Flashback on Basket SEA Games ke 26

salam duaribuan…

Olahraga ini menjadi salah satu primadona di sekolah-sekolah. Basket, adalah salah satu olahraga yang juga diselenggarakan di SEA Games ke 26. Tepatnya di Kelapa Gading Sports Mall Jakarta.

Ada 2 emas yang diperebutkan di Cabor Basket yakni dari Men’s turnament dan women’s turnament. Dari 2 medali emas yang diperebutkan di Cabor Basket, Indonesia hanya meraih 1 perunggu, itu pun di men’s turnament saja. Jadi Indonesia berada di peringkat ketiga bersama Malaysia. Gelar Juara Basket Asia Tenggara diraih Filipina dengan 1 emas dan 1 perak bersama dengan Thailand yang meraih 1 emas dan 1 perak juga.

Yah, kita flashback Basket SEA Games ke 26…

1. Men’s Turnament

Dari 8 tim yang ikut serta dalam Basket Putra SEA Games ke 26, dibagi menjadi 2 Grup, yakni Grup A (Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja) dan Grup B (Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura).

Filipina menjadi Juara Grup A didampingi Thailand sedangkan Indonesia menjuarai Grup B bersama Malaysia. Di Babak Knockout, Filipina bertemu Malaysia dan dimenangkan Filipina dengan 103-74 dan Indonesia bertemu Thailand dan dimenangkan Thailand dengan skor tipis 65-62.

Di Babak Final, Filipina mengalahkan Thailand dengan 85-57. Tempat ketiga diraih Indonesia dengan mengalahkan Malaysia dengan skor 78-54. Dan Berikut adalah klasemen Basket Putra Asia Tenggara pasca SEA Games ke 26.

  1. Filipina
  2. Thailand
  3. Indonesia
  4. Malaysia
  5. Singapura
  6. Vietnam
  7. Kamboja
  8. Myanmar

2. Women’s Turnament

Untuk Women’s Turnament, ada 5 tim yang berlaga di SEA Games Women’s Basketball Turnament yakni Thailand, Filipina, Malaysia, Myanmar, Indonesia.

Di nomor ini, Indonesia menjadi bulan-bulanan dengan dikalahkan semua tim termasuk Myanmar dan Malaysia. Dengan sistem satu grup, maka juara Grup secara otomatis menjadi Peraih Emas SEA Games ke 26.

Di Women’s turnament, Indonesia dikalahkan Myanmar 78-86, dikalahkan Thailand 61-56, dikalahkan Malaysia 48-70 dan dikalahkan Filipina dengan 68-73. Lengkaplah sudah penderitaan Indonesia. Berikut adalah klasemen Basket Putri Asia Tenggara pasca SEA Games ke 26

  • Thailand
  • Filipina
  • Malaysia
  • Myanmar
  • Indonesia

Kelapa Gading Sport’s Mall pun tidak mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Memang Cabor ini tidak menjadi andalan emas karena Indonesia kurang familiar dengan yang namanya basket.

salam duaribuan…

Iklan