Flashback on Sepakbola SEA Games ke 26

salam duaribuan…

Olahraga ini sangat familiar bagi orang Indonesia, Sepakbola. Bahkan menjadi event terakbar di beberapa multievent sport, tak terkecuali SEA Games 2011 yang digelar di Indonesia. sayangnya Indonesia hanya menyisakan Perak untuk dibawa pulang karena kalah dari musuh bebuyutan Malaysia.

SEA Games Cabor Sepakbola 2011 digelar di 2 lokasi, Stadion GBK Jakarta untuk Grup A dan Stadion Lebak Bulus untuk Grup B. Grup A dihuni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Kamboja sedangkan Grup B ada Vietnam, Myanmar, Timor Leste, Laos, Brunei Darussalam dan Filipina.

Berikut adalah flashback dan ulasan Sepakbola SEA Games ke 26 di Jakarta 2011.

Grup A

Malaysia menjuarai Grup B dengan hasil 3 kali menang dan 1 kali draw melawan Singapura. Indonesia sendiri berada di Runner Up Grup B dengan 3 kali menang dan 1 kali kalah. Indonesia menang melawan Kamboja (6-0), melawan Singapura (2-0) dan melawan Thailand (3-1). Sementara Indonesia pun juga kalah dengan Malaysia (0-1).

Thailand yang dikenal sebagai pemenang emas beberapa kali di SEA Games harus disingkirkan Indonesia dengan skor 2-1. Hal ini sekaligus pertanda turunnya level Sepakbola Thailand.

Dengan hasil itu, Indonesia mendampingi Juara Umum Malaysia melangkah ke Babak Knockout SEA Games ke 26 tahun 2011.

Grup B

Vietnam menjuarai Grup B dengan 3 kali kemenangan dan 1 kali seri melawan Myanmar yang mendampinginya menuju Babak Knockout SEA Games ke 26.

Sementara itu, Filipina menahan kekecewaan dimana ia harus 4 kali kalah dan sekali menang melawan Laos (3-2). Filipina menjadi juru kunci klasemen Grup B sekaligus tersingkir.

Knockout Stage

Di Babak Knockout, Semifinal 1 antara Malaysia dan Myanmar berlangsung sengit, namun gol dari Fakhri menjadi satu-satunya gol yang tercipta sekaligus menghantarkan Malaysia ke Final SEA Games ke 26 Football.

Semifinal 2 mempertemukan Juara Grup B Vietnam dengan tuan rumah Indonesia. Tampil di depan puluhan ribu rakyat penonton, Indonesia berhasil menang 2-0. Gol itu diciptakan oleh Patrick Wanggai dan Titus Bonai.

Dengan kedua hasil itu, Myanmar dan Vietnam memperebutkan medali Perunggu. Pertandingan yang digelar Senin, 21 November sore dimenangkan oleh Myanmar dengan skor 4-1 sekaligus menjadi pertanda naiknya sepakbola di Myanmar yang akan menjadi tuan rumah SEA Games ke 27 tahun 2013.

Di Babak Final, Indonesia menjamu Malaysia. Pertandingan berlangsung sangat lama sampai bosen gue tinggal tidur. Ternyata, pertandingan berlangsung dengan skor 1-1 sampai Overtime. Babak Pinalti pun digelar. Indonesia pun harus menangis, emas SEA games ke 26 gagal diraih. Impian emas yang terakhir direngguk 20 tahun lalu harus dipendam lagi.

Di saat itu pula beberapa pemain Indonesia menitihkan air mata. Malaysia menang 4-3 melalui adu pinalti. Gunawan Dwi Cahyo dan Ferdinand Sinaga gagal memasukkan gol ke gawang Fahmi.

Meskipun kalah, Liga Indonesia diakui oleh PSSI sebagai salah satu liga terbaik di Asia dan diperhitungkan oleh pemain-pemain asia Tenggara. Fahmi, Penjaga Gawang Malaysia berencana akan main di Liga Indonesia.

salam duaribuan…

Iklan