Simfoni Memori Februari 2011 : Meriahnya Oscar ke 83

salam duaribuan…

Bulan Februari, sebuah ajang penganugerahan perfilman ternama, digelar di Loss Angeles, Amerika Serikat. Itulah Academy Awards ke 83. Berbagai penghargaan diraih oleh para insan perfilman terbaik untuk edisi 2010.

83rd Academy Awards poster.jpg

Ajang Academy Awards ke 83 tahun 2011 digelar di Kodak Theatre di Hollywood, Loss Angeles, Amerika Serikat. Dalam Ajang Anugerah di The King’s Speech, Inception, The Social Network, Alice In Wonderland, The Fighter dan Toy Story 3 mendapatkan penghargaan.

A well dressed man and woman standing side by side in period dress

Digelar 27 Februari, Oscar ke 83 menganugerahkan 24 Piala Oscar kepada para pemenang. The King’s Speech dan Inception menjadi yang paling berjaya di Malam itu. Film yang diperkirakan menang pun, seperti Toy Story 3 dan The Social Network hanya mampu meraih masing-masing 2 dan 3 penghargaan di Piala Oscar.

Berkas:Kings speech ver3.jpg

Film Terbaik di Oscar ke 83 adalah The King’s Speech. Film ini berlatar drama di negara Britania Raya zaman Prince Albert yang menjadi King Albert VI.

Colin Firth menjadi denyut utama dari film ini. Memerankan Prince Albert, ia sangat kompeten menjalankan peran. Ia meraih penghargaan untuk Aktor Terbaik. Sukses itu diikuti oleh Sang Sutradara, Tom Hooper. Sukses itu tidak diikuti oleh Pemeran Utama Wanita Terbaik. Sang Swan Queen di Black Swan, Nina Sayers yang diperankan oleh Natalie Portman meraih Oscar untuk Aktris Terbaik.

The Fighter meraih pasangan Pemeran Pendukung baik Pria maupun Wanita Terbaik di Malam itu.

Close-up image of a man who is talking. His brown hair is short and he has a beard. He wears a black blazer and a blue striped shirt.

Christian Bale, Pemeran Pendukung Pria Terbaik

Portrait of a Caucasian woman on her early fifties. She smiles while she looks at the camera. She wears a white blouse and earrings.

Melissa Leo, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik

Gue sebenarnya dukung yang namanya film Social Network. Di Oscar, Social Network hanya mendapat 3 Oscar, yakni untuk Skenario Adaptasi Terbaik, Musik Orisinil Terbaik dan Penyuntingan Film Terbaik.

Gue mau sedikit nyeritain kisah Social Network. Ada seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg (dimainkan sama Jesse Eisenberg). Meskipun ia cerdas, mahir bertekno, dan sudah memiliki kekasih bernama Erica (Rooney Mara), tapi ia masih saja kesepian. Malah karena sifatnya itu, Erica memilih berpisah dari Mark dengan alasan karena Mark selalu menyendiri dan asyik dengan dunianya sendiri. Malamnya, di kamar yang redup, ia duduk di depan komputer dan membuat situs Facemash, yang menjadi cikal bakal Facebook, dimana cowok bisa menilai seberapa cantik gadis-gadis kampus

Setelah Facemash berganti nama menjadi Facebook, semua orang bisa berteman jika mereka memerlukan bantuan. Tapi, lama kelamaan ajang pergaulan global tanpa batas itu menjadi semakin curang. Jika seseorang merasa tak diperlukan lagi, maka temannya bisa memutuskan pertemanannya dengan orang itu. Ketika Facebook sudah dikenal luas, Mark tega meninggalkan Eduardo Saverin (Andrew Garfield), teman sekampus Mark yang ikut mendanai situs Facebook. Malah, Mark berkongsi dengan Sean Parker (Justin Timberlake, bagi penggemar Justin, nonton). Mungkin karena itu, Mark menjadi kaya dengan Facebook-nya sementara polemik baru telah dimulai. Kisah persahabatan di dunia, pekerjaan dan hubungan dunia maya adalah konflik utama dalam film ini.

Sungguh sangat prestisius ajang tahunan ini. Februari mendatang untuk edisi ke 84, Oscar 2012 bakal digelar untuk menghargai film-film populer sepanjang 2011.

salam duaribuan…

Iklan