Ratchanok Inthanon “Putri Supir Bisa Juara”

salam duaribuan…

Nominator MISS BADMINTON 2011

Ratchanok Intanon, masih sangat muda, bahkan paling muda diantara Miss Badminton lain. ia adalah Putri asal Thailand yang berusia 16 tahun. Namun, segudang prestasi dibawanya ke Bangkok. Mengharumkan nama bangsa.

Ratchanok Inthanon adalah peraih hattrick BWF World Junior Championship sejak 2009 sampai 2011 ini. Ia juga meraih Medali Perunggu Asian Games 2010 dan menghantarkan Thailand meraih emas untuk Beregu Putri di SEA Games ke 26 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut anda, kenapa saya menempatkannya di bagian terakhir Miss badminton, karena selain paling muda, kariernya bakal cemerlang. Baru berusia 16 tahun. Siapa sangka, ia dalah anak seorang Supir Pribadi Pelatih Bulutangkis-Nya. Anak Supir jadi Juara.

Rekor permainanya cukup baik, Ia pernah mengalahkan Lindaweni Fanetri, Aprilia Yuswandari, Maria Febe Kusumastuti dan Maria Elfira Christina di Vietnam Challenge beberapa waktu lalu. Saking hebatnya, Pelatnas Thailand membawa Susi Susanti, legenda hidup bulutangkis Indonesia ke Bangkok untuk menjadi Guru tamu di Pelatnas Thailand.

Susi Susanti pun mengakuinya kehebatan Inthanon ini, menurut penuturan istri Alan Budikusuma ini, Ratchanok merupakan pemain yang komplit alias sempurna, sehingga dalam waktu beberapa tahun ke depan, pemain Thailand itu sudah menjadi bintang besar.

Meski di Olimpiade 2012 nanti, Ratchanok dipastikan lolos ke Putaran di London sebagai Tunggal Thailand kedua (yang pertama Porntip Buranaprasertsuk) sebagai Pemain berperingkat 14 Dunia, namun Asosiasi Bulutangkis Thailand baru mempersiapkan Intanon ini untuk matang di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Publik Indonesia sudah mulai mengenal Putri Thailand ini pasca ia menjuarai Indonesia Open GPG 2010 di Samarinda. Namun di Tahun 2011 ini, ia dijegal dan harus berhenti di Babak Perdelapan Final.

Ratchanok tak hanya bermain di sektor tunggal. Ternyata, dia juga sering bermain di sektor ganda, meskipun belum pernah meraih gelar juara. Hal tersebut, menurut Susi, menjadi sebuah kelebihan bagi sang pemain. Ratchanok pernah berpasangan dengan Chanida Julrattanamanee saat mengalahkan pasangan Korea Selatan Park Shin Hye/Yeo Sook Yoon.

Di Tahun lalu, tahukah anda, mengapa si Junior ini tidak bisa berlaga di Youth Olympic Games di Singapore dan digantikan Sapsiree? Ternyata, ia masih terlalu muda usianya. Kala itu, ia masih berusia 15 tahun.

Di tahun ini, selain Emas BWF World Junior Championship, ia juga menjadi Runner Up Chinese Taipei Open 2011 dan semfinal di Denmark Open SSP, US Open GPG dan Australia Open GPG.

Dengan bakat itu, duaribuan memilihnya menjadi salah satu nominator di Miss Badminton 2011. Untuk memilihnya, klik di Mister & Miss Badminton 2011.

salam duaribuan…

About these ads