Profil Nominasi BWF Best Male Player of The Year 2011

salam duaribuan…

Nominasi BWF Best Player of The Year telah diumumkan kemarin, dan kalian pasti memang udah tahu beberapa nama pebulutangkis, namun, gue mau ngasih tahu apa-apa aja yang menyebabkan mereka-mereka dipilih BWF untuk menjadi salah satu Pebulutangkis Terbaik Dunia 2011. Kita simak ulasannya berikut.

Untuk Pebulutangkis Putra Terbaik ada 9 nominasi. dan kita bakal ulas satu persatu nominasinya.

1. Lee Chong Wei [Malaysia]

Dari Facebook BWF, per 5 Desember 2011, telah ada 265 Like-ing di   Foto Lee Chong Wei. untuk diketahui, Lee Chong Wei adalah Tunggal Putra Nomor 1 Dunia sampai saat ini bahkan bertahan lama di posisi itu.

Prestasinya di tahun ini cukup cemerlang, ia meraih 5 gelar Superseries yakni pada Malaysia Open, All England, India Open, Indonesia Open dan France Open.

Sayangnya, ia tidak berhasil meraih gelar Juara Dunia BWF 2011 karena kalah sangat tipis dari Lin Dan bahkan meraih Gold Medal Poin terlebih dahulu sampai Lin Dan berhasil menyamakan kedudukan. Ia bahkan sampai menangis waktu naik podium Silver Medal di London BWF World Badminton Championship 2011 lalu.

2. Lin Dan [China]

Tunggal Putra Nomor 2 Dunia, Lin Dan juga berhasil masuk Nominasi Best Male Player 2011. Ia telah menjadi Juara Dunia BWF selama 4 kali dari tahun 2007, 2009, 2010, 2011 dan juga meraih Medali Emas Olimpiade Beijing 2008. Ia juga meraih 3 title Superseries di tahun 2011, yakni pada Korea Open, Hongkong Open dan China Open.

Namun, sangat disayangkan, ia adalah salah satu pemain yang menciderai yang namanya Sportifitas. Demi mengejar target Negaranya untuk meloloskan sebanyak mungkin atlet ke Olimpiade London 2012, ia sering Walkover di berbagai event Superseries, terutama ketika melawan rekan senegaranya dari China.

Misalkan pada Singapore Open, Lin Dan walkover dan menyerahkan gelar kepada Chen Jin. Namun, ketika ia bermain di negara sendiri, ia tak mau kalah dan memenangkan 2 event Superseries terakhir, China Open dan Hong Kong Open.

3. Chen Long [China]

Sekarang turun lagi ke Tunggal Nomor 3 Dunia Chen Long yang juga jadi nominasi di BWF Best Male Player. Di Tahun ini, ia meraih 3 gelar Superseries berturut-turut yakni pada China Masters, Japan Open dan Denmark Open. Bisa dibayangkan betapa banyak duitnya…

Ia pun membanggakan, di usia yang baru 22 tahun, ia telah menjadi Top 3 BWF Ranking 2011. Dan untuk diketahui, ia merupakan pemain termuda yang ada di 10 besar BWF Ranking.

Di 2 Final Superseries, ia berhasil mengalahkan Unggulan 1 Lee Chong Wei, yakni pada Japan Open dimana ia menang dengan skor 21–8, 10–21, 21–19 dan di Denmark Open dimana ia menang straight set dengan 21–15, 21–18.

Namun, ia sangat mengejutkan di BWF World Championship, ia harus kalah dari Pemain Non Unggulan, Kevin Cordon dari Guatemala padahal ia baru memulainya di First Round. Tapi, secara keseluruhan baik..

4. Peter Hoeg Gade [Denmark]

Tunggal Nomor 4 Dunia juga masuk, Peter Hoeg Gade. Di tahun ini, dia berusia 34 tahun, cukup tua untuk seorang atlet bulutangkis. Meskipun tidak dapat meraih gelar Superseries tahun ini, dia berhasil menjadi Runner Up di 2 event Superseries yakni di Indonesia Open dan India Open dan keduanya bertemu dengan Lee Chong Wei.

Di ajang BWF World Championship 2011, ia hanya dapat meraih Bronze Medal. Ia mungkin cukup berkualitas, sayangnya ia tidak meraih gelar Superseries. Mungkin, ia menjadi salah satu senior yang akan menanggalkan raket pasca Olimpiade London 2012.

5. Cai Yun/Fu Haifeng [China]

Cai Yun/Fu Haifeng adalah Juara Dunia BWF tahun 2011, dan mereka adalah ganda andalan China pertama. Di Olimpiade 2008, mereka hanya dapat meraih Medali Perak karena dikalahkan Markis Kido/Hendra Setiawan di Final.

Menduduki peringkat 1 Dunia  Ganda Putra, Cai Yun/Fu Haifeng meraih 4 gelar yakni Singapore Open, Indonesia Open, Japan Open dan Hong Kong Open.

Meskipun Ganda Nomor 1 Dunia, ia punya rekor pertemuan yang jelek dengan Pasangan Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, Cai/Fu kalah rekor 2-4.

6. Jung Jae Sung/Lee Yong Dae [Korea]

Kalo Cai/Fu itu Urutan 1 Dunia, ini Ganda No. 2 Dunia, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae. Jung/Lee meraih 4 gelar Superseries yakni pada Korea Open, China Masters, Denmark Open dan France Open.

Mereka pun meraih Medali Perunggu di BWF World Championship 2011 dan rekornya mereka mengalahkan Cai Yun/Fu Haifeng sebanyak 4 kali di tahun 2011.

Kalo kelemahannya, mungkin pasca NIKAH, Jae Sung agak kikuk masuk Lapangan ketika di Djarum Indonesia Open 2011 ia dikalahkan pasangan muda Angga Pratama/Ryan Agung Saputra.

7. Mathias Boe/Carsten Mogensen [Denmark]

Urutan 3 Ganda Putra, Boe/Mogensen juga masuk ke daftar Nominasi.  Ia adalah satu-satunya Ganda Eropa yang berhasil masuk ke Nominasi Best Male Player. Di tahun ini, Boe/Mogensen meraih 2 gelar Superseries yakni di All England dan China Open.

But, gue melihat pasangan ini adalah pasangan yang kadang naik, kadang turun, pernah jadi Nomor 1, tapi turun. Mungkin udah tua kali ya…

8. Zhang Nan [China]

Zhang Nan adalah pasangan Mixed Double Nomor 1 Dunia bersama Zhao Yunlei. Selain meraih Juara Dunia BWF 2011, mereka juga menjadi Juara Asia 2011.

Di tahun ini, Zhang Nan (bersama Zhao) meraih 4 gelar Superseries yakni pada Korea Open, Indonesia Open, Hongkong Open dan China Open. Di waktu itu, mereka selalu ke final. Bahkan tidak pernah menjadi Runner Up.

Tapi sampai Bulan November, Zhang/Zhao hampir setiap bertemu Ganda Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen mereka selalu kalah.

9. Joachim Fischer Nielsen [Denmark]

Yah, ini Ganda Campuran juga, Nomor 3 Dunia, Joachim Fischer Nielsen. Bersama Christinna Pedersen, mereka meraih 2 gelar Superseries yakni di Denmark Open dan France Open.

Bersama Pedersen, Fischer memenangkan rekor pertemuan dengan 4-2 atas Zhang Nan/Zhao Yunlei. Namun, mereka sempat terkalahkan oleh Liliyana Natsir/Tantowi Ahmad dengan 12-21, 13-21 pada Quarterfinal BWF World Championship 2011.

Yah, itulah mereka-mereka yang berhasil menjadi Nominasi. Mau tahu siapa pemenangnya, tunggu saja…

salam duaribuan…

About these ads