Kapan Emas Sepakbola kembali ke Indonesia?

INVESTIGASI NOVEMBER 2011

” KAPAN EMAS SEPAKBOLA KEMBALI LAGI KE INDONESIA? “

© duaribuan 2011

Meskipun udah jauh meninggalkan November. Tetap, duaribuan harus memberikan investigasi seputar November. Di Bulan lalu, duaribuan tidak sepenuhnya mengabarkan kabar SEA Games ke 26.

But, untuk Sepakbola, Bulutangkis, Basket dan Atletik, duaribuan mengabarkannya. Dan ini gue bakal memberikan investigasi seputar SEA Games ke 26. Judul “Kapan Emas Sepakbola kembali ke Indonesia?”

File:Gelora Bung Karno Stadium, Night.jpg

meskipun Pergelaran Akbar 2011 SEA Games telah usai, Indonesia membawa kabar baik, Indonesia kembali menjuarai SEA Games setelah berkutat di 5 besar selama hampir 14 tahun.

Dari 18 kali keikutsertaan Indonesia di Sepakbola SEA Games. Indonesia hanya menyabet 2 gelar di tahun 1987 dan 1991, seterusnya Hanya Malaysia dan Thailand yang meraihnya. Sungguh Ironis, Indonesia yang Juara Umum 10 kali, hanya mampu merebut gelar Emas Sepakbola 2 Kali. Sangat tidak sepadan!

Digadang-gadang menjadi Juara Umum, di awal-awal Indonesia cukup menjanjikan. Di Babak Grup, Indonesia melibas Kamboja 6-0, menghantam Singapura 2-0, melumat Thailand 3-1 namun harus kalah 0-1 dari Malaysia yang merupakan musuh bebuyutan Indonesia.

Namun, masyarakat tak terlalu khawatir kekalahan itu karena saat itu Indonesia menurunkan lapis kedua pesepakbola Tim U-23 Indonesia. berlaga di Semifinal, Indonesia kembali menghabisi Vietnam 2-0.

Diduga karena kelelahan, Indonesia akhirnya kalah atas Malaysia lewat adu penalti. Setelah 90 laga berlangsung, awalnya Gunawan Dwicahyo membanggakan dengan membuat gol di menit ke-5. Namun menjelang turun minum, Asrarudin Putra Omar membuat kedudukan imbang di menit ke 34. Indonesia-Malaysia 1-1. Beberapa goal dilesatkan Indonesia namun lebih dulu terjadi off side.

Akhirnya, pertandingan yang berlangsung lama itu, dilanjutkan dengan Penalties Shootout. Malaysia menang 4-3 atas Indonesia. Dari 5 penalti yang dilesakkan, hanya Gunawan Dwicahyo dan Ferdinand Sinaga yang tidak masuk ke gawang Kiper Malaysia.

Kegagalan itupun disambut tangis haru Sinaga dan seluruh penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Indonesia kembali dikalahkan oleh Malaysia di kandang sendiri setelah di Final AFF Suzuki Cup 2010 lalu, Indonesia juga bertemu Malaysia di Final.

Meskipun gagal meraih Emas Sepakbola, Oktovianus Maniany menjadi Pemain Terbaik Sepakbola SEA Games ke 26. Sementara 6 gol yang dilesakkan Pesepakbola Laos, Lamnao Singto membuatnya menjadi Pencetak Gol terbanyak Sepakbola SEA Games ke 26.

Pertemuan Indonesia-Malaysia ini adalah pengulangan di Gold Medal Match pada SEA Games 1979 dan 1987. Dimana di tahun 1979, Indonesia dikalahkan oleh Malaysia dengan 0-1 dan di tahun 1987, Indonesia membalasnya dengan mengalahkan Malaysia dengan 1-0 pada extra time.

File:Logo SEAG 2011.jpg

Meskipun gelar Juara Umum SEA Games ke 26 diraih oleh Indonesia dengan mendapatkan 182 emas, 151 emas dan 143 perunggu, namun tanpa Emas Sepakbola SEA Games, rasanya tak lengkap. Indonesia harus mendapat Emas Sepakbola SEA Games, kapan dan dimana? Hanya tuhan yang tahu, 2013 bisa? 2015? 2017? atau mungkin 2023 atau 2025? kita tidak tahu, yang pasti, Pertahankan Juara Umum SEA Games!!

investigasi 2000an © duaribuan 2011

About these ads