Mencari Televisi yang mampu menyiarkan Bulutangkis!

INVESTIGASI FEBRUARI 2012

” MENCARI TELEVISI YANG MAMPU MENYIARKAN BULUTANGKIS !! “

© duaribuan 2012

Jelang Ajang bergengsi Thomas & Uber Cup yang bakal digelar tahun 2012 ini, berbagai negara yang menjadi peserta mulai berbenah guna mematangkan diri melaju ke Putaran Final yang bakal diselenggarakan di Wuhan, China pada 20-27 Mei 2012. Namun, sebelum itu dilaksanakan, beberapa negara yang belum lolos akan mengikuti preliminary di zona masing-masing, termasuk Indonesia.

Untuk Zona Asia, Preliminary akan diselenggarakan 13-19 Februari 2012 di Macau. Di sana, 14 Tim Thomas dan 13 Tim Uber memperebutkan 5 kuota Thomas dan 4 kuota Uber Cup yang disediakan untuk Zona Asia.

Hal yang paling diperbincangkan masyarakat saat ini? Dimana ya disiarkan Preliminary Asia Zone itu?

Semakin mendekati hari H, banyak sekali pertanyaan masuk, dimana sih? kapan sih? jam berapa? waduh gak bisa nonton…Bukan ingin membuat kecewa para pemirsa lewat artikel MNCTV yang menyiarkan laga Thomas Uber Preliminary Asia Zone 2012, ternyata siaran ini hanya dilaksanakan pada 18-19 Februari mendatang. Kecewa!

Awalnya, lewat account twitter peraih medali Emas Olimpiade 1996, Ricky Subagja (@Ricky_Subagja), yang berbunyi :

“Yg pasti mulai tgl 13 – 19 feb .. Jam nya nanti menyusul soalnya blm tauu …. Trima kasiii ..”

“Iyaaa dr bbk penyisihan d tayangin d MNC tv ..”

“Slmt pagii smuaa ,, mudah2an sehat slalu ,, rnc nya Thomas / uber cup LIVE d MNC Tv .”

dari pernyataan itu, saya membuat beberapa kesimpulan mengenai MNCTV yang menyiarkan Thomas & Uber preliminary Asia 2012 :

  • Mulai tanggal 13-19 ditayangkan Babak Penyisihan/Kualifikasi Asia
  • Penayangannya Live
  • Saya juga mengetahui digelarnya Babak Penyisihan ini karena MNCTV pada saat Kejuaraan Dunia lalu telah mengeluarkan tweet lewat @raket_mnctv bahwa MNCTV adalah Official Media partner dari Thomas & Uber Cup 2012

Namun, raut wajah berubah ketika sebuah tweet baru dari @ricky_subagja yang menyatakan bahwa pergelaran Thomas & Uber Cup Preliminary Asia bakal ditayangkan hanya pada 18-19 alias Sabtu-Minggu mendatang. mengecewakan!

Kegagalan penyiaran atas Kejuaraan Dunia BWF 2011 lalu membuat kepercayaan masyarakat atas MNCTV yang ‘menyatakan diri’ sebagai Televisi penyiar Badminton makin turun. Ekspektasi masyarakat memang baik di awal, namun setelah tahu bahwa MNCTV tak jadi menyiarkan, bahkan twitter @raket_mnctv yang biasanya update, menggantung.. dan baru beberapa bulan menyatakan permintaan maaf.

Siaran EURO 2012 mulai gencar oleh RCTI, meskipun Tak ada nama Indonesia disana, sedangkan yang sudah tertera rame-rame Thomas Uber Preliminary Asia Zone 2012, belum sama sekali terlihat Iklan akan ditayangkan. Memang siaran Bola dan Badminton memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Bola banyak penggemar, Bulutangkis nomor kesekian

Sepakbola adalah olahraga merakyat, namun 11 orang saja dari 250 juta lebih Penduduk Indonesia belum mampu menyumbang medali emas di Olimpiade maupun kejuaraan besar, minimal di tingkat ASEAN. Keping emas Sepakbola SEA Games terakhir didapat 1991, sedangkan bulutangkis yang levelnya sudah mendunia ternyata merupakan olahraga terpopuler nomor kesekian di Indonesia. Legenda Susi Susanti, Alan Budi Kusuma, Taufik Hidayat, sampai Markis Kido/Hendra Setiawan. Tahun ini juga ada pergelaran Olimpiade, Bulutangkis sudah pasti mengirim wakil, but, Sepakbola? bahkan Piala Asia 2011 Indonesia tak lolos Kualifikasi.

Bola padahal lapangan luas, namun banyak disiarkan

Tahu luas Lapangan Bola, penyiarannya melalui berbagai macam kamera, butuh dana besar, bayangkan.. Badminton hanya beberapa meter dan minimal perlu 1 kamera untuk menshoot satu lapangan. Masyarakat akan lebih puas menontonnya… Karena Bulutangkis tak pernah kehilangan asa untuk prestasi.

Siaran Badminton tak bisa diperkirakan, Bola selalu 90 menit

Memang untuk yang satu ini merupakan hal yang diperhitungkan bagi para pemilik Televisi. Durasi Badminton tak pasti. Apalagi jika terjadi jus atau rubber game, makin lama… Sedangkan Sepakbola siarannya sudah pasti 90 menit. Badminton pernah mencapai rekor pertandingan 2 jam.

Sudah banyak yang menyiarkan Bola, siapa yang pernah siarkan Badminton

Sepanjang sepengetahuan saya, hanya Trans7, MNCTV dan RCTI yang pernah menyiarkan laga Badminton, Ajang tahunan Indonesia Open selalu disiarkan di Trans7, beberapa rumor mengisahkan bahwa Djarum sebagai sponsor utama dari Djarum Indonesia Open lebih memilih menyerahkan hak siar kepada Trans7 dibanding Grup Televisi lain.

Sementara, MNCTV dan RCTI adalah Broadcasting Media Partner SEA Games 2011, mereka menyiarkan Bulutangkis SEA Games 2011 lalu. MNCTV juga menyiarkan Laga Kejuaraan Dunia BWF, namun saya menilai gagal total, siaran bahkan terhenti beberapa saat. Memalukan..

Bahkan ketika MNCTV sudah menyatakan diri sebagai media partner Thomas Uber 2012 dan Sudirman Cup 2013, mereka bilang untuk Indonesia Open SSP akan melakukan proses hak siar. But, saya rasa Bos Djarum akan memihak TransCorp.

TransCorp sukses menyiarkan laga Bank BRI Thomas & Uber Cup 2008 lalu di Jakarta. disusul Indonesia Open 2009, 2010 dan 2011 yang kembali disiarkan oleh Trans7. Bahkan pada pergelaran Indonesia Open 2011 lalu, Trans7 yang biasanya mengakiri laga di Istora sekitar pukul 17.30 memperpanjang waktu untuk melanjutkan siaran Semifinal Indonesia Open WD antara Meiliana Jauhari/Greysia Polii VS Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl yang terjadi Rubber.

Untuk siaran internasional, saya mengira MNCTV mungkin lebih mampu dalam menyiarkan karena memiliki saluran channel Internasional, sedangkan TransCorp pimpinan Chairul Tanjung belum bisa memiliki jaringan Internasional sehingga tak bisa menyiarkan laga di luar Indonesia.

Semoga ada televisi yang bisa menyiarkan laga dengan baik…

investigasi 2000an © duaribuan 2012

Iklan