Biak Space Port untuk Roket Indonesia

salam duaribuan…

Biak Space Port

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan mendirikan “space port” atau lokasi peluncuran roket pendorong satelit di Pulau Biak, Papua. Mengapa ya?

Beberapa alasan dikemukakan para peneliti bahwa Pulau Biak sangat cocok dikembangkan menjadi Space Port, karena hal berikut.

  1. Pulau Biak merupakan lokasi yang sangat strategis untuk penerbangan ke angkasa luar karena posisinya sangat dekat dengan garis katulistiwa.
  2. Pulau Biak berhadapan langsung dengan samudera luas sehingga proses peluncuran roket yang akan dilakukan diperkirakan tidak akan mengganggu negara lain. Jika roket pendorong satelit itu diluncurkan, serpihan atau benda-benda yang jatuh dari dari proses peluncuran itu akan jatuh ke laut, tidak mengenai negara lain, termasuk wilayah Indonesia.
  3. Pulau Biak juga terletak di di area ekuatorial (Posisinya hanya dua derajat dari garis katulistiwa) sehingga dorongan roket peluncur satelit lebih kuat dan mampu mengantar alat pemantauan di angkasa ke antariksa.

Rusia sendiri telah berencana meluncurkan satelit di Biak, namun pihak Pemerintah belum mau karena bingung masalah hak cipta. LAPAN sendiri sudah berencana mengorbitkan satelit pada 2012 dan pengorbitan kedua tahun 2014.

Semoga impian Indonesia benar-benar terwujud…

salam duaribuan…

Iklan