ASEAN Para Games 2011 dimulai

salam duaribuan…

File:APGI2011 logo.jpg

Pesta Olahraga Para Penyandang Cacat Se-Asia Tenggara bakal digelar di Solo. Dan hari kemarin, beberapa kontingen dari negara sudah berdatangan. Bagaimana proyeksi rencana Juara Umum yang didengungkan oleh Menpora?

Wakil Presiden Budiono membuka perhelatan akbar ASEAN Para Games ke 6 yang digelar di Solo, Jawa Tengah tepatnya di Main Stadium, Manahan.

11 Cabang Olahraga bakal dilaksanakan oleh para atlet dari 11 negara ASEAN. Untuk pengetahuan saja, ASEAN ParaGames 2011 adalah edisi ke-6 dari ASEAN Para Games. APG adalah perintis bagi event pesta olahraga penyandang cacat di berbagai kawasan. Asian Para Games baru digelar sekali tahun 2010 lalu di Guangzhou. Asia Timur pun berencana menggelar hajatan sama, disusul negara kawasan Arab yang juga merencanakan menggelar hajatan bagi para penyandang cacat.

Pada senin kemarin, telah digelar hasil kualifikasi untuk masing-masing cabang olahraga berdasarkan jenis cacat dari peserta. Maksudnya gini, cacat yang sejenis bakal bersaing di nomor sendiri.

Rencananya, hasil kualifikasi itu bakal diumumkan untuk dilaksanakan pertandingan pada 14 Desember mendatang. Memang, melihat seseorang dengan kondisi tubuh tak sempurna, mungkin ada rasa iba dalam diri kita. Padahal rasa iba dan kasihan inilah yang terkadang tak diinginkan kehadirannya oleh mereka. Mereka ingin dipandang dengan derajat yang sama.

Prosesi penyalaan api kaldron ASEAN Paragames 2011, akan seseru SEA Games XXVI. Api di puncak kaldron akan dinyalakan dengan cara terbang plus mendaki, dan yang melakukannya adalah Sabar Gorky. si pendaki berkaki satu penakluk Elbrus dan Kilimanjaro.

Semoga Indonesia bisa mendapatkan gelar Juara Umum APG mengikuti gelar Juara Umum SEA Games yang telah diraih…

salam duaribuan…

Iklan