TUC Preliminary Asia 2012 : Fakta Menarik Hari Keempat

salam duaribuan…

Thomas & Uber Cup untuk Preliminary Asia Zone 2012 menggelar hajatan untuk hari keempat atau fase kuarterfinal. Indonesia harus menelan kekalahan pahit atas 1st Seeded China di Uber dan Thomas Indonesia berhasil mendapatkan tiket ke Wuhan setelah mengalahkan Korea.

Ini dia beberapa fakta unik dan menarik seputar Thomas & Uber Preliminary Asia Zone 2012 dari Macau pada Hari keempat…

Thomas Indonesia dapat tiket ke Wuhan

Thomas Indonesia mendapatkan tiket ke Wuhan pasca kemenangan 3-2 atas Korea pada babak Kuarterfinal Kualifikasi Thomas Asia 2012 yang dilaksanakan di Macau. Tim Thomas Indonesia memenangkan pertandingan pada partai ketiga, keempat dan kelima. Berikut hasil lengkap pertandingan Thomas Cup antara Indonesia VS Korea pada babak Kuarterfinal.

  • MS 1 : Simon VS Lee : 21-14, 15-21, 16-21
  • MD 1 : Ahsan/Bona VS Ko/Yoo : 21-18, 20-22, 19-21
  • MS 2 : Taufik VS Shon : 21-11, 21-15
  • MD 2 : Markis/Hendra VS Lee/Shin : 19-21, 21-17, 21-17
  • MS 3 : Tommy VS Hong : 21-7, 16-21, 21-8

Formula Lee Yong Dae/Shin Baek Cheol kurang efektif

Formula Shin Baek Cheol/Lee Yong Dae ternyata tidak efektif untuk Tim Thomas Korea. Dari 4 partai yang Shin/Lee laksanakan, Shin Baek Cheol/Lee Yong Dae hanya mampu memenangkan 1 laga, yakni saat melawan Ganda Hongkong, Wong Wai Hong/Lee Chun Hei.

Sedangkan 3 partai lain, yakni melawan Kim Wah Lim/Shem Goh [MAS], Markis Kido/Hendra Setiawan [INA] dan Fang Chiech Min/Lee Sheng Mu [TPE], pasangan ini kalah. Khusus untuk melawan Fang/Lee, Lee/Shin berhenti pada kedudukan 12-11 untuk keunggulan Fang/Lee pada Babak Playoff 5th – 8th Thomas Asia.

Korea kini menduduki Rank 1 pada Grup Playoff 5th – 8th Thomas Asia. Besok Korea akan melawan Thomas India yang dikalahkan Thailand 2-3 pada babak pertama playoff ini.

Tommy Sugiarto penentu Tiket ke Wuhan

Tommy Sugiarto menjadi penentu kemenangan Indonesia saat melawan Korea pada babak kuarterfinal pada hari keempat pergelaran Thomas & Uber Preliminary Asia 2012. Tommy menang lewat rubber game atas Hong Ji Hoon di Macau forum.

Tommy Sugiarto tampil meyakinkan di game pertama. Tommy mengatur permainan sampai ia menuntaskan game pertama 21-7. Pada game kedua, terjadi kejar mengejar angka. Tommy yang sedikit gugup ternyata kalah 16-21. Pada game penentuan, Tommy tampil lepas dan memenangkan pertandingan penentuan ini, Tommy menang 21-8.

Tiket-tiket Putaran Final Thomas-Uber sudah bertebaran

Tommy Sugiarto yang menjadi penentu Indonesia lolos ke putaran final di Wuhan. Selain Indonesia, 3 tiket Thomas Asia lain diperoleh oleh China, Malaysia dan Jepang. China memperoleh tiket pasca mengalahkan Thailand 3-0. Malaysia mengalahkan India dengan skor 3-0 dan Jepang mengalahkan Taiwan dengan 3-0.

Sementara 4 tiket Uber diperoleh Taiwan, Jepang, China dan Thailand. Taiwan mengalahkan 3-1 Hongkong, Jepang mengalahkan Singapore 3-0, Thailand mengalahkan Malaysia 3-0 dan China yang mengalahkan Indonesia 3-0.

Dari gelaran ini, tersisa 1 tiket Thomas untuk tim yang menduduki 5th Place. Posisi 6th Place Thomas Asia akan bertarung dengan 4th Place Thomas Eropa untuk menggenapi 12 tim Thomas di Wuhan. Sedangkan posisi 5th Place uber Asia akan bertarung dengan 4th Place Uber eropa untuk menggenapi 12 tim Uber di Wuhan.

Sesuai Prediksi, Uber Indonesia kalah

Meiliana Jauhari/Greysia Polii yang kembali dipasangkan gagal mencuri poin atas China pada laga perempat Final Kualifikasi Uber Zona Asia 2012. Indonesia dikalahkan China 3-0. Berikut hasil lengkap pebulutangkis Indonesia di Kuarterfinal Kualifikasi Uber Asia 2012.

  • WS 1 : Firda VS Jiang : 22-20, 8-21, 9-21
  • WD 1 :Greysia/Meiliana VS Qing/Zhao : 7-21, 9-21
  • WS 2 : Febe VS Xuerui : 14-21, 17-21

Lebih baik Ganda reguler

Setelah dikalahkan Thailand akibat kesalahan strategi karena tidak menurunkan Greysia Polii, di Babak Kuarterfinal kemarin, Greysia kembali diturunkan walaupun akhirnya kalah telak dari Tian Qing/Zhao Yunlei.

Namun, lebih baik pakai Ganda Reguler dibanding ganda abal-abal seperti Lilyana/Meiliana. Sebenarnya sangat resiko pada laga penentuan, pelatih melakukan formula-formula baru yang belum tentu lebih baik daripada formula reguler.

Tim Uber Indonesia memiliki 2 ganda regular, Greysia Polii/Meiliana Jauhari dan Anneke Feinya Agustin/Nitya Krisinda Maheswari. Greysia/Meiliana adalah ganda utama Indonesia dan menduduki Rank 9 BWF sedangkan Anneke/Nitya adalah jawara SEA Games 2011 lalu. Jadi, untuk laga-laga besar, sebaiknya yang diturunkan adalah ganda regular karena sangat menentukan.

Firdasari Jadi yang paling Siap

Ganda Senior Nomor 1, Adrianti Firdasari yang menggondol perak SEA Games Beregu Putri maupun Tunggal Putri menjadi yang paling membanggakan Indonesia pada laga Kualifikasi Uber 2012 di Macau. Firda, biasa dipanggil, hanya kalah dari Jiang Yanjiao, Rank 4 BWF.

Silver Medalist WS SEA Games lalu, Firdasari memenangkan 3 dari 4 partai yang dilakoninya. Firdasari diturunkan pada hari kedua Kualifikasi Uber, Firda mengalahkan Veronika Sorokina dalam straigh game. Sedangkan pada hari ketiga, ia mengalahkan Intanon Ratchanok 21-16 dan 23-21 dalam waktu 46 menit. Ia mengalahkan Juara Dunia Junior 3 kali itu. Hanya Firda saja yang mengalahkan Ratchanok pada Kualifikasi Uber ini. Sementara Eriko Hirose dari Jepang dan Jing Yi Tee dari Malaysia dikalahkan oleh Ratchanok ini. Patut diacungi jempol. Firda bahkan sempat membuat Ratchanok jatuh mengambil bola netting. Seperti di gambar itu.

Firda menjadi yang siap dalam pergelaran Kualifikasi Uber kali ini. ia pun memperjuangkan tinggi saat melawan Jiang Yanjiao. Firda memenangkan set pertama 22-20 meskipun kalah telak di game kedua dan ketiga. Firdasari menjadi salah satu pemain andalan Indonesia. Mungkin ia adalah salah satu pebulutangkis yang termotivator oleh Kekuatan Magis Beregu Indonesia.

Uber Indonesia tak ingin mengulang Memori 2006

Tim Piala Uber Indonesia mempunyai misi berat. Meski gagal lolos dari Tiket Asia, Tim Uber berkesempatan lolos lewat fase Playoff Interkontinental pelengkap 12 tim di Wuhan. Tim Piala Uber Indonesia harus menghadapi Hongkong, Malaysia dan Singapura pada laga Babak Grup Playoff. Juara Grup ini akan mengikuti playoff dengan 4th Place European Women’s Team Championship yang digelar di Belanda.

Indonesia memiliki kenangan buruk dalam Piala Uber, dimana edisi Senday/Tokyo 2006, Indonesia tak bisa mengirim wakil Putrinya karena tak lolos fase kualifikasi di India 2006. Indonesia akhirnya membalas dengan tampil di Final Uber 2008 di Jakarta waktu itu.

Itulah beberapa fakta menarik di hari keempat pergelaran Thomas & Uber Cup Preliminary Asia 2012..

salam duaribuan…

Iklan