Chen Long “Pemain Termuda di 10 Besar Dunia”

salam duaribuan…

Nominator MISTER BADMINTON 2011

Chen Long, salah satu pemuda berbakat China, Tahun ini menginjak usia 21 tahun. Muda, Berbakat dan Berprestasi adalah tiga kata yang tepat menggambarkannya. Dalam usia ini, ia berhasil masuk 10 Besar dunia dan menjadi pemain termuda di 10 besar Ranking BWF.

Pria yang bakal merayakan Hari Ulang Tahun ke 22 di tanggal 18 Januari mendatang ini adalah peraih medali Emas Asian Games 2010 di Guangzhou, China.

Di Denmark, Jepang, China Masters dan Thailand, Chen Long meraih juara. Bisa dihitung. Denmark adalah Superseries Premier, dengan hadiah cukup besar. China Masters dan Jepang adalah Superseries event dengan hadiah dan poin yang juga menjanjikan. Dengan hasil itu, ia pernah menjadi Tunggal Nomor 2, namun digeser oleh sang senior, Lin Dan.

Di Olimpiade 2012, Chen Long sepertinya bakal mendampingi Lin Dan ke London untuk menjadi wakil Tunggal Putra China. Pasca Olimpiade itu, beberapa pemain besar bakal pensiun atau mungkin menjadi pelatih. Sebut saja Peter Gade, Lin Dan (mengurus sang Istri, Xie Xing Fang), Taufik Hidayat dan mungkin juga Lee Chong Wei. Jika mereka benar-benar pensiun, Dunia sepertinya memihak Chen Long. Secara otomatis, posisinya di Ranking 3 akan naik ke Ranking 1 dan menjadi Tunggal Utama China di tahun 2013.

Di Superseries Final kemarin, Chen Long harus puas meraih perak setelah dikalahkan Lin Dan dengan straight game di Babak Final, 18 Desember lalu.

Awal kariernya dimulai di usia sangat belia, 10 tahun mulai menjalani latihan di persatuan bulu tangkis daerah Xia Men, China. Pada 9 Juni 2006, Chen Long berhasil masuk tim nasional China, dan berlatih bersama dengan pemain pemain dunia seperti Lin Dan, Bao Chun Lai, Chen Jin dan lain lain. Meskipun masih pemain lapis dua.

Satu tahun di dalam tim nasional, Chen Long berhasil menjadi juara di beberapa kejuaraan junior seperti Ya Qing Sai dan kejuaraan dunia junior. Pada Tahun 2008, Chen Long berhasil masuk tim utama China.

Pemain yang terkenal pemalu ini, ternyata memiliki alergi terhadap kosmetik. Itulah yang menyebabkan diri nya lebih senang berada di belakang kamera daripada mendapat sorotan dari publik.

Chen Long membantu China meraih Emas di Thomas Cup 2010, Kuala Lumpur mengalahkan Indonesia. Lagi-lagi di Sudirman Cup 2011 saat China menjadi tuan rumah, Berhasil mengangkat Piala Sudirman di Qingdao, China. Chen Long juga menyumbang prestasi disana.

Dengan bakat itu, duaribuan memilihnya menjadi salah satu nominator di Mister Badminton 2011. Untuk memilihnya, klik di Mister & Miss Badminton 2011.

salam duaribuan…

Iklan