Google Panda Mengerikan!

Gue udah semangat-semangatnya Ngeblog tahun 2011, namun tiba-tiba pembaharuan di Google membuat terjadinya kocar kacir baru. Whaattt?

Because of Google Panda!!

Google Panda ini pembaharuan baru oleh Google untuk Search Engine Operation (SEO) nya. Alasan Google, katanya ketika kita ngetik, kadang di halaman pertama pencarian, kebanyakan merupakan artikel-artikel yang menurut Google itu berkonten farm?? Awalnya gue bingung, tapi gue kasih tahu…

Content Farm maksudnya adalah konten-konten yang isinya bukan konten asli, kebanyakan merupakan artikel nonsah yang terkadang copas atau berisi konten-konten kopian. Lah, duaribuan terimbas Google Panda.

Google Panda baru diluncurkan tahun 2011 lalu, tepatnya di Bulan Februari. Namun, untuk search engine berbahasa Indonesia, baru tiba Bulan Agustus Lalu. duaribuan pun ternyata terkena. Trafik blog duaribuan turun jatuh. Dari biasanya 1.000 di Minggu ketiga September, namun turun jatuh menjadi 100 pengunjung di bulan September. Padahal, rencananya, gue target trafik blog tiap bulan tuh naik terus.

Kesalahan fatal gue adalah, gue sering copas foto-foto yang ada di blog lain buat copas foto-foto di blog gue. But, gue masih punya beberapa artikel yang masih bertahan mendongkrak blog gue. diantaranya, Tutur TinularKupinang kau dengan Bismillah dan Iman kita yang berbeda.

Namun, ada beberapa hal yang mulai sekarang bakal gue lakuin buat tetap eksis dalam dunia weblog di Search Engine Google.

Yang Pertama, Gue bakal mulai buat blog secara periodik dan orisinil. Soalnya, blog yang bakal ditempatin dihalaman depan Google itu yang orisinil dan paling dicari oleh masyarakat.

Yang Kedua, namanya blog yang bagus, pasti harus dicari banyak orang, supaya bisa begitu, kita musti nyari popularitas, lewat blog lain. yah, minimal, like, comment, tinggalkan pesan dan sejenisnya biar bagus.

Yang Ketiga, gue memperbaharui blog gue, tampilan blog akan mempengaruhi minat untuk melihat blog. gue mulai mencari tampilan-tampilan buat ngedrop up blog gue biar naik lagi.

Yah, buat ngasih tahu.. Google Panda itu kebaikan Google buat orang-orang yang udah jujur buat blog orisinil sejak dulu. Yah, biar aku juga ikut jujur, Google bikin begini. Jadi, buat blog yang paling orisinil dan fresh, jangan copas, biar blog kita ada di halaman pertama pencarian Google, kalo copas, bisa-bisa blog kamu terlempar ke halaman paling akhir atau hilang dari peredaran di search engine Google.

