Pertahankan Juara Umum SEA Games!

salam duaribuan…

Pergelaran akbar SEA Games ke 26 tahun 2011 di Indonesia usai sudah, Indonesia memastikan gelar Juara Umum SEA Games ke 26. Tinggal bagaimana 2 tahun mendatang, Juara Umum atau melorot? Tidak tahu…

File:Jakabaring Aquatic Center, SEA Games 2011 Palembang 1.jpg

Jakabaring Aquatic Center, Venue Aquatic SEA Games ke 26

Ajang olahraga terbesar Masyarakat Asia Tenggara dibuka dengan spektakuler di Gelora Sriwijaya Stadium, Jakabaring Sport City yang dibangun hanya dalam waktu 6 bulan. Beberapa cabang olahraga penyumbang emas pun datang dari Jakabaring Sport City.

Event kenamaan Aquatic Center pun dilirik penghitung waktu Omega yang menjadi salah satu sponsor venue aquatic SEA Games ke 26 yang sudah berstandar Olimpiade Beijing 2008 lalu.

File:Indonesian athletes marching, SEA Games 2011 Opening.jpg

Opening Ceremony yang luar biasa disuguhkan sekaligus menjadikan salah satu upacara pembukaan paling spektakuler sepanjang penyelenggaraan SEA Games, bahkan diperhitungkan selevel dengan pembukaan Asian Games bahkan Olimpiade.

Kesuksesan menyelenggarakan upacara pembukaan tidak menyurutkan para atlet yang haus emas. 182 Emas diraih oleh atlet-atlet Indonesia sekaligus mengembalikan impian menjadi Juara Umum SEA Games ke 26 Tahun 2011. Thailand menyusul di tempat kedua dengan 109 emas, 100 perak dan 120 perunggu. Vietnam menjadi Runner Up 2 dengan 96 emas, 92 perak dan 100 perunggu.

Kejutan ada di Timor Leste, cabang kempo menyumbang 1 emas sekaligus membuat Brunei Darussalam menjadi juru kunci klasemen akhir SEA Games ke 26 Tahun 2011.

Ketua INASOC, Rita Subowo menyerahkan bendera SEA Games kepada Menteri Olahraga Myanmar sebagai tanda bahwa di 2013, Myanmar sanggup menjadi tuan rumah SEA Games ke 27 dan tentu saja, Indonesia bersiap kembali menjuarai ajang multievent 2 tahunan se Asia Tenggara itu.

Di tahun 2013, Myanmar menjanjikan perbaikan akomodasi dan sarana untuk SEA Games ke 27. 42 tahun lalu, Myanmar pernah menjadi tuan rumah untuk SEAP Games 1969.

Pada SEA Games ke 27, Myanmar hanya akan mempertandingkan Olympic Sport dan beberapa olahraga khas ASEAN. Hanya 27 sampai maksimal 32 cabang olahraga. Ini sangat jauh berbeda dari Indonesia yang menyelenggarakan 43 Cabor yang kebanyakan non Olympic Sport.

Ini tantangan berat buat Indonesia, di SEA Games ke 27 Indonesia harus meningkatkan cabang olahraga Olimpiade sehingga Indonesia bisa meraih Juara Umum kembali..

salam duaribuan…

Iklan