Proyeksi Thomas & Uber Cup 2012 berdasar World Ranking

salam duaribuan…

Kejuaraan Bergengsi Beregu Putra dan Putri Thomas dan Uber Cup 2012 bakal digelar Mei mendatang di Wuhan, China. Wuhan berhasil menyabet tuan rumah setelah menggilas Indonesia.

Berdasarkan hasil Thomas dan Uber Cup lalu, China sebagai tuan rumah sekaligus Juara Thomas Cup 2010 dan Korea sebagai Juara Uber Cup 2010 langsung lolos ke Putaran Final di Wuhan, China.

Di Putaran Final 2010, Tim Thomas Indonesia menduduki peringkat 2 sedangkan Tim Uber Indonesia di peringkat 3 bersama Jepang. Dan Untuk edisi 2012, bagaimana prediksinya?

Untuk Kualifikasi 2012 akan mirip dengan Kualifikasi 2010, dimana Host dan Juara Bertahan akan langsung lolos ke Putaran Final sementara tim lain masih memperebutkan tempat di putaran final. Berikut akan ada bahasannya untuk anda.

Thomas Cup

Thomas Cup untuk Zona Asia akan ditempati 4 tempat untuk Putaran Final dan akan diperebutkan oleh puluhan negara. Berdasar prediksi saya, berikut adalah 4 tempat yang kemungkinan diisi negara berikut.

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Jepang
  4. Korea

Indonesia sangat besar kesempatannya dan masih sangat tangguh. Malaysia memiliki Lee Chong Wei sedangkan Jepang memiliki Kenichi Tago. Korea punya bintang yang sedang naik daun, Lee Hyun Ill yang memenangkan turnamen Korea GP Gold lalu dan mengalahkan Tommy Sugiarto.

Untuk Zona lain, berikut adalah Prediksinya…

  • Zona Eropa : Denmark, Jerman, Polandia
  • Zona Afrika : Nigeria
  • Zona Oceania : Australia
  • Zona Pan Amerika : Peru

Uber Cup

Uber Cup 2010 membawa kejutan dimana Korea berhasil mengalahkan China dan merebut Uber Cup untuk kali pertama dan menorehkan sejarah baru dalam Perbulutangisan mereka.

Uber Cup untuk Zona Asia akan ditempati 4 tempat untuk Putaran Final dan akan diperebutkan oleh puluhan negara. Berdasar prediksi saya, berikut adalah 4 tempat yang kemungkinan diisi negara berikut.

  1. Indonesia
  2. Jepang
  3. India
  4. Thailand

Indonesia sangat besar kesempatannya namun cukup diragukan. Thailand memiliki Saralee Thoungthongkam dan Kunchala Voravitchitchaikul yang kemarin menggilas Indonesia di SEA Games ke 26. Sementara India punya Tunggal besar Saina Nehwal besutan mantan pelatih Indonesia Atik Jauhari. Jepang pun sangat mampu lewat Mizuki Fujii/Reikha Kakiwa dan Eriko Hirose yang di Uber Cup lalu menembus Semifinal dan dikalahkan oleh Korea.

Untuk Zona lain, berikut adalah Prediksinya…

  • Zona Eropa : Denmark, Rusia, Jerman
  • Zona Afrika : Afrika Selatan
  • Zona Oceania : Australia
  • Zona Pan Amerika : Amerika Serikat

Meskipun begitu, Indonesia harus siap untuk bergala di kandang China, tepatnya di Wuhan. Indonesia bakal bersaing ketat. Semoga fokus Indonesia bisa masuk ke Putaran Final, jangan seperti 2006 dimana Uber gagal lolos kualifikasi. Itu sangat memalukan bangsa Indonesia.

salam duaribuan…

Iklan