8 Stadion untuk Masa Depan Indonesia

salam duaribuan…

Stadion Jakabaring yang dipersiapkan untuk SEA Games 2011

beberapa bulan lalu, Indonesia mendaftarkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, namun gagal karena pemerintah belum menyetujui keikutsertaan Indonesia. Namun, memang ada rencana untuk membangun Stadion Sepakbola di Indonesia.

Berikut adalah beberapa stadion yang kemungkinan akan dimiliki Indonesia di masa depan.

1. Stadium Bae Kudus

Kudus akan memiliki sebuah stadion madya berkapasitas 40.000 kursi. meskipun masih dalam tahap perencanaan, kemungkinan stadion ini akan menjadi salah satu stadion berkapasitas besar yang dimiliki oleh Indonesia di masa depan.

Stadion Bae akan memiliki Tribun, tempat duduk, rumput, drainase, penerangan, papan skor dan kondisi serta fasilitas penunjang yang berstandar tinggi.

2. Stadium Batakan Balikpapan

 

Balikpapan juga akan memiliki stadion besar yang dibangun sejak tahun 2008 dan saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Bertipe Stadion Sepakbola Modern, stadion ini akan menjadi salah satu stadion berkelas internasional. Di masa depan, Persiba Balikpapan akan bermarkas di stadion ini.

Kapasitas tempat duduk hampir 30.000 serta didukung segala fasilitas seperti press conference standart FIFA, dua gedung olahraga (GOR) untuk volley ball dan bulu tangkis. Tak hanya itu di kawasan komplek stadion juga akan dilengkapi dengan lapangan tennis, arena futsal, taman rekreasi, area parkir yang luas, lintasan atletik, kolam resapan dan sportmall yang dilengkapi arena bola basket.

3. Stadium Dompak Tanjung Pinang

Pada tahun 2012 nanti, diperkirakan Stadion Dompak akan selesai. Stadion yang dibangun di Pulau Dompak, tepatnya di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau ini akan menjadi stadion dengan kapasitas 40.000 kursi. Meskipun bertipe stadion lama, stadion ini akan menjadi salah satu stadion berkelas internasional.

4. Stadium Gede Bage Bandung

 

Pada tahun 2011/2012 nanti, diperkirakan Stadion ini akan rampung. Berkapasitas 40.000 kursi, Stadion Gedebage akan menjadi salah satu stadion besar di Indonesia. Stadion Gedebage merupakan stadion masa depan Persib Bandung untuk menjalani partai kandang di Kompetisi Liga Indonesia.

5. Stadium Gelora Bung Tomo Surabaya

Berkapasitas 50.000 tempat duduk, Stadion Gelora Bung Tomo ini dibangun di Surabaya. Stadion ini merupakan stadion kandang masa depan dari klub Persebaya Surabaya.

6. Stadium Landak

Masih dalam tahap pembangunan, Stadion ini terletak di Kabupaten Ngabang, Provinsi Kalimantan Barat dan berkapasitas 30.000 penonton. Stadion ini nantinya adalah merupakah stadion terbesar di Provinsi Kalimantan Barat.

7. Stadium Perjiwa

 

Terletak di Kota Tenggarong, Kalimantan Timur, Stadion ini berkapasitas 35.000 kursi dan merupakan stadion madya atau atletic stadium. Stadion Perjiwa, Tenggarong, penggarapannya baru rampung 50 persen. Jika sudah rampung seratus persen, stadion ini dipastikan akan lebih megah dibanding Stadion Utama Palaran ataupun Senayan. Selain lapangan standar Eropa, stadion ini akan dilengkapi atap model knock down. Atap bisa distel membuka dan menutup secara digital.

8. Stadion Taman BMW (Taman Bersih Manusia dan berWibawa)

Dibangun di Jakarta, Stadion ini masih dalam tahap perencanaan (dijadwalkan dibangun awal 2010 dan diperkirakan selesai Tahun 2020). Stadion ini berkapasitas 40.000 kursi.

Stadion ini akan menjadi kandang masa depan klub elit sepakbola Indonesia, yaitu Persija Jakarta. Dapat di bayangkan apabila stadion ini selesai sesuai perencanaan yang telah ada, stadion ini bakal menjadi Allianz Arena nya Indonesia ataupun menyerupai Emirates Stadium yang ada di Inggris.

Itulah stadion-stadion masa depan Indonesia…

salam duaribuan…

About these ads