Lilyana Natsir, 2008 dan 2012

salam duaribuan…

Lilyana Natsir telah berkutat di perbulutangkisan sejak kecil. Ia akan memasuki masa-masa perjuangan besarnya untuk kali kedua. Tahun 2008 lalu, ia bertarung di kancah Olimpiade bersama Nova Widianto, edisi 2012, ia kembali berkutat dengan persiapan Olimpiade bersama Tontowi Ahmad.

Peluang Indonesia kembali memegang tradisi emas masih terbuka lebar. Senyum manis pecinta Badminton Indonesia terkembang tatkala 2 gelar Superseries diraih oleh Lilyana Natsir yang dipasangkan dengan Tontowi Ahmad.

Di Musim 2008, debutnya sangat hebat, dengan Nova, ia menjadi Ganda Campuran Nomor 1 Dunia meski dikalahkan pasangan Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung di Final Perebutan Emas Olimpiade 2008 lalu. Lilyana harus puas dengan Perak bersama Nova. Nova tarik diri dari Pelatnas, ia ganti pasangan.

Selain dengan Nova, Butet juga berkutat dengan Vita Marissa di Nomor Ganda Putri meski kalah di babak awal. Vita Marissa juga menjadi Semifinalis di Olimpiade Beijing 2008 bersama Flandy Limpele setelah dikalahkan He Hanbin/Yu Yang di perebutan Perunggu Ganda Campuran.

Setelah angkat koper dari Pelatnas, Butet mencari pasangan pengganti. Sukses dengan Shendy Puspa Irawati dengan membawa Indonesia ke Semifinal Piala Uber 2010 bukan jalan Lilyana di Ganda Putri. Butet dipasangkan dengan Tontowi Ahmad 2 tahun sebelum Olimpiade.

Debut besar diraih di India Superseries 2011. Mereka berhasil menjadi Juara dan merangkak naik ke Top 10. Disusul Malaysia GP Gold dan Juara Singapore Superseries 2011, sempat mengokohkan mereka di Ranking 2 BWF hingga sekarang menetap di Posisi 4 BWF.

Pertanyaannya, apakah Liliyana yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad akan dapat mengibarkan merah putih kedua kali di Olimpiade 2012 di london. Apakah suri tauladan Susi Susanti, Mia Audina bisa memicu Liliyana? Sudah pasti semua akan memberi perhatian penuh walau memang terasa jalan menuju London itu berjalan terjal.

Selain berprestasi di Nomor Individual yang ditunjukan dengan meraih Emas SEA Games ke 26, Nomor Beregu juga sepertinya masih diperhitungkan. Di SEA Games lalu, Lilyana Natsir berpasangan dengan Vita Marissa menghantarkan Indonesia ke Final meski dikalahkan Thailand 3-1.

Dan sebentar lagi, Indonesia bakal memanas, Lilyana Natsir kembali ditunjuk menjadi Skuad Tim Bulutangkis INA di Uber Cup 2012 di Wuhan, China, sebelumnya di Preliminary yang digelar Februari di Macau.

Saya berharap, Jika Lilyana dipasangkan kembali dengan Shendy bisa setidaknya menambah bantuan Ganda Putri untuk Olimpiade 2012.

Sepatutnya semua pihak, khususnya yang mempunyai kewenangan untuk mereview untuk mengakselerasi semua hal terkait usaha pemerolehan medali di Olimpiade tahun 2012 di London. Semoga pajangan koleksi kliping pribadi ini dapat memperbesar harapan untuk kebangkitan nasionalisme kita lewat pentas olahraga, termasuk di London.

salam duaribuan…

Iklan