Perubahan Peta Kekuatan Bulutangkis Dunia

salam duaribuan…

Peta Kekuatan Bulutangkis Dunia mungkin bakal berubah di 2012 ini. Pebulutangkis China mulai disaingi oleh para pebulutangkis Asia dan Eropa lain. Kejutan ini bahkan sudah terlihat 2 pekan di 2012, dari Korea Open SSP dan Malaysia Open SS.

Berikut adalah peta kekuatan Perbulutangkis Dunia dari 5 nomor yang dipertandingkan dalam Bulutangkis.

TUNGGAL PUTRA

4 Pebulutangkis Putra Legenda, Taufik Hidayat [INA], Lin Dan [CHN], Lee Chong Wei [MAS] dan Peter Hoeg Gade [DEN] memulai karier 2012 dengan berbeda-beda.

Taufik Hidayat dan Peter Gade memulai awal tahun dengan tidak baik. Di Korea Open SSP, langkah mereka terhenti di Babak Pertama setelah dikalahkan pebulutangkis Non Unggulan hanya dengan straight game. Taufik kalah dari Rajiv Ouseph [ENG] dan Gade kalah dari Du Pengyu [CHN].

Di Malaysia Open SS, Taufik lebih baik dibanding Gade. Gade harus kalah di Round 2 sementara Taufik masih dapat melaju ke Babak Quarterfinal untuk bertemu Lee Chong Wei.

Sementara itu Lin Dan dan Lee Chong Wei berhasil melaju ke Final di Korea Open SSP meski yang menang adalah Lee. Hal berbeda ditunjukan Lin Dan di Malaysia. Lin Dan kalah dari Jan O Jorgensen. Sementara Lee masih mulus melaju.

Kekuatan lain datang dari Denmark dan Jepang. Lewat Jan O Jorgensen, Viktor Axelsen dan Hans-Christian Vitinghus menggebrak dengan mengalahkan beberapa pebulutangkis. Jorgensen mengalahkan Chen Jin di Korea dan Lin Dan di Malaysia. Sementara Hans-Christian dapat mengalahkan Lee Hyun Ill di Malaysia.

Di Jepang muncul nama Sho Sasaki dan Kenichi Tago. Kedua pebulutangkis ini adalah andalan Jepang meskipun kebanyakan terhenti di Semifinal atau Kuarterfinal.

TUNGGAL PUTRI

Dari sektor ini, China mendominasi. Di Kuarterfinal, Semifinal maupun Final banyak terjadi All Chinese. Selain Trio Wang, Jiang Yanjiao bisa mengalahkan Wang Yihan. Sementara Bae Youn Joo dari Korea bisa menembus pertahanan Wang Xin di Babak Pertama.

Selain Trio Wang dan Jiang Yanjiao, ada Saina Nehwal, Juliane Schenk dan Tine Baun yang masih sanggup menahan tembok China.

Indonesia sendiri sepertinya hanya mampu menonton di sektor ini. Para pebulutangkis Putri sepertinya hanya sanggup sampai di Babak Utama Round 1. Mungkin memang harus difokuskan untuk meningkatkan kualitas dan ranking dari mereka agar mendapatkan drawing yang enak.

GANDA PUTRA

China tidak terlalu mendominasi di sektor ini. Jepang, Korea dan Indonesia masih bisa menembus pertahanan China. Sebut saja Lee Yong Dae/Jung Jae Sung dari Korea, Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata dari Jepang dan Markis Kido/Hendra Setiawan dari Indonesia. Mereka masih bisa berada sejajar dengan Pasangan dari China, Chai Biao/Guo Zhendong dan Chai Yun/Fu Haifeng.

Nama dari Negara lain juga mulai bermunculan. Fang Chiech Min/Sheng Mu Lee dari Taipei mampu mengalahkan Muhammad Ahsan/Bona Septano. Sementara pasangan muda dari berbagai negara bisa menembus Kuaterfinal di Malaysia.

Kim Ki Jung/Kim Sa Rang dan Naoki Kawamae/Shoji Sato adalah salah satu pebulutangkis yang mampu menembus Kuaterfinal di Superseries 2012. Nama mereka patut diperhitungkan mengingat persaingan menuju Olympic 2012.

Jung Jae Sung sendiri, yang diperkirakan bakal pensiun pasca London 2012 akan meninggalkan Lee Yong Dae yang diperkirakan bersama dengan Ko Sung Hyun. Sementara Yoo Yeon Seong akan dipasangkan dengan Jang Ye Na di Mixed Double. Sedangkan Lee Yong Dae dan Ha Jung Eun adalah Ganda Campuran dadakan yang sukses menembus Final Korea dan menempatkan mereka di Rank 7 saat ini. Luar biasa.

GANDA PUTRI

Sektor ini Indonesia sepertinya juga mulai kehilangan taringnya. Tak hanya Indonesia, Wang Xiaoli/Yu Yang dapat dikalahkan oleh Ganda Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung di Babak Semifinal Korea Open SSP. Ha/Kim menang 12-21, 21-15, 21-17. Ini adalah sejarah. Mereka adalah pasangan kedua yang bisa mengalahkan Wang/Yu setelah Tian Qing/Zhao Yunlei.

Peta kekuatan Ganda Putri kini dikuasai oleh China, Korea dan Jepang. Wang/Yu dan Tian Qing/Zhao Yunlei menjadi wakil China, Ha Jung Eun/Kim Min Jung dan Jung Kyung Eun/Kim Ha Na menjadi wakil Korea sementara Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa, Shizuka Matsuo/Mami Naito dan Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna menjadi wakil Jepang.

Sementara, muda mudi seperti Vivian/Khe Wei Woon dan Shinta Mulia Sari/Lei Yao menjadi wakil muda yang bisa menembus pertahanan negara-negara itu.

GANDA CAMPURAN

Chan Peng Soon-Goh Liu Ying (Mas 1st)

Dari segi ini, hampir semuanya merata. Namun Zhang Nan/Zhao Yunlei ternyata kalah dari Chris Adcock/Imogen Bankier dari Britania Raya sana. Meski kalah, pasangan Indonesia Tontowi/Lilyana tak mampu meraih gelar juara maupun Runner Up. Mereka dikalahkan oleh pasangan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun yang baru dipasangkan dalam turnamen ini. Lee/Ha sangat bermain rapi.

Sementara pasangan Xu Chen/Ma Jin masih menunjukan konsistensinya. Sebagai pasangan yang senior, Xu/Ma bisa meraih gelar juara di Korea dan masih terus melaju di Malaysia.

Lin Dan (2012)

Untuk meraih emas Olimpiade, layaknya negara lain, Indonesia harus bekerja keras dan fokus untuk meraih poin setinggi-tingginya agar mendapatkan drawing yang memudahkan para pemain sendiri.

salam duaribuan…

Iklan