TUC Preliminary Asia 2012 : Fakta Menarik Hari Ketiga

salam duaribuan…

Thomas & Uber Cup untuk Preliminary Asia Zone 2012 menggelar laga hari ketiganya… Kali ini duaribuan bakal mengabarkan beberapa fakta menarik di hari ketiga, terutama kekecewaan formula Tim Uber yang malah mengecewakan.

Ini dia beberapa fakta unik dan menarik seputar Thomas & Uber Preliminary Asia Zone 2012 dari Macau pada Hari ketiga…

Kemenangan Tipis atas India

Tim Thomas Indonesia punya kabar menggembirakan esok, Tim Thomas Indonesia menjadi Juara Grup B sekaligus memastikan diri lolos ke Putaran Kuaterfinal. Di Putaran Kuarterfinal, Tim Thomas Indonesia akan bertemu dengan Tim Thomas Korea yang dimotori Lee Yong Dae dkk… (huhuhu)…

Dalam partai yang digelar Rabu malam itu, Tim Indonesia menekuk India dengan poin 3-2 dengan hasil berikut.

  • MS 1 : Simon VS Kahsyap : 21-7, 21-15
  • MD 1 : Alvent/Hendra VS Rupesh/Sanave : 18-21, 16-21
  • MS 2 : Taufik VS Anand : 21-16, 21-13
  • MD 2 : Markis/Hendra VS Aksay/Pranav : 21-18, 21-16
  • MS 3 : Hayom VS Praneeth : 21-13, 15-21, 9-21

Indonesia lawan Korea di Perempat Final

Dibanding bertemu dengan Malaysia, Tim Indonesia mempunyai peluang 50:50 melawan Korea. Korea mungkin hanya unggul di sektor Ganda dan Tunggal Lee Hyun Ill, sedangkan dua tunggal lain bisa dimanfaatkan Indonesia untuk mendapatkan poin.

Dari dua partai yang diikuti Korea, Lee Yong Dae dipasangkan dengan Shin Baek Cheol sedangkan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong menjadi Ganda utama Korea. Namun Ganda korea Rank 4 ini akhirnya gagal melawan Koo/Tan dari Malaysia pada laga Rabu Malam, Korea kalah 2-3 atas Malaysia yang menjadi Juara Grup.

Kemungkinan Korea akan menggunakan formasi terkuatnya melawan Indonesia. Indonesia sendiri menurunkan Simon Santoso, Ahsan/Bona, Taufik Hidayat, Markis/Hendra dan Tommy Sugiarto pada laga melawan Korea kamis malam.

Uber Indonesia kalah tragis

Tim Uber Indonesia dikalahkan Thailand dengan tragis. Musuh bebuyutan di ASEAN ini mencoba memperebutkan gelar Juara Grup guna menghindari China di Kuarterfinal. Namun keberuntungan tidak berpihak pada Indonesia. Indonesia kalah 2-3 atas Thailand.

Berikut laga yang digelar pada Putaran Penyisihan Grup Y untuk menentukan Juara dan Runner Up Grup Y.

  • WS 1 : Intanon VS Firdasari : 16-21, 21-23
  • WS 2 : Porntip VS Lindaweni : 21-18, 10-21, 21-18
  • WS 3 : Sapsiree VS Bellaetrix : 21-12, 14-21, 21-11
  • WD 1 : Saralee/Kunchala VS Lilyana/Meiliana : 21-18, 21-19
  • WD 2 : Savitree/Sapsiree VS Anneke/Nitya : 3-4 Retired

Hasil itu merupakan kekalahan telak bagi Indonesia dan untuk ketiga kalinya Indonesia dikalahkan Thailand setelah sebelumnya di Asian Games dan SEA Games Indonesia harus kalah.

Menatap Babak Playoff Kualifikasi Uber

Indonesia dipastikan bertemu China di Putaran Kuarterfinal, namun Tim Uber harus bersiap gigit jari ketika para analis sudah memperkirakan Indonesia kalah, walaupun dengan Tim Uber China yang muda-muda semua. China bukan tandingan Indonesia. Namun semoga keajaiban Magis Beregu Indonesia bisa diulang ketika Intanon Ratchanok dikalahkan Firdasari.

China kemungkinan juga menurunkan skuad terbaiknya, Jiang Yanjiao, Tian Qing/Zhao Yunlei, Liu Xierui, Cheng Su/Pan Pan dan Liu Xin. Mungkin Indonesia hanya bisa mengimbangi dengan rubber game saja.

jadi, sekarang lebih baik Indonesia mempertimbangkan Putaran Playoff Kualifikasi Uber. Berdasarkan Kuarterfinal Piala Uber, 4 tim yang kalah akan diadu dalam babak Playoff. Juara Grup Playoff akan menempati 5th Place dan berhak mengikuti Playoff Interkontinental 5th Place Asia VS 4th Place Eropa.

Dari 8 Tim Uber yang lolos Ke Kuarterfinal, diperkirakan tim yang kalah adalah Indonesia, Singapore, Hongkong dan Malaysia. Seharusnya Indonesia bisa menduduki 5th Place Rank di Kualifikasi Uber Asia ini. Semoga saja bisa. Amin…

Thailand lebih siap

Tim Uber Thailand yang dimotori Juara Dunia Junior 3 kali Ratchanok Intanon menunjukan kualitas baru dimana Ganda mereka berhasil mengalahkan Lilyana/Meiliana. Hanya ada 2 kemungkinan dalam pertandingan ini, PBSI salah formula pemain Lilyana/Meiliana atau ganda Thailand yang berkembang.

Selain itu, Sapsiree yang merupakan Tunggal ketiga dirangkap menjadi Ganda kedua Thailand yang memilih retired pada kedudukan 4-3 untuk kemenangan Anneke/Nitya, kemungkinan disimpan energinya saat melawan Malaysia hari ini.

Tunggal Indonesia tak muluk-muluk jeleknya, Lindaweni Fanetri dan Bellaetrix Manuputy mampu mengimbangi Porntip dan Sapsiree. Porntip dan Sapsiree tak menang mudah, mereka harus berkeringat lewat rubber game sebelum menyudahi perlawanan Tim Indonesia.

Thomas Korea telan kekalahan atas Malaysia

Tim Thomas Korea dikalahkan oleh Thomas Malaysia. Ini mengejutkan dimana Korea adalah unggulan 2 dari Piala Thomas Zona Asia. Tim Korea kalah 2-3 atas Tim Malaysia di Macau.

Malaysia lebih dulu unggul lewat Lee Chong Wei dan duet Koo/Tan dengan straight set. Di Partai ketiga, Korea memperkecil ketertinggalan lewat Shon Wan Ho yang mengalahkan Muhammad Hafiz Hashim 24-22, 21-16.

Duel lama Shin Baek Cheol/Lee Yong Dae ternyata juga kalah atas Khim Wah Lim/Goh Shem 21-18 19-21 11-21. Korea pun tertinggal 1-3 sekaligus membuat asa tim Ginseng untuk menjadi Juara Grup sirna. Partai terakhir tak terlalu menentukan, Hong Ji Hoon menang atas Arif Abdul Latief 21-17, 21-15.

Itulah beberapa hal menarik dari Hari Ketiga penyelenggaraan Thomas & Uber Preliminary Asia Zone 2012…

salam duaribuan…

Iklan