Google Indonesia and The Big Champaign

INVESTIGASI OKTOBER 2011

” GOOGLE INDONESIA AND THE CHAMPAIGN “

© duaribuan 2011

Google Indonesia yang biasa kita akses lewat website www.google.co.id meluncurkan suatu ide kampanye besar bertajuk “Jadikan Internet Seluas Kreasimu”. Tahukah anda? Inilah salah satu kampanye besar khususnya untuk Google South East Asia dan merupakan kampanye kedua yang digelar di Asia Tenggara setelah Thailand.

Dalam melaksanakan kampanye besar itu, Google mengembangkan kampanye lewat televisi lokal Indonesia. Tahukah anda, apa saja iklan-iklan Google itu?

Lia Tersayang

Awalnya, saya agak aneh melihat iklan ini. Iklan ini mengisahkan ibu dan ayah bernama Lia dan Dani yang memanfaatkan Internet untuk melakukan hal-hal yang luar biasa, seperti berbagi momen-momen spesial dengan sang anak. Melalui iklan ini, Google Indonesia berpesan kepada seluruh ayah dan ibu dimanapun anda berada, bahwa dengan internet, anda bisa berbagi dengan siapapun dan kapanpun. Inilah yang membuat Google membuat Big Champaign bertajuk ‘Jadikan Internet Seluas Kreasimu’.

Blood for Life

Iklan seri kedua ini awalnya saya mampir trus ketemu iklan yang beda, awalnya saya mengira ini pasti iklan PMI atau Lembaga Donor Darah lainnya. Tetapi, setelah beberapa menit, ternyata ini mengangkat mengenai internet dan diakhir cerita, ternyata ini menceritakan tentang kekuatan internet untuk berbagi. Setelah saya cari tahu, ternyata ada seorang bernama Valencia Randa yang menjadi perantara bagi mereka yang membutuhkan donor darah dan yang mau menjadi pendonor. Melalui iklan ini, Google memperlihatkan betapa kuatnya internet yang bisa menyembuhkan atau mengobati satu nyawa oleh transaksi donor darah.

Indonesia Berkebun

Iklan ini beda lagi, iklan yang baru-baru ini muncul mengangkat masalah kurangnya lahan hijau. Ridwan Kalmil dan beberapa temannya memulai berkebun di lahan kota yang terlantar. Ridwan Kamil mengajkak teman-temannya lewat gencarnya kekuatan internet untuk menggerakan kegiatan berkebun di lahan terlantar kota untuk menjadi lahan hijau yang nyaman. Google Indonesia pun sepertinya berpesan, gerakan besar bisa dimulai dari kekuatan internet.

Big Champaign Google Indonesia bertema ‘Jadikan Internet Seluas Kreasimu sudah jelas sangat diperlihatkan dari 3 iklan diatas. Google Indonesia berpesan, Internet bisa dipergunakan untuk semua kalangan sesuai kreasi masing-masing, entah pendidikan, sosial, budaya, ekonomi sampai politik dan olahraga.

Karena memanfaatkan internet, semua orang pasti menggunakan Google yang menjadi raksasa internet dunia. Google mengajak semua orang untuk bisa mengakses internet. Google pun mempromosikan Google Chrome sebagai browser andalan untuk mengakses internet.

Setelah gencar menyerukan iklan lewat Big Champaign ‘Jadikan Internet Seluas Kreasimu’, Google berencana berinvestasi di Indonesia untuk mendirikan data center setelah sebelumnya mendirikan di Singapore dan Malaysia.

Melalui investigasi kali ini, duaribuan akan mencoba melihat bagaimana keperkasaan Google di bidang internet. Google memang merupakan salah satu search engine terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia. memiliki berbagai fitur sehingga banyak diminati mulai dari jejaring sosial Google+ sampai e-mail Gmail.

Namun, dibalik itu semua, Google juga memiliki strategi tersembunyi dibalik strateginya untuk mendunia. Google berencana membuka kantor di Indonesia. Berbeda dengan di kantor pusatnya AS, kantor Google di Indonesia lebih berfokus pada kepentingan pemasaran, melihat sebagian besar pemasukan iklan Google berasal dari kalangan perusahaan usaha kecil menengah (UKM), yang sangat menjamur di tanah air. Kendati ‘hanya’ kantor pemasaran, ini tetap saja menjadikan peluang bagi warga Indonesia untuk memulai kerja di perusahaan sekelas Google.

Namun, Google punya beberapa kritikan seperti membuat beberapa aplikasi dan fitur yang terkadang menguak rahasia suatu negara. Memang, Indonesia dilirik oleh Google. Tapi, bagaimana nasib kita kalau terjadi hal-hal yang merugikan?

Kita tidak tahu, tetapi pastinya, Google dan The Big Champaignnya sepertinya memiliki kesamaan visi dengan Indonesia, yakni menjadikan Internet seluas kreasi kita semua…

investigasi 2000an © duaribuan 2011

Iklan