TUC Preliminary Asia 2012 : Fakta Menarik Hari Keenam [18 Feb]

salam duaribuan…

Thomas & Uber Cup untuk Preliminary Asia Zone 2012 menggelar hajatan untuk hari keenam pada Sabtu, 18 Februari. Setiap peristiwa ada hal menarik dibaliknya, jadi duaribuan juga memiliki fakta-fakta menarik pada Hari Sabtu ini. Mau tahu fakta menariknya?

Berikut fakta menarik pergelaran Thomas & Uber Preliminary Asia 2012 pada Sabtu, 18 Februari 2012 dari Macau.

Uber Indonesia semakin berpeluang ke Wuhan

Tim Uber Indonesia yang digawangi Adrianti Firdasari dkk kembali menyapu bersih partai melawan Malaysia pada pertandingan kedua Babak grup Playoff 5th – 8th. Indonesia menang 5-0 atas Malaysia. Dengan hasil ini, Indonesia hanya butuh kemenangan 3-2 atas Hongkong esok untuk memastikan tempat kelima. Berikut hasil pertandingan Uber Indonesia VS Malaysia.

  • WS 1 : Firdasari VS Lydia : 21-7, 21-13
  • WD 1 : Greysia/Meiliana VS Vivian/Woon : 21-15, 18-21, 21-15
  • WS 2 : Maria Febe VS Saniru : 21-13, 21-18
  • WD 2 : Anneke/Nitya VS Chin/Liu : 11-21, 21-8, 21-18
  • WS 3 : Lindaweni VS Lian Yang : 21-10, 21-9

Greysia/Meiliana perkecil rekor atas Vivian/Woon

Greysia Polii/Meiliana Jauhari memperkecil rekor pertemuannya atas Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon [MAS]. Dari dua pertemuan sebelumnya, Greysia/Meiliana yang menduduki Rank 9 kalah atas Vivian/Woon. 2 Pertemuan itu terjadi di French Open 2011 dan Kejuaraan Asia 2010. Greysia/Meiliana kalah rubber game saat melawan pasangan muda Malaysia ini. Namun di Macau, Greys/Mel akhirnya memenangkan laga ini dan memperkecil rekor pertemuan.

Thomas Indonesia Peringkat Ketiga

Tim Thomas Indonesia menempati Peringkat Pertama dalam Asian Men’s team Championship 2012 di Macau. Indonesia menang 3-2 atas Malaysia. berikut resultnya.

  • MS 1 : Simon VS Daren : 2-7 retired
  • MD 1 :Alvent/Hendra VS Shem Goh/Hoon How : 14-21, 18-21
  • MS 2 : Tommy VS Arif Abdul Latief : 21-15, 21-7
  • MD 2 : Markis/Hendra VS Lim/Kok : 21-16, 21-13
  • MS 3 : Hayom VS Koo Kien Keat : 21-8, 21-9

Simon cedera engkel

Indonesia kehilangan poin pertama setelah Simon Santoso harus menyerah dari Daren Liew dalam kedudukan 2-7 di gim pertama. Simon memutuskan untuk mundur karena mengalami cedera pada engkel kaki kanannya.

Simon tidak diturunkan saat laga melawan China di Semifinal Kualifikasi Thomas Asia Jumat lalu. Saat itu Dokter sudah memeriksa namun pada saat bertanding masih sakit, tutur Simon. Simon rencananya akan memeriksakan engkel kanannya dengan pengecekan MRI setibanya di Jakarta. Hal ini dilakukan untuk melihat lebih detil soal kondisi ototnya. Ia juga berharap akan segera pulih karena rencananya Sabtu depan akan berangkat ke Jerman untuk mengikuti turnamen Grand Prix Gold, dilanjutkan dengan All England dan Swiss GP Gold 2012. Tugas berat Simon Santoso karena ia menjadi tunggal pertama sekaligus utama dari Indonesia.

Meskipun begitu, Tim Thomas menyelesaikan tugas dengan baik dengan finish pada posisi ketiga setelah mengalahkan Malaysia 3-0.

Korea tiru strategi Thailand

Tim Korea Selatan yang sebenarnya diunggulkan ditempat kedua harus puas dikalahkan Malaysia dan Thailand tipis 2-3 pada laga Penyisihan Grup terakhir dan Kuarterfinal yang menyebabkan Thomas Korea harus mengejar 1 tiket tersisa 5th Place Thomas Asia.

Tim Korea menerapkan strategi sama saat Uber Thailand mengalahkan Indonesia di Penyisihan Grup lalu. Korea menerapkan susunan WS 1, WS 2, WS 3, WD 1, WD 2. Lagi-lagi susunan ini berhasil memenangkan Korea atas Thailand. Kali ini Hong Ji Hoon jadi tumbal. Ji Hoon menjadi tunggal sekaligus ganda. Kali ini dengan Lee Yong Dae yang akhirnya menang.

Lee Yong Dae dipasangkan dengan Hong Ji Hoon mengalahkan Ganda Thailand, Patipat/Niphitpon dengan 15-21, 21-16, 21-17 dalam waktu 47 menit. mungkin formula ini lebih baik daripada Lee Yong Dae/Shin Baek Cheol.

Uber Thailand Peringkat ketiga

Tim Piala Uber Thailand raih peringkat ketiga dalam ajang Asian Women’s team Championship 2012 yang digelar di Macau. Tim Uber Thailand menang 3-2 atas Taipei. Saat melawan Taipei, Thailand tidak menggunakan sistem Sapsiree, susunan partai sama seperti biasanya, WS 1, WD 1, WS 2, WD 2 dan WS 3. Thailand menang lewat 3 tunggal andalannya, Sapsiree, Porntip dan Jindapon. Sementara dua gandanya kalah oleh Ganda Taipei. Dengan kemenangan 3-2, Thailand finish sebagai Rank 3.

Pasangan dadakan Baru Lee Yong Dae/Hong Ji Hoon menang

Tim Thomas Korea menerapkan strategi sama seperti Thailand dengan menurunkan satu pemain di dua nomor, dan Lee Yong Dae pun dipasangkan dengan Hong Ji Hoon. Dalam beberapa pertandingan, dia merupakan pemain tunggal, namun dimainkan di Ganda pada laga Jumat.

Sama-sama muda berusia 23 tahun, Lee/Hong punya banyak prestasi terutama dari Junior. Namun, pada partai di Babak Playoff lalu melawan Taipei, Lee/Hong menang rubber set. Ini merupakan kemenangan kedua Lee Yong Dae.

Koo Kean Keat main Tunggal

Koo Kean keat, spesialis Ganda Malaysia bersama tan Boon Heong harus bermain pada partai tunggal saat melawan Dionysius Hayom Rumbaka pada penentuan tempat ketiga di Asian Men’s Team Championship 2012.  partai penentuan ini dimenangkan oleh Indonesia 3-2. Hayom sendiri mengalahkan Koo 21-8, 21-9. Cukup telak.

Dalam perjalanan kariernya sebagai Tunggal, Koo pernah mengalahkan Leong Au Kok dari Malaysia dan Ly Buu Son dari Vietnam namun kariernya lebih cemerlang di Ganda Putra bersama Tan Boon Heong.

MNCTV hanya siarkan 1,5 jam laga Final Kualifikasi Piala Uber

Laga Final Kualifikasi Piala Uber Zona Asia 2012 hanya disiarkan oleh MNCTV secara live 1,5 jam. Dalam rilis jadwalnya, MNCTV menyiarkan laga pada pukul 17.30 – 19.00 WIB. MNCTV hanya menyiarkan laga Sayaka Sato yang kalah rubber atas Li Xuerui dengan 18-21, 21-12, 16-21.

Laga selanjutnya, Mizuki Fujii/Reika kakiiwa VS Tian Qing/Zhao Yunlei hanya berlangsung beberapa menit sebelum MNCTV memutuskan memotong laga itu dan melanjutkan dengan program sinetron unggulannya, Fathiyah.

MNCTV menyiarkan kembali laga Final Kualifikasi pada Delay atau siaran tunda pukul 02.00 yakni setelah 2 sinetron unggulan MNCTV dan laga siaran Piala FA (lagi lagi sepakbola)… Laga Final ini juga disiarkan pasca pertandingan Indonesian Premier League. (sepakbola juga..)

Itulah fakta menarik seputar hari keenam… untuk hasil Final, bisa lihat di artikel berikutnya…

salam duaribuan…

Iklan