Simfoni Memori Desember 2011 : Pemimpin Negara Misterius Kim Jong Il Tutup Usia

salam duaribuan…

Akhir tahun ini, Kim Jong-il, sang Pemimpin Korea Utara tutup usia. Beberapa hari Korea Utara menangis. Negara yang penuh misteri itu sangat bersedih. Bahkan saat jasad pemimpin itu diarak, puluhan masyarakat mendekat dan menangis.

Berkas:Kim Jong-Il.jpg

Kim Jong-Il adalah anak dari Kim Il-sung dan Kim Jong Suk. Dia memiliki seorang adik perempuan bernama Kim Kyong Hui yang menikah dengan Chang Sung Taek.

Kim Jong-Il memiliki empat istri, yaitu Song Hye-rim, seorang artis Korea Utara terkenal; Kim Young-suk; Ko Young-hee, artis penari etnis Korea kelahiran Jepang; dan Kim Ok.

Kim Jong-Il memiliki empat orang anak, yaitu Kim Jong Nam (dari Song Hye-rim), Kim Sul-song (dari Kim Young-suk), serta Kim Jong Chul dan Kim Jong Un (keduanya dari Ko Young-hee).

Pada tanggal 19 Desember 2011, kantor berita Reuters memberitakan bahwa Kim Jong-il meninggal dunia pada hari Sabtu, 17 Desember 2011 dalam sebuah perjalanan dengan kereta api.

Diumumkan bahwa pemimpin berusia 69 tahun itu meninggal karena kelelahan fisik dan mental setelah bekerja terlalu keras untuk memberi “bimbingan di lapangan”. Ia dimakamkan di Istana Pemakaman Kumsusan, Pyongyang.

Kim Jong-il diangkat menjadi Pemimpin menggunakan sistem di mana dialah satu-satunya calon pemimpin. Kim yang mendapat julukan Dear Leader juga menjabat sebagai Ketua Komisi Pertahanan Nasional dan Sekretaris Jenderal Partai pekerja Korea (berhaluan komunis).

Ulang tahun Kim Jong-il dirayakan sebagai salah satu hari libur di Korut, yakni 16 Februari. Ia menggantikan Sang ayah, Kim Il Sung yang merupakan Pemimpin Abadi Korea. Kim Jong-il memimpin sejak 1994-2011.

Kemungkinan, di tahun 2012, Kim Jong-nam, Putra King Jong-il diperkirakan bakal menggantikan sang ayah.

Pasca mangkatnya pemimpin Korea Utara itu, Korea Selatan mulai mengamankan perbatasan. Menlu Indonesia sendiri telah mengeluarkan press conference bahwa Indonesia berduka atas meninggalnya Kim Jong il dan meminta rakyat Korea Utara untuk kuat menghadapi cobaan ini.

Korea Utara memang sangat misterius. Bahkan informasi dari sana sangat sulit didapat. Pers juga ditegakkan menurut aturan pemerintah. Tapi, ketidakbebasan itu sangat dipatuhi oleh warga negara disana. Mereka sangat menghargaan pemimpin mereka. Selamat Jalan Kim Jong-il.. Selamat bertugas Kim Jong-nam…

salam duaribuan…

Iklan