Simfoni Memori November 2011 : Indonesia Juara Umum SEA Games 2011

salam duaribuan…

Pesta Olahraga Negara-negara Asia Tenggara, SEA Games digelar untuk edisi ke 26 di tahun 2011 ini. Indonesia diberikan kesempatan menjadi tuan rumah. Sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil meraih gelar Juara Umum setelah terakhir meraih gelar ini di tahun 1997.

File:Logo SEAG 2011.jpg

Pesta Olahraga Negara se-Asia Tenggara ini dibuka oleh Presiden SBY di Gelora Sriwijaya, Palembang pada 11 November. Palembang dipilih sebagai main host sedangkan Jakarta dipilih sebagai co-host. Jakarta sendiri telah menjadi tuan rumah di tahun 1979, 1987 dan 1997. Palembang menjadi kota ketiga diluar Ibukota negara yang menyelenggarakan event SEA Games, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima.

Susi Susanti, legenda hidup bulutangkis Putri Indonesia diberi kepercayaan menyalakan obor pada Upacara Pembukaan SEA Games ke 26 di Palembang.

Wisma Atlet di Palembang dibangun untuk penginapan para atlet SEA Games dari berbagai negara. Maskot SEA Games adalah Modo dan Modi, sepasang Komodo, hewan reptil purba yang satu-satunya di Indonesia.

Dalam pesta olahraga 2 tahunan ini, ada 44 cabor dengan memperebutkan 545 medali emas. Meski dibuka 11 November 2011, Cabor Sepakbola memulai lebih dulu di tanggal 3 November. Indonesia meraih gelar juara setelah mendapatkan 182 emas, 151 perak dan 143 perunggu.

Thailand menjadi Runner Up dengan mendapatkan 109 emas, 100 perak dan 120 perunggu. Meski seperti berjalan sukses, event olahraga ini banyak diwarnai dengan berbagai masalah.

Sebulan jelang pembukaan, masih banyak venue yang belum selesai. Ini sangat mengkhawatirkan, namun ternyata SEA Games tepat waktu. Indonesia berbangga. Masalah transportasi adalah masalah yang paling dibicarakan oleh para media asing. Keterlambatan para atlet juga menjadi masalah karenanya.

Sementara itu, Wisma Atlet yang sudah mulai rusak pasca SEA Games masih tetap dibiarkan. Kasus Korupsi pembangunannya masih belum dituntaskan. Ini sangat memalukan bangsa Indonesia. Semua bidang kehidupan dikorupsi.

Yang paling mengharukan. 2 Suporter Timnas Indonesia tewas saat menonton laga Final (Gold Medal Match) Sepakbola SEA games ke 26 di GBK Jakarta. Kedua korban tersebut tewas setelah berdesakkan masuk ke dalam stadion sebelum laga final.

Seorang korban berhasil diidentifikasi bernama Reno, warga Cililitan, Jaktim. Korban diperkirakan berusia 20 tahun. Sementara seorang korban lain belum diketahui identitasnya. Kecelakaan itu digabung dengan kekalahan Tim Indonesia yang harus menerima medali perak karena kalah drama adu penalti atas Malaysia.

Yah, plus minus SEA Games ke 26 sudah dibahas. Meski begitu, Indonesia patut bangga dan senang karena berhasil meraih gelar Juara Umum. Semoga kita bisa mempertahankannya tahun 2013.

salam duaribuan…

Iklan