japan
  • Unggulan 5/8 : Indonesia, Malaysia, Jerman, Rusia
  • Unggulan 9/12 : England, USA, New Zealand,  Afrika Selatan

Dari daftar seeding diatas, China kemungkinan ada di Grup A sedangkan Korea ada di Grup D. Denmark dan Japan kemungkinan ada di Grup B atau C. Sedangkan unggulan 5/8 dan 9/12 akan dikombinasikan untuk dimasukkan ke masing-masing Grup.

Uber Cup seeding

  • Unggulan 1 : China
  • Unggulan 2 : Japan
  • Unggulan 3/4 : Korea, Taipei
  • Unggulan 5/8 : Thailand, Denmark, Indonesia, Jerman
  • Unggulan 9/12 : Belanda, USA, Australia,  Afrika Selatan

Dari daftar seeding diatas, China kemungkinan ada di Grup W sedangkan Japan ada di Grup Z. Korea dan Taipei kemungkinan ada di Grup X atau Y. Sedangkan unggulan 5/8 dan 9/12 akan dikombinasikan untuk dimasukkan ke masing-masing Grup.

BWF juga merilis bahwa Thomas-Uber 2012 akan digelar selama 27 Mei dengan susunan jadwal sebagai berikut.

  • 20-22 Mei : Penyisihan Grup Thomas-Uber
  • 23 Mei : Kuarterfinal Thomas-Uber
  • 24 Mei : Semifinal Piala Uber
  • 25 Mei : Semifinal Piala Thomas
  • 26 Mei : Final Piala Uber
  • 27 Mei : Final Piala Thomas

Mampukah China mempertahankan Piala Thomas atau Korea akan melepas kembali gelar gengsi Tim Uber nya? Itulah 3 gelaran yang akan disiapkan 15 April mendatang, berikut ini beberapa informasi bulutangkis lain.

Tiket Final Axiata Cup 2012

Untuk tiket menyaksikan partai final Axiata Cup, penyelenggara menyediakan dua harga untuk harian dan paket dua hari. Berikut harga tiketnya.

Paket Harian

  • Tiket Kelas I : Rp 20.000
  • Tiket Kelas VIP : Rp 75.000

Paket Dua Hari

  • Tiket Kelas I : Rp 30.000
  • Tiket Kelas VIP : Rp 120.000

Ayo, berbondong-bondong menyaksikan para pahlawan bulutangkis berlaga di Final Axiata Cup…

Wuhan Sport Gymnasium Center 

Venue gelaran Thomas & Uber Cup Finals 2012 akan digelar di tempat yang prestisius dan cukup baru, yakni Wuhan Sport Gymnasium Center. Dari segi kemegahan, Stadion indoor ini merupakan salah satu stadion indoor baru yang cukup memiliki taji dan kemegahan.

Meskipun kalah dari segi kapasitas dengan Beijing National Indoor Stadium yang berkapasitas 19.000, kapasitas Wuhan Gymnasium sebesar 13.000 ini tahun lalu menjadi tuan rumah 2011 FIBA Asian Championship (Kejuaraan Basket Asia), dimana China berhasil menyabet gelar untuk kelima belas kalinya (tak hanya bulutangkis China dominan). Dalam gelaran Basket terbesar di Asia ini, Indonesia menjadi juru kunci Grup C, kalah dari Jepang, Yordania dan Syria.

Stadion Indoor terbesar di Indonesia saat ini bukan digunakan untuk kegiatan olahraga, cuma Istora Senayan dan Tennis Indoor Stadium yang menjadi stadion indoor besar yang digunakan untuk kegiatan olahraga di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki stadion indoor terbesar ketujuh di Asia untuk kegiatan hiburan, yakni Mata Elang International Stadium berkapasitas 20.000 kursi, yang pada 28-29 April digunakan untuk Konser Super Junior bertajuk “Super Show 4 Tour”. Di Bulan Mei mendatang, Slank juga bakal menggelar konser besar, tepatnya 12 Mei.

Kembali ke Wuhan, Indonesia sendiri juga mendaftarkan diri sebagai tuan rumah gelaran Piala Thomas-Uber 2012 lalu. Indonesia mendaftarkan Istora, namun kalah dari China yang mendaftarkan Wuhan Gymnasium.

Taji Febi Angguni di Dutch International

Djarum yang akhir-akhir ini gencar mengirim atlet ke turnamen internasional serta berhasil membawa beberapa gelar, termasuk lewat Melati Daeva Oktaviyani di bulan Maret lalu, kini giliran Febby Angguni, si Ratu Sirkuit Nasional yang disponsori perusahaan rokok Djarum yang dikirim ke Belanda, dan absen di Sirnas Sulsel.

Di ajang berstatus International Challenge itu, Febby akan tampil di dua nomor berbeda, yakni Tunggal Putri dan Ganda Putri. Di Tunggal Putri, Gadis berusia 20 tahun ini menghadapi unggulan pertama, Jie Yao dari Belanda. Sementara di Ganda Putri, ia dipasangkan dengan Cisita Joity Jansen dari Jerman akan menghadapi unggulan keempat asal Belgia, Steffi Annys/Severine Corvilain.

Febby meraih gelar Internasional pertamanya ketika ia menjadi juara turnamen U-16 Asian Junior Championship (Southeast Asia Region) yang berlangsung di Brunei pada tahun 2006. Pemain yang gemar melahap Ikan Gurame bakar ini menambah koleksi juaranya ketika kembali meraih gelar juara tunggal putri pada kejuaraan Yonex Sunrise Malaysia International Challenge 2008. Di Final, Febby mengalahkan pemain Korea Selatan Bae Sung Hee (pemain yang sudah tampil di Uber Cup 2010 dan menghantarkan Korea meraih Piala Uber). Febby menang dengan skor 22-20, 21-17.

Prestasi Febby semakin diakui saat meraih gelar di Sirnas, yakni :

  • Juara Sirnas DKI Jakarta 2009
  • Juara Sirnas Jawa Tengah 2009
  • Juara Sirnas Makassar 2009
  • Juara Sirnas Kalimantan 2010
  • Juara Sirnas Bandung 2010
  • Juara DJARUM SIRNAS REG VII KALTENG HI-QUA OPEN 2011

Di tahun 2009, Febby sempat mengikuti Kejuaraan Asia Junior sebelum kandas di Semifinal oleh pebulutangkis Taiwan, Tsu Ying Tai dengan skor tipis 21-19, 8-21 dan 25-27.

Selain Febby, Andre Kurniawan Tedjono juga Yonathan Suryatama Dasuki diturunkan di Belanda. Yonathan akan turun di MD dengan Dharma Gunawi [GER] dan XD dengan Veerle Wijers [NED]. Sedangkan Andre Kurniawan Tedjono yang ditempatkan sebagai unggulan kelima akan menantang Misbun Ramdan dari Malaysia.

Draw India Open SS 2012

Berikut ini informasi menarik seputar Drawing di India Open SS 2012

  • Lee Chong Wei dan Peter Gade memulai debut kembali pasca istirahat panjang akan cedera yang dialami oleh Lee maupun Gade di turnamen sebelumnya.
  • Simon Santoso akan kembali dipertemukan dengan Hans Kristian Vithinghus [DEN]. Setelah gagal di Round 1 All England 2012, bisakah Simon Santoso membalas kekalahan atas Hans Kristian Vithingus dari Denmark. Kala itu, Simon kalah 14-21, 21-8, 7-21.
  • Adrianti Firdasari akan menjajal Juliane Schenk, mampukah Firda mengalahkan Schenk serupa saat Maria Kristin memupuskan harapan Schenk di Olympic 2008.
  • Lee Yong Dae dan tim papan atas Korea akan kembali tampil di gelaran ini pasca turnamen antarklub (seperti Superliga Badminton Indonesia) yang baru saja digelar di Korea.
  • Pasangan WD dari Jwala Gutta, yakni Ashwini Ponappa yang memiliki smash yang cukup keras akan dipasangkan dengan Kona Tarun di XD. Mereka akan bertemu dengan Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati di Round 1.
  • asa Richard Mainaky menaikkan Ranking Muhammad Rijal/Debby Susanto untuk mendampingi Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir semakin menutup, pasalnya Drawing Rijal/Debby akan bertemu dengan unggulan teratas, Xu Chen/Ma Jin.
  • Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir yang berstatus juara bertahan akan bertarung mempertahankan gelar Juara XD India Open SS, sebelum penutupan poin Olimpiade. Denmark sendiri tidak ambil bagian di India Open SS ini, jadi kemungkinan Rank Tontowi/Lilyana tidak berubah.

Indonesia Naik ke Rank 3 di World Team Ranking

Berdasarkan World Team Ranking yang dirilis oleh BWF, Tim Indonesia naik satu tingkat ke Rank 3 menggusur Denmark yang turun ke posisi 4. Kenaikan peringkat Indonesia ini tak lepas dari kenaikkan peringkat Tontowi/Lilyana yang masuk Top 3.

Denmark sendiri turun 2 strip karena turunnya peringkat Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen ke peringkat 4 XD Ranking, tergusur oleh pasangan Indonesia. Meskipun Rank ini tidak berpengaruh terhadap seeding Thomas-Uber 2012, namun Team Rank ini masih menjadi patokan besar negara bulutangkis.

Berikut Top 10 World Team Rank per 5 April 2012 dan perubahannya dari Ranking per 5 Januari 2012.

  1. China
  2. Korea (+1)
  3. Indonesia (+1)
  4. Denmark (-2)
  5. Japan
  6. Malaysia
  7. Chinese Taipei (+1)
  8. India (-1)
  9. Jerman
  10. Russia (+1)

Rusia berhasil menaikkan peringkat lewat tandemnya di XD yang cukup mumpuni, Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina dan Valeri Soronika/Nina Vislova di WD yang berhasil menggusur Thailand dari Top 10 World Team Ranking.

Itulah beberapa informasi mengenai bulutangkis dunia..

salam duaribuan…

Iklan