Kota Solo jelang ASEAN Para Games 2011

salam duaribuan…

File:APGI2011 logo.jpg

Setelah event SEA Games yang digelar di Jakarta dan Palembang 11-22 November lalu, Indonesia juga dipercaya menggelar multievent Para games ASEAN ke-6 di tahun 2011. ASEAN Para Games ke 6 akan digelar pada 12-22 Desember 2011 di The Spirit of Java City, Solo, Jawa Tengah.

Untuk diketahui, ASEAN Para Games (APG) mirip dengan Paralympic Games yakni pesta olahraga para penyandang cacat. Pesta olahraga para penyandang cacat ASEAN ke 6 itu mempertandingkan 422 nomor dari 11 cabang olahraga dengan 1.200 atlet peserta.

11 Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain Angkat Besi, Atletik, Bola Voli Duduk, Bowling, Goal Ball, Renang, Tenis Kursi Roda, Bulutangkis, Catur, Tenis Meja dan panahan.

11 olahraga itu akan diadakan di beberapa venue seperti Stadion Manahan (Upacara Pembukaan, Atletik, Upacara Penutupan), Stadion Sriwedari (Panahan), Sritex Arena Sports Center (Bulutangkis), Gedung Pendopo Balaikota Solo (Catur), Sritex Gymnasium (Goal ball), GOR Wanita (Angkat Berat), Tirtomoyo Manahan Aquatic Centre (renang), Diamond Convention Center (Tenis Meja), Bengawan Sport Hall (Bowling), Manahan Sports Center (Bola Voli Duduk) dan Manahan Tennis Court (Tenis Kursi Roda).

Asrama atlet nantinya dipusatkan di Wisma Haji Donohudan. Sedangkan untuk ofisial, pelatih, panitia, dan personel pendukung lainnya, panitia lokal telah menyiapkan kurang lebih 11 hotel terdiri atas bintang tiga, empat, dan lima dengan kapasitas 1.175 kamar.

Karena ini Solo, Upacara Pembukaan dan Penutupan akan istimewa, rencananya batik akan menjadi suguhan di dalam Upacara Pembukaan APG ke 6 di Stadion Manahan, Solo. Ada sekitar 400 media massa yang memfokuskan diri di Kota Solo dan melihat perkembangan sebelum, pelaksanaan dan pasca APG 2011.

Untuk Api obor ASEAN Para Games akan diambilkan dari api abadi di Mrapen, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (sama seperti SEA Games), pada 14 Desember 2011. Api obor tersebut selanjutnya dibawa secara estafet melawati Kota Semarang, Salatiga, Boyolali, dan baru masuk Solo.

Selama berlangsungnya multi event ini, di Wisma Haji Donohadun setiap malam digelar berbagai pertunjukan kesenian daerah secara bergiliran dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Selain itu dari pihak panitia setiap hari juga menyedikan bus untuk berwisata ke obyek-obyek wisata secara gratis bagi para atlet yang tidak bertanding.

Yah, Indonesia memang juara Umum SEA Games ke 26, tetapi untuk yang satu ini jangan mau kalah… APG juga harus dimenangkan Indonesia.

salam duaribuan…

Iklan